Apa Yang Dimaksud Dengan Hak Kodrat Dalam Pembukaan Uud 1945

Apa Yang dimaksud Dengan Hak Kodrat dalam Pembukaan UUD 1945 ?

Alinea 1 Pembukaan .Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa bahwasanya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh alasannya adalah itu, maka penjajahan di atas dunia mesti dihapuskan alasannya tidak cocok dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Dalam peryataan tersebut terkandung suatu pengakuan tentang nilai hak kodrat, yang tersimpul dalam kalimat bahwa “…kemerdekaan itu yaitu hak segala bangsa…”.

Berikut Ini Artinya / Pengertian Hak Kodrat:

Hak kodrat yaitu hak, yang merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Hak kodrat merupalcan hak yang menempel pada diri manusia, baik insan selaku makhluk individu maupun insan sebagai makhluk sosial. Dalam Alinea 1 Pembukaan UUD 1945 tersebut ditegaskan bahwa kemerdekaan yaitu hak segala bangsa, bukan hanya hak individu sebagaimana deklarasi negara liberal. Bangsa merupakan sebuah penjelmaan sifat kodrat manusia selaku makhluk individu dan malchluk sosial.

Sebagai hak kodrat, hak tersebut bersifat mutlak, asasi, dan juga ialah hak susila. Oleh alasannya itu, sudah menjadi wajib kodrat dan wajib tabiat bagi penjajah yang merampas kemcrdekaan bangsa lain untuk memperlihatkan hak kemerdekaan tersebut.

Apa Yang dimaksud Dengan Hak Kodrat dalam Pembukaan UUD 1945

Pelanggaran terhadap hak kemerdekaan tersebut tidak sesuai dengan hakikat perikemanusiaan dan perikeadilan. Atas dasar pelanggaran tersebut harus dijalankan sebuah pemaksaan, ialah bahwa penjajahan mesti dihapuskan. 

  Naskah Uud Yang Disahkan Oleh Ppki, & Ketua Kecil Perancang Uud Dikala Itu