Pancasila Berdasarkan Muhammad Yamin, Notonegoro, Dan Ir. Soekarno

Pengertian Pancasila Menurut Muhammad Yamin, Notonegoro, dan Ir. Soekarno

Untuk mengembangkan pemahaman Anda tentang arti kata Pancasila, seharusnya kita membaca beberapa pemahaman Pancasila menurut para tokoh pendiri bangsa berikut:

Pengertian Pancasila Menurut Muhammad Yamin

Muhammad Yamin. Pancasila berasal dari kata Panca yang mempunyai arti lima dan Sila yang bermakna sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laris yang penting dan baik. Dengan demikian Pancasila merupakan lima dasar yang berisi aliran atau aturan wacana tingkah laris yang penting dan baik.

Pengertian Pancasila Menurut Notonegoro

Notonegoro. Pancasila yakni dasar falsafah negara Indonesia, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Pancasila ialah dasar falsafah dan idcologi negara yang dibutuhkan menjadi pand angan hidup bangsa Indonesia selaku dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan serta selaku pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

Pengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno

Ir. Soekarno. Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang bebuyutan sekian periode lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat_ Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, namun lebih luas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

Kedudukan dan fungsi Pancasila bilamana dikaji secara ilmiah memliki pemahaman pengertian yang luas, baik dalam kedudukannya sebagai dasar Negara, sebagai persepsi hidup bangsa, sebagai ideologi bangsa dan Negara.

  3 Cara Pengambilan Keputusan Bersama Yang Biasa Dilakukan Dalam Penduduk Di Indonesia