Bacalah Teks Berikut Dengan Saksama! Sikap Sehat Merupakan Pilar Yang Paling Utama. Hal Ini Alasannya Bagian Tersebut Ternyata Sungguh Besar Lengan Berkuasa Pada Kedua Pilar Lainnya.

Bacalah teks berikut dengan saksama!
          Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini alasannya adalah unsur tersebut ternyata sangat kuat pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, pasti akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan sikap sehat, seseorang akan mempergunakan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.
1.   Ide pokok paragraf tersebut yaitu ……..
A.memanfaatkan kemudahan kesehatan yang ada
B.menjaga lingkungannya agar tetap sehat
C.perilaku sehat akan kuat pada pilar-pilar yang lain
D.bertingkah sehat akan mempertahankan kebersihan
E.perilaku sehat merupakan pilar utama
PEMBAHASAN
Ide pokok dikenal selaku ide pokok atau anggapan utama. Letak pandangan baru pokok umumnya terletak pada awal atau selesai kalimat. Apabila pandangan baru pokok tersebut terletak pada permulaan kalimat biasanya disebut dengan paragraf deduktif. Sebaliknya bila terletak di simpulan maka disebut dengan paragraf induktif.
Pada paragraf di atas, kalimat perilaku sehat ialah pilar yang paling utama, ialah inspirasi pokok. Mengapa demikian? Karena kalimat-kalimat selanjutnya ialah kalimat yang menerangkan dan kalimat utama tersebut.
Sebab itu pandangan baru pokok pada paragraf di atas yakni sikap sehat ialah pilar utama. Jawabannya ialah E. 
  Apa Apa Saja Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia?