Definisi Penginderaan Jauh Sistem Pasif

Penginderaan jauh ialah teknik untuk menerima gambaran objek di permukaan bumi tanpa kontak eksklusif.

Ada dua sistem inderaja adalah inderaja pasif dan inderaja aktif  Penginderaan jauh tata cara pasif ialah penginderaan jauh yang menangkap energi yang berasal dari obyek. Sensor satelit metode ini tidak membangkitkan energi sendiri.

Energi utama dalam tata cara penginderaan jauh pasif ini berasal dari matahari. Energi dari matahari dipancarkan ke obyek dan lalu terpantulkan menuju sensor.

Energi mampu pula berasal dari pancaran suatu obyek mirip sumber-sumber thermal, misal lokasi kebakaran hutan, sumber panas bumi, dan lain-lain. Ilustrasi dari tata cara penginderaan jauh pasif ini dapat dilihat pada gambar berikut (sebelah kiri).

Inderaja tata cara pasif dan aktif

Sumber energi pada metode ini yaitu matahari. Energi gelombang elektromagnetik dari matahari tiba menuju obyek yang lalu akan dipantulkan menuju sensor. Sensor menerima pantulan gelombang elektromagnetik dari obyek di muka bumi.

Sensor yang digunakan dalam penginderaan jauh metode ini beragam dari sebuah perlengkapan lapangan hingga yang terpasang pada satelit.

Peralatan lapangan seperti spektrofotometer dapat dipasang secara permanen diatas obyek ataupun pada wahana yang bergerak.

Wahana yang bergerak dapat berupa mobil, pesawat terbang sampai satelit. Satelit sumber daya mirip Landsat, QuickBird, Ikonos, yaitu acuan dari metode penginderaan jauh pasif ini.

Gambar: disini

  Menghitung Skala Foto Udara Inderaja