√ Posisi Daerah Asia Tenggara Di Dunia Berdasarkan Berbagai Faktor

Posisi Kawasan Asia Tenggara di Dunia Berdasarkan Berbagai Aspek – Asia Tenggara yaitu suatu nama kawasan di bagian daerah benua Asia bagian Tenggara. Kawasan ini meliputi kawasan Indochina serta semenanjung Malaya. Kawasan Asia Tenggara terdiri atas beberapa negara di dalamnya mencakup meliputi negara Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Brunei, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Timor Leste, dan Singapura. Negara-negara di kawasan ini juga membentuk sebuah organisasi internasional yaitu Asean (Association of South East Asia Nations). Berikut ini merupakan klarifikasi perihal posisi wilayah Asia Tenggara di dunia berdasarkan beberapa aspek meliputi faktor politik, ekonomi, dan juga sosial budaya!

1. Ditinjau dari Aspek Politis

Jika didasarkan pada kedudukannya, Asia Tenggara terletak di antara tiga benua besar diantaranya adalah Amerika, Asia, dan Australia. Posisi tersebut membuat Asia Tenggara menjadi tempat serta susukan terbuka bagi masuknya efek banyak sekali macam politik kepentingan dari ketiga negara-negara yang besar yang mendominasi di ketiga benua tersebut. Sejarah menunjukan bahwa hingga pertengahan kurun XX, kesemua negara di daerah Asia Tenggara kecuali Thailand, ialah tempat yang senantiasa bergolak dan ialah bekas jajahan Belanda, Spanyol, Portugis dan negara-negara yang lain.

Belanda dengan VOC nya di kala XVI, memproklamirkan kawasan jajahannya atas wilayah Netherlands Indie. Sejak tahun 1945, Netherlands Indie atau Hindia Belanda lewat banyak sekali perang kemerdekaan berganti menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di Myanmar dan Malaya pada era XIX, Inggris menduduki kekuasaan pemerintahan di kedua negara tersebut. Di lain tempat Prancis menduduki pemerintahan Indo-Cina. Selanjutnya pada Perang Asia Timur Raya, daerah Asia tenggara terkecuali negara Thailand, diduduki oleh serdadu negara Jepang. Semenjak usainya Perang Dunia II, banyak negara di Asia Tenggara memproklamirkan kemerdekaannya masing-masing. Satu per satu negara di Asia tenggara memeroleh kemerdekaan dengan jalannya masing-masing. Kebanyakan dari negara-negara Asia Tenggara menerima kemerdekaannya lewat jalan diplomasi dan peperangan.

  Fungsi Hutan Secara Biologis, Klimatologis, Ekonomis


style=”display:inline-block;width:336px;height:280px”
data-ad-client=”ca-pub-9290406911233137″
data-ad-slot=”2698768695″>

2. Ditinjau dari Aspek Ekonomi

Asia Tenggara mempunyai letak yang begitu strategis bagi susukan lalu lintas perdagangan antar Benua, ialah benua Australia, Asia, dan Amerika. Hal tersebut mempunyai efek pada meningkatnya keuntungan irit pada daerah ini. Ditambah lagi negara-negara di tempat Asia Tenggara tengah menghadapi banyak masalah ekonomi yang kompleks. Keuntungan strategis ini mampu menjadi sebuah penyelesaian alternatif dalam upaya masing-masing negara dalam rangka mengembangkan taraf perekonomiannya. Di tempat Asia Tenggara, cuma sedikit dari sekian banyak negara yang telah bisa menangani permasalahan perekonomian negaranya, selebihnya masih membutuhkan sumbangan dari PBB dan tubuh pertolongan dunia. Negara-negara Asia Tenggara telah berusaha menghadapi dilema ini dengan membentuk suatu organisasi internasional lingkup asia Tenggara yaitu ASEAN (Association of South East Asia Nations).

3. Ditinjau dari Aspek Sosial Budaya

Kawasan Asia tenggara menurut letaknya, pernah menjadi wadah percampuran dari efek-dampak kebudayaan pokok dalam fakta sejarah. Termasuk juga imbas dari para penyebar agama yang mengemban misi untuk mengembangkan paham-paham agama masing-masing. Tentu saja yang menjadi objek sasarannya secara biasa yakni warga masyarakat. Selama berabad-kala kebudayaan bangsa India dan Cina telah memberi efek kebudayaan pada kawasan ini. Sedikit banyak kebudayaan akhlak serta kebiasaan bangsa-bangsa Asia Tenggara dipengaruhi oleh kebudayaan serta akhlak istiadat Arab, Timur Tengah, dan juga Eropa. Pengaruh kebudayaan Jepang juga turut memengaruhi kawasan daerah ini dikarenakan sebagian besar daerah kawasan Asia Tenggara pernah diduduki oleh pemerintahan militer negara Jepang dalam jangka waktu beberapa tahun. Keseluruhan dari imbas-pengaruh kebudayaan aneh ini menyebabkan adanya suatu integrasi kebudayaan antar aneka macam watak dan kebiasaan. Walau demikian adanya, yang tampakmendominasi dalam kehidupan warga penduduk Asia tenggara ketika ini yaitu kebudayaan serta sopan santun istiadat orisinil dari tempat mereka masing-masing.

  √ Pembahasan Adverb Of Degree, Manner, Frequency

Sumber :

Dewi, Nurmala, 2009, Geografi Untuk SMA dan MA kelas XII, Jakarta, CV Epsilon Grup.

https://id.m.wikipedia.org./wiki/Asia_Tenggara


Sumber https://www.kakakpintar.id