Sebuah Peta Yang Memiliki Skala Yang Sungguh Besar, Yakni: 1 : 100 Sampai Dengan 1 : 5.000 Dan Dipakai Untuk Penyusunan Rencana Jaringan Jalan Dan Jaringan Air Yakni

Suatu peta yang memiliki skala yang sangat besar, yakni: 1 : 100 hingga dengan 1 : 5.000 dan dipakai untuk perencanaan jaringan jalan dan jaringan air yaitu ….

     A.   peta kecil-kecilan 

     B.    peta skala besar 

     C.    peta skala sedang 

     D.   peta kadaster

     E.    peta tematik


Pembahasan:


Suatu peta yang memiliki skala yang sangat besar, ialah: 1 : 100 hingga dengan 1 : 5.000 dan digunakan untuk penyusunan rencana jaringan jalan dan jaringan air yakni peta kadaster.


Jawaban: D

Berdasarkan skalanya, peta dibagi menjadi peta kadaster, peta skala besar, peta skala sedang, peta skala kecil, dan peta sekalian geografis. 


Peta kadaster

Peta ini memiliki skala antara 1:100 hingga 1: 5000.


Peta kadaster dipakai untuk menggambarkan luas tanah maupun akta tanah.


 Oleh sebab itu, peta kadaster digunakan untuk kepentingan kepentingan yang bekerjasama dengan tanah, misalnya hak atas, tanggung jawab, dan lain sebagainya. 


Peta skala besar

Peta ini memiliki skala 1 : 5000 hingga 1 : 250.000. pada skala besar ini, digambarkan peta perihal kelurahan, Desa, kecamatan maupun kota.


Contoh peta skala besar adalah peta wacana provinsi kawasan Aceh, peta kotamadya Pangkalpinang, peta wacana desa dan lain sebagainya.


Peta skala sedang

Peta skala sedang memiliki skala antara 1:250.001 hingga dengan 1:500.000. Cakupan daerah yang digambar dalam peta ini termasuk provinsi, pulau, dan sebagainya.


Biasanya peta skala sedang digunakan untuk menciptakan peta provinsi. Misalnya peta wacana provinsi Jawa barat.


Peta Skala Kecil

Peta jenis ini memiliki skala antara 1:500.001 hingga dengan 1:1.000.000. Daerah yang digambar pun cukup luas, contohnya satu negara.


  Zaman Megalitikum

Terimakasih sudah berkunjung ke . Semoga membantu.