Terangkan Tujuan Pendudukan Jepang Di Indonesia!

Peristiwa yang menandai pendudukan Jepang di Indonesia yaitu persetujuanpenyerahan di Kalijati, Subang. Jawa Barat pada tanggal 8 Maret 1942. Terangkan tujuan pendudukan Jepang di Indonesia!

Jawab:


Berikut tujuan pendudukan Jepang di Indonesia.

  1. Menjadikan Indonesia selaku sumber pemasok bahan mentah untuk industri dan mesin perang.

  2. Jepang menggalang rakyat Indonesia menjadi bab dari kekuatan untuk membendung gempuran pasukan Sekutu yang identik dengan imperialisme Barat. Untuk itu, Jepang menerapkan kerja paksa dalam membangun kubu pertahanan, jaringan kereta api, dan melatih penduduk Indonesia dengan keterampilan militer.


Pembahasan 

Pada perang dunia kedua terdapat dua blok yaitu blok poros dan blok sekutu.


Blok poros terdiri dari Jepang, Jerman dan Italia. Sedangkan sekutu terdiri dari Amerika serikat, Britania raya, uni Soviet, dan Cina.


Jepang ialah salah satu negara yang terjun ke kancah peperangan dunia kedua. Perang tersebut terjadi antara tahun 1939-1945.


Perang dunia ke-2 mengkonsumsi korban yang sungguh banyak. Diperkirakan 50 hingga 70 juta insan meninggal balasan peperangan ini.


Peperangan membutuhkan sumber daya yang sangat besar. Oleh karena itu Jepang datang ke Indonesia untuk menghadirkan sumber daya, baik sumber daya alam maupun manusia.


Jepang melaksanakan kerja paksa atau rodi yang disebut dengan romusha. Jepang juga melatih perjaka-pemuda Indonesia selaku pasukan cadangan bila dibutuhkan.


Perang dunia ke-2 ini pecah pada tahun 1939. Blok poros menyerbu beberapa titik. Namun demikian, serbuan tersebut mengalami rintangan. 


Akhirnya pada tahun 1943 sekutu menguasai medan peperangan. Sekutu pun kian menguasai semua medan peperangan pada tahun 1944.


Akhirnya blok poros runtuh dan dibubarkan dan sekutu menang pada tahun 1945.

  Pengertian Sekolah Kautamaan Istri Adalah


Terimakasih sudah berkunjung ke . Semoga menolong.