Untuk Mengakibatkan Anak Insan Bermoral Atau Bermanusiawi

Daftar Isi

 Pendidikan Moral.

Olh: Hamid Darmadi

Pendidikan tabiat adalah pendidikan untuk mengakibatkan anak manusia bermoral atau bermanusiawi. Artinya pendidikan etika yakni pendidikan yang bukan mengajarkan wacana akademik, tetapi non akademik khususnya wacana sikap dan bagaimana sikap sehari-hari yang bagus.

Pendidikan budpekerti adalah pendidikan untuk mengakibatkan anak insan bermoral atau bermanusiawi. Artinya pendidikan tabiat yakni pendidikan yang bukan mengajarkan saja tentang akademik, namun non akademik terutama perihal sikap dan bagaimana perilaku sehari-hari yang bagus. Saat ini, di Indonesia sudah minim sekali atau hampir tidak ada guru yang mengajarkan hal tersebut. Hal ini menjadikan kehancuran adab siswa atau siswi ketika ini, dampak yang terperinci sekali terlihat yaitu bayaknya tawuran yang terjadi kini. Hal ini menunjukan bahwa tidak terkontrolnya emosi yang ada pada diri siswa, siswa telah mulai mengikuti hawa nafsunya tanpa mampu mengendalikannya. Hal ini ialah salah satu tugas guru untuk mendidik siswa siswinya untuk menjadi manusia yang bermartabat yang bisa mengendalikan hawa nafsu siswa siswinya.

Saat ini pendidikan budbahasa sudah dikalahkan oleh pendidikan lainnya seperti matematika, IPA, IPS dan lainnya. Waktu di sekolah habis untuk mengejar nilai akademik. Murid-murid dipaksa mencar ilmu mati-matian agar nilainya pada ketika cobaan nanti membaik dan mampu mengharumkan nama dimana ia bersekolah. Guru, pelajar, dan pemerintah seperti lupa ada pelajaran yang lebih penting dari itu semua yaitu pendidikan budpekerti. Pendidikan yang hendak dibawa hingga maut, pendidikan yang aka memilih bagaimana beliau dipandang penduduk lain kelak, pendidikan yang menciptakan ia menjadi insan yang berkhasiat, pendidikan yang akan menenteng akan di surga atau neraka kah siswa siswinya kelak.

Seperti kita Ketahui bahwa kehancuran sebuah negara dapat terjadi alasannya adalah hancurnya tabiat beberapa warganya saja. Dari kalimat tersebut dapat dimengerti bahwa kehacuran sebuah bangsa bukan terjadi alasannya nilai akademik memburuk tetapi alasannya adalah moral yang hancur. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan akhlak jauh lebih penting dari pada pendidikan akademik. Pendidikan akhlak yang hendak menentukan kemana negara ini kelak akan berkembang.

Dampaknya masa depan yang hendak terjadi bila di sekolah tidak diberikan pendidikan susila adalah hancurnya susila siswa atau siswi , kejahatan dimana-mana, dan tentu saja korupsi semakin merajalela. Saat ini di Indonesa banyak sekali kejahatan yang dilaksanakan baik dari rakyat kecil maupun pemerintah atau orang penting. Hal ini mungkin saja salah satu faktornya adalah kurangnya atau minimnya perilaku baik yang idpunyai rakyat Indonesia. Mereka tidak memikirkan orang lain, mereka cuma menimbang-nimbang bagaimana cara agar mereka senang. Mereka cuma menimbang-nimbang bagaiman hawa nafsu mereka tersampaikan.

Pendidikan moral merupakan pendidikan yang memiliki tugas penting dalam kehidupan penduduk , semestinya pemerintah menyadari itu dan segera menindak lanjuti. Tambahkan jam mata pelajaran agama dan BK supaya siswa atau siswi lebih mengerti cara mereka bersikap dengan orang lain dan menciptakan hatinya lebih peka kepada masyarakat sekitar. Jangan hingga siswa atau siswi menjadi insan yang egois yang selalu ingin menang sendiri dan mengikuti hawa nafsunya saja tanpa ada pengendalian dari hatinya.
Guru, pemerintah, dan lainnya mesti mulai bersama-sama memperbaiki budbahasa sampaumur ketika ini. Tentu saja hal itu tidak gampang, tetapi bila berupaya pasti akan mendapatkan hasil yang baik kelak. 
Secara etimologi perumpamaan susila berasal dari bahasa Latin mos, moris (etika, istiadat, kebiasaan, cara, tingkah laris, kelakuan) mores (adat istiadat, kelakuan, adab, budbahasa, budpekerti). Beberapa andal menyebjtkan pengertian mloral sebagai berikut:.

