3 Bagian Penting Makalah Dan Cara Menuliskan Daftar Pustaka Sebuah Makalah

Bagian Penting Makalah

Karya ilmiah yang menjadi materi untuk diskusi, lazim disebut dengan makalah. Makalah sering pula disebut kertas kerja, yaitu sebuah karya ilmiah yang membahas sebuah duduk perkara dengan pemecahan yang didasarkan hasil kajian literatur atau kajian lapangan. Makalah ialah karya ilmiah yang secara khusus disediakan dalam diskusi-diskusi ilmiah, mirip simposium, seminar, atau lokakarya.

Makalah terdiri atas pendahuluan, pembahasan, dan simpulan. Untuk klarifikasi ketiga hal tersebut, amati urutan berikut ini.
1. Pendahuluan
Bagian ini menguraikan dilema yang mau dibahas yang meliputi:
a. latar belakang masalah,
b. perumusan persoalan, dan
c. prosedur pemecahan problem.

2. Pembahasan
Bagian ini memuat uraian perihal hasil kajian penulis dalam mengeksplorasi tanggapan terhadap problem yang diajukan, yang dilengkapi oleh data penunjang serta argumentasi-alasan yang berlandaskan persepsi mahir dan teori yang berhubungan .

3. Simpulan
Bagian ini merupakan tamat dan bukan ringkasan dari pembahasan. Simpulan yaitu makna yang diberikan penulis kepada hasil diskusi/uraian yang telah dibuatnya pada bagian pembahasan.
Dalam mengambil akhir tersebut, penulis makalah mesti mengacu kembali ke masalah yang diajukan dalam bagian pendahuluan.

Cara Menuliskan Daftar Pustaka Makalah

Pada bagian simpulan makalah harus dilengkapi dengan datar pustaka, ialah sejumlah sumber yang dipakai di dalam penulisan makalah tersebut. Yang dimaksud dengan sumber bisa berupa buku, jurnal, majalah, surat kabar, ataupun laman dari internet. Sumber-sumber tersebut disusun secara alfabetis dengan memuat:

  1. nama penulis,
  2. tahun/edisi penerbitan,
  3. judul buku, artikel, atau gosip,
  4. kota penerbit,
  5. nama penerbit.
  Kebanyakan petani kita tidak berbakat dalam masalah teknik

Misalnya, pokok asumsi karangan kita itu diperoleh dari buku yang ditulis oleh E. Kosasih yang berjudul Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan, Cermat Berbahasa Indonesia. Kita dapat menuliskannya dalam datar pustaka seperti berikut.

 Karya ilmiah yang menjadi bahan untuk diskusi 3 Bagian Penting Makalah dan Cara Menuliskan Daftar Pustaka suatu Makalah

Dalam datar pustaka tersebut, di samping nama penulis dan judul bukunya, mesti dicantumkan tahun terbit, nama, beserta kota kawasan buku itu diterbitkan.

  1. Kosasih, E., nama penulis.
  2. 2003, tahun buku itu diterbitkan.
  3. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan, Cermat Berbahasa Indonesia, judul buku.
  4. Bandung, nama kota/tempat domisili penerbit.
  5. Yrama Widya, penerbit.