Pertanyaan Seputar Pasar Valuta Aneh Beserta Dengan Jawabannya

Pertanyaan Seputar Pasar Valuta Asing Beserta dengan Jawabannya

Pasar valuta abnormal meningkat sangat cepat sejalan meningkatnya nilai perdagangan intemasional. Selain itu, deregulasi sektor finansial di banyak negara memberi keleluasaan atas keluar masuknya modal. Akibatnya, arus modal antamegara milik investor global juga semakin besar alasannya para penanam modal tersebut mencari imbal hasil (retunt) yang maksimal pada banyak sekali investasi.

Pasar valuta gila„ seperti juga pasar duit, ialah pasar antarbank. Narnun, jenis transaksinya yang berlawanan, jika pasar duit ialah pasar untuk pinjam-meminjam dana, maka pasar valuta aneh yaitu pasar daerah jual-beli mata duit asing. Bank melaksanakan perdagangan valuta gila dengan bank lain, baik untuk kepentingan bank itu sendiri maupun selaku perantara atas permintaan dan penawaran valuta gila yang datang dari nasabahnya. Transaksi valas antarbank dijalankan oleh bab valuta asing dari Treasury Department sebuah bank devisa. Transaksi ini dikerjakan oleh para forex dealer yang ada di bagian tersebut.

Dalam transaksi valuta gila senantiasa ada dua mata uang yang diperjualbelikan, berbelanja suatu mata duit mempunyai arti menjual mata duit lainnya, demikian pula sebaliknya, sehingga di pasar ini akan terjadi arus perpindahan kepemilikan dua mata duit yang berbeda pada saat yang berbarengan.

Seperti misalnya, suatu perusahaan berbelanja dollar AS dan membayarnya dengan rupiah, maka ini bermakna bahwa perusahaan tersebut memasarkan rupiah yang dimilikinya. Di sinilah diharapkan suatu nilai tukar yang ialah harga dari sebuah mata uang kepada mata uang lainnya. Walaupun ialah prasarana penting untuk mendukung kelancaran perdagangan internasional suatu negara, pasar valuta ajaib rentan dan mudah dipermainkan oleh para spekulator.

Khususnya pada pasar di negara yang menerapkan metode nilai tukar mengambang bebas disertai dengan jual beli valas dan lalu litas devisanya yang juga bebas. Apalagi, bila pemerintahannya mempunyai dapat dipercaya yang rendah dan bank sentralnya tidak berwibawa di mata para pelaku pasar. Misalnya, apa yang terjadi pada tahun 1997 ketika krisis mata duit mulai melanda Indonesia.

Pertanyaan Seputar Pasar Valuta Asing Beserta dengan Jawabannya

Untuk menyingkir dari guncangan nilai tukar yang mampu memporakporandakan perekonomian negara, banyak negara yang selain menghalangi dan mengontrol lalu lintas devisanya. Juga melarang mata uangnya diperdagangkan secara internasional, serta menertibkan jual beli mata uangnya. Melihat pertumbuhan seperti itu, tidak ada salahnya bila negara Asia tetap waspada, mengantisipasi gerak pasar global.