Kumpulan Kata Bijak Ureung Aceh Beserta Dengan Artinya

Berikut Ini Kumpulan Kata Bijak Ureung Aceh Beserta dengan Artinya Kedalam Bahasa Indonesia

Kata-Kata Bijak Orang Aceh diterjemahkan Kedalam Bahasa Indonesia

Yoh na teuga taibadat, tahareukat yoh goh matee. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia (selagi besar lengan berkuasa beribadatlah, berusahalah mencari rezeki sebelum mati).
Masa dan waktu dimanfaatkan dengan sebaik-baikna, untuk beribadat kepada Allah, disamping dipergunakan pula untuk mencari keperluan hidup.

Umur geutanyo cuma siuro simalam, oleh sebabnyan taubat teu bakna Artinya Kedalam Bahasa Indonesia (umur kita tidak ada sehari semalam, oleh alasannya adalah itu, bertaubatlah).
Umur manusia itu pendek sekali (sehari semalam). Untuk itu disarankan kepada manusia, semoga senantiasa bertaubat kepada Tuhan (Allah).

Adat meukoh reumbong, hukom meukoh pureh. Adat jeub beurangho takong, hukom hanyeut talangeuh. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia (Adat berporong rebung, hukum berpotong lidi. Adat mampu saja dihidari, hukum tidak mampu disangkal).
Hukum Tuhan yakni hukum yang lebih sempurna dibandingkan dengan ciptaan insan. Oleh alasannya adalah itu tak boleh diusik gugat.

Syeeruga nyan diyup gaki ma (nirwana itu dibawah telapak kaki ibu).
Pepatah ini menawarkan bahwa ibu menerima tempat yang teratas dalam persepsi agama, sehingga seakan-akan surga itu ada di bawah telapak kaki ibu. Begitu mulianya seorang ibu, sehingga apabila seseorang itu durhaka terhadap ibunya, maka Tuhan (Allah) tidak menyediakan surga terhadap yang mendurhakai ibunya.

Lailah haillallah, kalimah taibah payong pagee. Sou yang afai kaliah nyan, seulamat keyakinan di dalam hatee. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia (Lailah haillallah, kalimah taubah payung kiamat. Siapa yang hapal kalimah itu, selamat akidah di dalam hatinya).
Seorang hamba Allah yang taat menjalankan ibadah, kepadanya akan diberikan balasan yang setimpal di hari akhir zaman sesuai dengan amal perbuatannya.

  Kalimat Imperatif

Abeh nyawong Tuhan tung, abeh areuta hukom pajoh. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia (Habis nyawa, Tuhan yang ambil. Habis harta, aturan yang makan).
Ke mana saja pergi pada sebuah dikala kita akan diundang menghadap Tuhan.

Adat kolam po teumeureuhom, hukom bak syiah Kuala, Kanun kolam putro Phang, Reusam kolam Lakseumana (bentara) Adat ngon hukom lage Zat ngon sifeut. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia
Adat yang berlaku adalah kekuasaan raja, sedangkan hukum yang dijalankan adalah menurut keputusan tuan puteri, sementara resam busuk yang berlangsung serta keselamatan negeri dipulangkan terhadap laksamana atau bentara. Adat dan aturan mirip zat dan sifat.

Raja ade, Raje geuseumah, Raja laleem, Raja geusanggah (raja adil, raja disembah, raja lalim, raja disangkal). Artinya Kedalam Bahasa Indonesia
Setiap raja yang memerintah dengan adil, bijaksana, pemurah dan jujur perlu disembah atau dibarengi, tetapi jika raja itu lalim dan bertindak absolut dalam memerintah maka ia perlu dibantah.

Alah satatang bana urek same buku, alah sesuai au jo pinago, menyerupai pinang pulang ka tampuak, sirih baliek kaguyanggayo, pucuak dicinto ulam tibo, kuah tatunggang diaten nasi, lak kuak lai kuliner, diateh daluang sajian datang. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia  (sudah sempurna benar urat dengan buku, sudah sesuai aur dengan pinaga, menyerupai pinang pulang ketampuk, sirih berbalik ketampunya, pucuk dicinta ulam datang, kuah ditumpahkan di atas nasi, tambah kuah tambah masakan, diatas dulang masakan tiba).
Makna dari pepatah di atas menyatakan bahwa sebuah pekerjaan yang paling sesuai, sesuai dan paling harmonis bagi seseorang.

