8 Kaidah-Kaidah Ekosistem Lingkungan

Ekosistem di bumi sangatlah banyak dari mulai puncak pegunungan hingga dasar lautan paling dalam. Tuhan membuat bumi beserta sistem di dalamnya biar alam ini tetap lestari. Dalam suatu ekosistem terdapat suatu kaidah-kaidah yang menjadi prinsip dasar terjalinnya kehidupan yang kompleks disana. Berikut ini kaidah-kaidah sebuah ekosistem:

1. Suatu ekosistem diatur dan dikendalikan alamiah.
2. Suatu ekosistem punya daya kesanggupan yang maksimal dalam keadaan sebanding. Di atas kesanggupan itu ekosistem tidak lagi terkendali dengan akhir menjadikan perubahan-pergeseran lingkungan atau krisis lingkungan yang tidak lagi berada dalam kondisi lestari bagi kehidupan organisme.
3. Terdapat interaksi antara seluruh komponen lingkungan yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain.
4. Interaksi ekosistem terjadi antara bagian biotik dengna baiotik, sesama bagian biotik dan sesama unsur abiotik.
5. Interaksi ekosistem selalu terkendali menurut sebuah dinamika yang stabil untuk mencapai kondisi optimum mengikuti setiap perubahan yang dapat ditimbulkan terhadapnya dalam ukuran batas kesanggupan ekosistem.
6. Setiap ekosistem punya sifat-sifat yang khas disamping yang biasa dan secara gotong royong dengan ekosistem lainnya memiliki peranan terhadap ekosistem bumi (biosfer).
7. Setiap ekosistem tergantung dan mampu dipengaruhi oleh faktor kawasan, waktu dan masing-masing membentuk basis-basis perbedaan diantara ekosistem itu sendiri sebagai pencerminan sifat-sifat yang khas.
8. Antara satu sama lain, masing-masing ekosistem juga melibatkan diri untuk memilih interaksinya pula secara tertentu.

Ekosistem pegunungan Alpin

Suatu ekosistem sangatlah rumit dan menjadi sebuah keajaiban penciptaan Tuhan. Hubungan antara organisme ada yang langsung dan tidak pribadi. Dalam beberapa hal relevansinya sungguh jauh. Arusenergi menempuh aneka macam macam jalan. Untuk mempelajari ekosistem diharapkan pengamatan yang lama dan sukar.

  Struktur Anatomi Akar Tanaman

Mungkin tidak ada satu ekosistem pun yang dapat dipahami seluruhnya alasannya seringkali timbul hal-hal aneh nan terduga terjadi pada suatu ekosistem. Diperlukan penelitian yang panjang untuk menyaksikan korelasi interaksi antar unsur dalam suatu ekosistem.

Dalam pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, setiap pembangunan harus dapatmenjaga berfungsinya komponen-bagian lingkungan. Oleh karena itu suatu ekosistem mesti dipertahankan kelestariannya karena mempunyai imbas yang memilih tingkat kehidupan insan maupuan organisme yang lain di bumi ini