Profil Negara Perancis

Siapa yang tidak kenal Perancis, salah satu pusat mode dunia dan kota-kota romantis ada di sini. 

Perancis yaitu negara dengan luas daerah paling besar kedua di Eropa sesudah Rusia dan peringkat kelima dalam hal jumlah populasi penduduk. Berikut data singkat Perancis


Ibukota : Paris

Populasi : 5,5 juta jiwa

Luas kawasan : 212, 935 km persegi

Kota utama : Paris, Marseille, Lille, Bordeaux


Perancis adalah negara dengan luas wilayah terbesar kedua di Eropa setelah Rusia dan perin Profil Negara Perancis
Peta Geografi Perancis, pic: https://www.britannica.com/
Batas Geografis

Utara  : Belgia, Luxemburg, Jerman

Timur : Swiss, Italia, Laut Mediterania

Selatan : Spanyol, Andorra,

Barat : Samudera Atlantik, Selat Dover


Secara sejarah dan budaya, Perancis memainkan peranan penting di Eropa Barat dan juga mempunyai peranan di dunia internasional dengan jumlah koloni yang cukup banyak di aneka macam benua. 

Dengan keadaan geografis yang strategis dan baik, Perancis menjadi produsen pertanian terkemuka di Eropa dan dunia serta menjadi salah satu kekuatan industri dunia.


Landmark Geografi


Dua pertiga dari wilayah Perancis yaitu pegunungan dan perbukitan, dengan Alpen, Pyrenees dan Vosges membentang. Mont Blanc di Pegunungan Alpen yaitu gunung tertinggi di Eropa.


Pantai Mediterania tergolong kawasan wisata populer, di Riviera Perancis yang panas, trend panas yang kering dan trend hambar ringan menjadikannya menjadi pantai yang populer.

Perancis adalah negara dengan luas wilayah terbesar kedua di Eropa setelah Rusia dan perin Profil Negara Perancis
Kebun anggur elok di pedesaan Perancis, pic: timesofmalta
Menara Eiffel ialah salah satu landmark nasional Perancis. Dengan tinggi 1050 kaki, Eiffel menjadi salah satu struktur yang paling diketahui di dunia. Katedral Notre Dame dibangun pada 1163. Ini yakni gereja terbesar di Perancis. 


Katedral tersebut diakuui dunia dalam buku terkenal “The Hunchback of Notre Dame” oleh Victor Hugo. Buku itu juga dibentuk menjadi film yang berhasil.


Titik-Titik Penting


Paris yakni salah satu kota yang paling indah di dunia, dan tempat rekreasi populer. Paris diresmikan oleh, dan dinamai oleh suku Celtic, Parisii. Paris ialah pusat budaya datu mode utama di Eropa dan dunia.


Louvre yaitu salah satu yang paling dikenal, dengan galeri seni terbaik di dunia. Tempat ini berisi banyak seni paling populer di dunia, tergolong Mona Lisa.

Arc de TriompheThe Arc de Triomphe adalah salah satu ikon Paris lainnya. Gerbang ini yaitu titik masuk ke Champs Elysees.


Kegiatan Industri


Secara historis, pertanian yaitu salah satu industri utama Perancis. Prancis masih menjadi produsen utama anggur kelas dunia.


Industri kini makin pesat di negara ini. Prancis memproduksi kendaraan beroda empat, produk kedirgantaraan, dan barang-barang manufaktur lainnya. Negara Zinedine Zidane ini juga ialah produsen utama produk kimia. Fashion, tekstil dan pariwisata juga memainkan peran penting dalam ekonomi Perancis.


Perancis adalah negara dengan luas wilayah terbesar kedua di Eropa setelah Rusia dan perin Profil Negara Perancis
Menara Eiffel di Malam Hari, pic:http://hbu.h-cdn.co/a
Sejarah Negara


Awal mula penduduk Perancis ialah kaum Celtic pada masa1000 SM. Kemudian orang-orang Romawi mengambil alih tempat di 58 SM. Pada 486 M, suku Jermanik disebut “Frank”  menyerbu daerahini. 

Prancis menerima namanya dari Frank. Pada era ke-17 dan ke-18 Prancis diperintah oleh monarki kerajaan (Louis). penjelajah Perancis mendapatkan banyak bab dunia, dan mendirikan koloni Perancis di seluruh dunia.


Pada permulaan era ke-19, Napoleon Bonaparte menaklukkan sebagian besar Eropa dan pertanda dirinya selaku Kaisar. 

Dia kesannya dikalahkan pada Pertempuran Waterloo pada tahun 1815. Pada tahun 1789, Revolusi Perancis sukses menggulingkan monarki. Hal ini menyebabkan pembentukan Majelis Nasional, dan memilih pemerintahan.


Penduduk dan Budaya


Penduduk Perancis memiliki asal-permintaan yang sungguh beragam. Banyak orang sudah menetap di Perancis termasuk bangsa Celtic, Romawi, Jerman, Rusia, Asia, Afrika dan Amerika Utara. Populasi cenderung bervariasi berdasarkan wilayah.


Secara historis, Prancis didominasi masyarakat pedesaan. Hari ini sekitar 75% dari orang tinggal diperkotaan.


Seni dan budaya merupakan bab penting dari Perancis. Banyak seniman populer, mirip Renoir dan Monet, berasal dari Perancis. Beberapa penulis populer, tergolong Victor Hugo yang menulis Le Miserables dan Bongkok dari Notre Dame, berasal dari Perancis. 

Olahraga juga terkenal, dengan Sepakbola menjadi olahraga utama. Pesepakbola handal banyak timbul dari negara ini mirip Zidane, Platini, Cantona sampai Pogba. Perancis juga populer dengan “Tour de France,”  balap sepeda sepanjang 2500 mil.


Iklim dan Cuaca


Prancis terletak di pertengahan jalan antara khatulistiwa dan Kutub Utara. Hal ini mengakibatkan negeri ini memiliki iklim sedang. Sebagian besar kawasan ada yang sangat panas atau masbodoh. 

Sepanjang pantai Mediterania, cuaca hangat ketika Gulf Stream menawarkan udara hangat untuk demam isu cuek ringan dan ekspresi dominan panas yang kering. daerah pegunungan cenderung lebih cuek, dengan hujan yang cukup dan salju.