5+ Pola Pasar Monopoli Di Indonesia Beserta Penjelasannya

Contoh pasar monopoli – Pasar monopoli merupakan jenis pasar dimana hanya terdapat 1 pedagang saja yang menentukan harga barang yang dijual. Pasar monopoli termasuk dalam klasifikasi pasar persaingan tidak tepat, yang ialah kebalikan dari pasar persaingan tepat yang memiliki banyak penjual dan pembeli.

Beberapa ciri-ciri pasar monopoli antara lain cuma terdapat penjual saja, adanya hambatan bagi penjual gres untuk masuk dalam pasar serta pedagang yang melakukan monopoli juga bertindak sebagai penentu harga. Pada pasar monopoli, barang yang dijual juga tidak mampu diganti oleh barang substitusi atau alternatif lainnya.

Contoh pasar monopoli telah ada semenjak dulu. Misalnya, VOC bentukan Belanda yang melakukan monopoli perdagangan di daerah jajahannya, termasuk di Indonesia. Di kurun modern juga banyak terjadi pasar monopoli, contohnya perusahaan Google dan Microsoft yang diklaim melakukan monopoli layanan internet dan teknologi.

Umumnya teladan pasar monopoli dapat ditemui pada layanan publik yang strategis yang diatur oleh negara, contohnya seperti listrik, air, materi bakar, dan sebagainya. Di Indonesia, perusahaan yang menyediakan layanan-layanan tersebut ialah BUMN atau Badan Usaha Milik Negara.

(baca juga acuan pasar persaingan sempurna)

Contoh Pasar Monopoli

Berikut ini ialah beberapa contoh pasar monopoli yang terdapat di Indonesia beserta penjelasannya.

Pertamina

contoh pasar monopoli pertamina

Contoh pasar monopoli yang pertama ialah Pertamina, perusahaan milik negara yang menguasai penjualan bahan bakar kendaraan serta produk minyak dan gas bumi yang lain. Saat kita ingin mengisi bensin kendaraan, tentu kita mengisinya di SPBU Pertamina, alasannya adalah memang bahan bakar kendaraan di Indonesia telah dimonopoli oleh PT Pertamina.

  Cara Mengatasi Pengangguran Teknologi

PLN

contoh pasar monopoli pln

Selanjutnya ada Perusahaan Listrik Negara atau PLN, yang menawarkan layanan listrik di seluruh kawasan Indonesia. Saat ini, PLN menjadi satu-satunya perusahaan yang diberi hak dan wewenang untuk menghasilkan, mengelola, dan mendistribusikan layanan energi listrik di seluruh penjuru tanah air.

PDAM

PDAM merupakan abreviasi dari Perusahaan Daerah Air Minum, yang menawarkan layanan dan distribusi air bersih bagi warga di banyak sekali tempat. Masyarakat memerlukan air higienis untuk keperluan sehari-hari, yang kemudian difasilitasi oleh pihak negara lewat datangnya PDAM ini di tiap-tiap wilayahnya.

PT Kereta Api Indonesia

PT KAI atau PT Kereta Api Indonesia menjadi perusahaan yang mengatasi angkutankereta api di Indonesia. Operasional dari PT KAI juga tergolong dalam contoh pasar monopoli, sebab cuma PT KAI saja yang diberikan wewenang dan legalitas untuk menyediakan layanan transportasi darat via kereta api di Indonesia.

Bulog

Selanjutnya ada Bulog selaku salah satu pola pasar monopoli. Bulog merupakan akronim dari Badan Urusan Logistik yang berwenang untuk mengorganisir bidang pangan dan logistik di Indonesia, termasuk dalam pengadaan, pengelolaan persediaan, dan distribusi beras, serta pengendalian harga beras.

Nah itulah acuan contoh-teladan pasar monopoli yang ada di Indonesia beserta ciri-ciri dan penjelasannya lengkap. Umumnya acuan pasar monopoli dapat ditemui pada perusahaan BUMN milik negara yang menunjukkan layanan dalam bidang strategis.