Bia sutan kota di kampuang, rajo di nagari, jika ke rantau jualan juo (Biar aristokrat kita di kampung, raja di negeri, kalau ke rantau jualan juga).. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia
Walaupun kita keturunan baik-baik di kampung sendiri atau pun raja di negeri sendiri, namun kalau kita berada di tempat lain atau negeri orang lain, haruslah kita dengan kerendahan hati beradaptasi dengan lingkungan. Sehingga tidak terjadi sebuah pertentangan dengan penduduk setempat, baik pribadi maupun tidak eksklusif.

Umong meuateung, ureng meupeutua. Rumoh meuadat, pukat meukaja (sawah berpematang, orang berpemimpin, rumah beradat, pukat berkaja). Artinya Kedalam Bahasa Indonesia
Setiap penduduk mesti ada pemimpin untuk mengatur hak dan kewajiban anggota masyarakatnya, sehingga tujuan kerajaan tercapai sebagaimana mestinya. Apabila masyarakat tidak memiliki pemimpin yang baik, maka sebuah waktu akan rubuhlah masyarakat itu.

Hukom nanggro keupakaian, hukom Tuhan keu kulahkama (aturan negara untuk busana. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia  (aturan Tuhan untuk Mahkota).
Hukum pada sebuah daerah atau negara mesti dipergunakan dan dipatuhi, sebagai tata cara dalam menjalani hidup. Hukum Tuhan yaitu ialah pemikiran hidup dan wajib dijunjung tinggi lebih dari hukum negara itu sendiri.

Matee aneuk na jeurat, matee etika pat tamita. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia (mati anak ada kuburan, hilang adat dimana kita mesti mencarinya).
Seandainya seseorang itu tidak lagi mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku dalam masyarakat, bermakna seseorang atau anggota penduduk tersebut tindak tanduknya mempunyai kecenderungan kepada pembasmian budpekerti istiadat yang berlaku. Kalau hal itu terjadi bagaimanakah mengembalikan budpekerti istiadat tersebut pada tempatnya semula.

Tajak beutroh takalon beudeuh, beek rugo meuh saket hatee. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia  (pergi sampai ke batas, menyaksikan harus jelas, jangan sampai rugi mas sakit hati).
Apa yang kita dengarkan maupun yang kita kerjakan atau lakukan, haruslah kita periksa atau pikir-pikir dahulu, jangan hingga menyesal dikemudian hari.

Uleueu kolam matee, ranteng beek patah. But beujeut, geutanyo beek leumah. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia (ular mesti mati, ranting jangan patah. Pekerjaan harus jadi, kita jangan nampak).
Menyelesaikan suatu kasus hendaklah dengan bijaksana, sehingga menyenangkan bagi kedua belah pihak.

  Kata Pengantar Makalah, Laporan, Proposal, Skripsi (Karya Ilmiah)

Tahimat yek mantong na, beuteugoh that yoh goh cilaka. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia  (ekonomis semasa masih ada, hati-hati sebelum celaka).
Berhematlah semasa dalam kondisi bahagia (berada), dan berhati-hati pula sebelum terjerumus (kena).

Bulet lagu umut, tirus lagu gelas. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia (lingkaran seperti batang pisang, lurus mirip gelas atau gagang pancing).
Suatu akal mesti lewat mufakat yang bulat, untuk menuju kepada sebuah tujuan.
Lammem beramik layak berulo.
Seseorang yang telah tersesat layak dinasihati atau seseorang yang selalu ketinggalan di belakang, patut ditarik ke muka.

Rudah u mayang roh bak muka dro teuh . Artinya Kedalam Bahasa Indonesia (meludah ke atas ke paras sendiri juga).
Orang yang mengkhianati orang lain, pada suatu ketika akan berlaku hukum karma (pembalasan) atas dirinya sendiri.

Karajo biek bagus dilakeh-lakehkan. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia jangan diselo dek nana buruak.
Pekerjaan yang bagus itu elok disegerakan, semoga jangan diselingi oleh yang jelek.

Geumaseeh papa, seutia matee. Artinya Kedalam Bahasa Indonesia  (pengasih papa (miskin) setiap mati/hilang nyawa).

Kumpulan Kata Bijak Ureung Tuha di Aceh Beserta dengan Artinya

Orang yang pengasih tidak hingga hati melihat orang lain menderita, jadinya selalu ia berada dalam kurungan sendiri. Demikian juga orang yang setia sebab kawan, alasannya adalah sobat seperjuangannya atau alasannya adalah keluarganya, beliau akan menanggung akibat hilangnya nyawa alasannya adalah membela kepentingan dan kehormatan atau pun keselamatan mereka dari kemungkinan-kemungkinan pengkhianatan/penganiayaan orang lain.