1.     Dagobert D. Runes. Moral ialah hal yang mendorong manusia untuk melaksanakan tindakan-tindakan yang baik sebagai “keharusan” atau “norma”.
Helden (1977) dan Richards (1971). Moral adalah sebuah kepekaan dalam fikiran, perasaan, dan langkah-langkah ketimbang langkah-langkah-tindakan lain yang tidak hanya berbentukkepekaan terhadap prinsip-prinsip dan hukum-hukum.

2.     Atkinson (1969). Moral merupakan persepsi ihwal baik dan jelek, benar dan salah, apa yang mampu dan tidak dapat dilaksanakan.

3.     Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Moral diartikan sebagai kondisi baik dan buruk yang diterima secara biasa tentang perbuatan, perilaku, kewajiban, kecerdikan pekerti dan tabiat. Moral juga mempunyai arti kondisi mental yang terungkap dalam bentuk perbuatan. Selain itu budpekerti bermakna selaku ajaran Kesusilaan. Kata morla sendiri berasal dari bahasa Latin “mores” yang memiliki arti metode dalam kehidupan, budbahasa istiadat dan kebiasaan.

4.     Dalam terminology ; Moral mampu disamakan dengan pemahaman “budpekerti” dan dalam bahasa Indonesia tabiat dan etika maksudnya sama dengan kecerdikan pekerti atau kesusilaan. Kata budpekerti berasal dari kata khalaqa (bahasa Arab) yang bermakna perangai, tabi’at dan adat istiadat. Al-Ghazali mendefinisikan budbahasa sebagai suatu perangai (budbahasa/tabi’at) yang menetap dalam jiwa seseorang dan ialah sumber timbulnya tindakan-tindakan tertentu dari dirinya secara gampang dan ringan tanpa dipikirkan atau dijadwalkan sebelumnya Pengertian budpekerti seperti ini nyaris sama dengan yang dibilang oleh Ibn.

5.     Maskawih. Akhlak menurutnya yaitu sebuah kondisi jiwa yang menjadikan timbulnya perbuatan tanpa lewat pertimbangan dan dipikirkan secara mendalam. Apabila dari perangai tersebut timbul perbuatan baik, maka tindakan demikian disebut budpekerti baik. Demikian sebaliknya, jika perbuatan yang ditimbulkannya tindakan buruk, maka disebut etika jelek. Pendapat lain yang menguatkan persamaan arti susila dan akhlak adalah usulan Muslim Nurdin yang mengatakan bahwa adab ialah seperangkat nilai yang dijadikan persyaratan untuk memilih baik buruknya suatu tindakan atau suatu tata cara nilai yang mengontrol contoh perilaku dan langkah-langkah manusia. Dengan demikian pengertian akhlak dapat dimengerti dengan mengklasifikasikannya sebagai berikut:

1.       Klasisifikasi Moral

a.     Moral selaku fatwa kesusilaan, bermakna segala sesuatu yang bekerjasama dengan tuntutan untuk melakukan tindakan-tindakan baik dan meningalkan perbuatan jelekyang berlawanan dengan ketentuan yang berlaku dalam sebuah penduduk .

b.     Moral selaku hukum, memiliki arti ketentuan yang dipakai oleh masyarakat untuk menilai tindakan seseorang apakah tergolong baik atau sebaliknya jelek.

2.  Pengertian Pendidikan

a.     Ki Hajar Dewantara. Pendidikan yakni menuntut segala kekuatan kodrat yang ada pada bawah umur supaya mereka sebagai manusia dan selaku anggota penduduk   mampu mencapai keamanan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya

b.     Undang-undang RI. Nomor 20 tahun 2003 (pasal 1 ayat 1) Pendidikan adalah usaha sadar dan terpola untuk mewujudkan situasi berguru dan proses pembelajaran agar penerima asuh secara aktif membuatkan kesempatandirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, adab mulia, serta keahlian yang dibutuhkan dirinya, penduduk , bangsa dan negara.

3.    Pengertian Moral Pendidikan.

a.     Moral Pendidikan  yakni suatu komitmen wacana apa yang semestinya dikerjakan oleh manusia dengan tujuan untuk mengarahkan generasi muda atas nilai-nilai (values) dan kebajikan (virtues) yang mau membentuknya menjadi manusia yang baik (good people) (Nord and Haynes, 2002).

b.     Moral pendidikan merupakan salah satu pendekatan yang dianggap sebagai gerakan utama dalam pendidikan nilai secara komprehensif, moral pendidikan mencakup pengetahuan, perilaku, keparcayaan, kemampuan menanggulangi konflik, dan perilaku yang jujur, dan penyayang (lalu dinyatakan dengan istilah “bermoral”).

c.      Tujuan utama budpekerti pendidikan yakni menciptakan individu yang otonom, memahami nilai-nilai tabiat, dan memiliki komitmen untuk bertindak konsisten dengan nilai-nilai tersebut. Moral pendidikan mengandung beberapa bagian adalah wawasan wacana moralitas, penelaran susila, perasaan kasih sayang dan mementingkan kepentingan orang lain.