Sistem Isu Akuntansi : Terminologi Dasar-Dasar Akuntansi

Sistem isu akuntansi (accounting information system) adalah sistem pengumpulan data serta memroses data transaksi juga melakuakan penyebaran informasi keuangan perusahaan kepada pihak-pihak dinilai perusahaan memiliki kepentingan atas hal isu keuangan tersebut. 

Faktor-faktor yang turut memengaruhi adanya perbedaan tata cara akuntansi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya antara lain mirip sifat bisnis transaksi-transaksi yang terkait dengan perusahaan, ukuran dari perusahaan, jumlah data yang harus ditangani oleh perusahaan, dan juga kebutuhan info dari administrasi perusahaan juga pihak lain yang terkait dengan perusahaan.

Terminologi Dasar

Terminologi dasar akuntansi terdiri dari beberapa hal berikut.

 Kejadian (Event)

Kejadian yaitu sesuatu yang mampu mengganti satu, dua, atau bahkan tiga segi, yakni asset, liabilities, dan equity.

 Transaksi (Transaction)

Transaksi ini ialah suatu pertukaran antara satu perusahaan atau lebih.

 Akun (Account)

Akun ialah suatu catatan yang sistematis yang lalu dapat memperlihatkan dampak transaksi yang terjadi serta insiden lainnya pada komponen-komponen tertentu, seperti aktiva, kewajiban, ataupun ekuitas pemilik. 

 Akun Riil dan Akun Nominal

Akun riil yaitu akun-akun yang tidak ditutup dan saldo yang ada akan berlanjut ke peridode selanjutnya, akun-akun ini akan tertera di neraca. Berbeda dengan akun nominal (temporer), adalah ialah akun-akun pendapatan, beban, serta deviden, akun-akun ini akan tertera di dalam laporan keuntungan-rugi dan akun-akun ini juga ditutup secara periodic.

 Buku Besar (Ledger)

Buku besar lazim isinya berbentukseluruh akun aktiva, kewajiban, ekuitas pemilik, pemasukan, dan beban. Buku besar pembantu ialah berisi catatan yang merupakan penjelasan yang tidak tercantum pada buku besar biasa .

  Makalah :Bab Ii Pembahasan Akuntansi Keuangan Negara

 Jurnal

Jurnal adalah pencatatan paling awal yang ialah catatan atas transaksi maupun kejadian yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Jumlah yang tercatat pada jurnal berikutnya akan diposting ke buku besar. 

 Pemindahbukuan (Posting)

Posting yakni sebuah proses memindahkan angka-angka yang tercatat dalam jurnal dan memisahkannye menurut akunnya masing-masing. 

 Neraca Saldo (Trial Balance)

Neraca saldo merupakan ringkasan dari buku besar. Neraca saldo ini ada sehabis adanya penyesuaian dimasukkan ke buku besar yang disebut neraca saldo yang diubahsuaikan. Neraca saldo ada sehabis semua jurnal penutup dimasukkan ke buku besar disebut neraca saldo pasca-penutupan.

 Ayat Jurnal Penyesuaian (Adjusting Entries)

Ayat jurnal ini digunakan untuk menyesuaikan akun-akun supaya jumlah yang ada sesuai dengan yang sebetulnya. 

Baca Juga

 Laporan Keuangan

Laporan ini ialah suatu catatan yang merefleksikan pengumpulan, tabulasi, dan ikhtisar selesai dari data keuangan perusahaan. Terdapat empat laporan keuangan yang biasa yang dibentuk oleh perusahaan, antara lain: 

(a)neraca, yang menampilkan keadaan keuangan perusahaan di final abad akuntansi, 

b) laporan keuntungan-rugi, yang menghitung besarnya hasil operasi dari perusahaan selama satu abad akuntansi, 

(c) laporan arus kas, yang melaporkan arus kas perusahaan selama satu kurun, dan (d) laporan laba ditahan, yang merekonsiliasi saldo akun laba di tahan dari permulaan masa hingga dengan simpulan kala akutansi perusahaan.

 Ayat Jurnal Penutup

Ayat jurnal ini digunakan untuk menutup semua akun terporer perusahaan.