4 Ciri Yang Menerangkan Berkembangnya Globalisasi Di Dunia

4 Ciri Yang Menandakan Berkembangnya Fenomena Globalisasi di Dunia

Cohen dan Kennedy menyaksikan ciri yang menandakan kian berkembangnya fenomena globalisasi di dunia. Berikut ini 4 ciri-ciri tersebut.

  1. Perubahan dalam rancangan ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang, mirip telepon genggam, televisi satelit, dan intemet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepat. Selain itu, mobilitas insan di seluruh dunia memungkinkan kita merasakan berbagai kebudayaan yang berlainan. 
  2. Ketergantungan ekonomi. Di bidang ekonomi dan jual beli, timbul rasa saling bergantung. Hal itu terjadi sebagai balasan dari pertumbuhan jual beli intemasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi yang mengurus duduk perkara perdagangan dunia semacam World Trade Organization (WTO). 
  3. Adanya kenaikan interaksi kultural lewat perkembangan media massa (utamanya televisi, film, musik, isu, dan olah raga intemasional). Sehingga kita mampu mengonsumsi dan mengalami pengalaman baru perihal beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang mode, literatur, dan kuliner. 
  4. Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain. Contoh problem global di bidang lingkungan ialah peristiwa nuklir Chernobyl pada tahun 1986 yang menyebabkan kerusakan ekologi dunia. Hingga saat ini, hektaran lahan di Lake District dunia barat, namun juga alasannya adalah tindakan perusakan yang tidak disadari oleh orang-orang di negara-negara meningkat . Perubahan iklim global ini menghipnotis siapa pun yang ada di seluruh penjuru dunia. Permasalahan lainnya, misalnya dalam bidang kesehatan, adalah penyakit A1DS, jual beli obat terlarang secara intemasional, dan bentuk terorisme intemasional mirip yang terjadi pada 11 September 2001. 
  Kurun Setelah Penyeleksian Lazim Pertama Di Indonesia