Kemukakan Hal-Hal Yang Menandai Fenomena Globalisasi Yang Sedang Dihadapi Oleh Umat Insan Semenjak Abad Ke-20! Jawab:

Kemukakan hal-hal yang menandai fenomena globalisasi yang sedang dihadapi oleh umat insan semenjak abad ke-20!

Jawab:

Berikut beberapa hal yang menandai fenomena globalisasi yang sedang dihadapi oleh umat manusia sejak periode ke-20.

  1. Arus etnis

  2. Arus teknologi

  3. Arus keuangan

  4. arus media

  5. arus ide


Pembahasan

Banyak hal yang menandai fenomena globalisasi. Berikut ini klarifikasi perihal hal-hal yang menandai fenomena globalisasi.


Arus etnis

Yaitu ditandai dengan banyaknya mobilitas penduduk dunia dari satu kawasan ke daerah lainnya. Mobilitas ini dalam bentuk imigran, pengungsi, tenaga kerja, maupun wisatawan. Arus tersebut bahkan melalui batas batas teritorial negara.


Arus teknologi

Perkembangan teknologi sebuah negara mampu dengan segera menyebar ke negara lain. Sehingga nyaris seluruh negara yang ada di dunia ini memiliki teknologi yang serupa. Contohnya teknologi gosip yang menggunakan HP dan internet.


Arus keuangan

Ditandai dengan makin tingginya transaksi keuangan lintas negara. Transaksi keuangan ini dapat dengan mudah dilakukan lewat media internet, bank abnormal, modal, dan perdagangan secara online. 


Arus media

Arus media ditandai dengan kian banyaknya media informasi baik elektro maupun cetak. Penyebaran media bahkan mampu mengglobal melewati batasan negara. Penggunaan media internet memungkinkan aneka macam media dapat diakses dari seluruh penjuru dunia.


Arus Ide

Arus wangsit ditandai dengan kian banyaknya nilai-nilai gres yang masuk ke sebuah negara. Misalnya kebudayaan barat yang banyak diadopsi oleh masyarakat Indonesia, seperti cara berpakaian, falsafah hidup, gaya hidup, dan lain sebagainya.


Terimakasih sudah berkunjung ke . Semoga menolong.