Pola Soal Up/Skb/Pppk Teknis Pedagogik Level Hots

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru ialah mampu menguasai lapangan/situasi sehingga mampu memperoleh penyelesaian atas masalah. Dalam tes UP/SKB/PPPK Keguruan pastinya akan timbul soal yang kontekstual.
Nah aku akan berikan contohnya di bawah ini buat kau berlatih, jadi nanti gak bakal shock ketika lihat soal panjang-panjang. Sebenarnya hal tersebut sering kita alami tetapi alasannya formatnya dibuat soal tertulis, jadi penerima kadang galau.
 
SKB alias Seleksi Kompetensi Bidang dalam waktu dekat akan bergulirdan kamu pastinya perlu antisipasi. Kali ini saya akan berikan teladan soal SKB deretan keguruan semua mapel. Minusnya belum ada kunci jawaban, yang penting kalian tahu acuan soalnya dahulu ya. Silahkan bahas saja dengan sobat-teman.

Soal HOTS PPPK Pedagogik

Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!
1. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum akhir menghimpun tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya peran yang menumpuk dari mata pelajaran lain, bila seandainya Anda selaku guru, apa yang anda lakukan?
a. Memberikan kemudahan untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa bagaimana cara menertibkan waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada peran yang diberikan.
b. Mendorong siswa untuk secepatnya menyelesaikan tugas secara optimal, dengan menyampaikan pertumbuhan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.
c. Memberikan toleransi embel-embel waktu biar siswa yang belum mengumpulkan peran dapat menyelesaikan tugasnya.
d. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan peran yang dikerjakan selaku upaya untuk menunjukkan imbas jera pada siswa.
e. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati deadline agar tidak mengingkari akad yang sudah disepakati.

2. Salah satu peran wali kelas setiap peningkatan kelas harus memilih 3 siswa terbaik untuk mendapatkan hadiah dari sekolah. jika Anda sebagai wali kelas, maka hal yang mau Anda lakukan dalam memilih siswa urutan 1, 2, dan 3 berdasarkan . . . .
a. Rata-rata nilai rapor saja
b. Kepribadian dan nilai rapor
c. Nilai rapor dan capaian prestasi non akademik
d. Keterlibatan kepengurusan OSIS dan nilai rapor
e. Prestasi akademik dan non akademik

3. Terdapat penerima ajar yang mengadu terhadap guru bahwa dia senantiasa melaksanakan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tak mauterlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam kalau melaporkanhal tersebut pada wali kelas. Sebagai Guru yang mengenali hal tersebut, apa yang akan Anda kerjakan?
a. Memberikan hukuman pada seluruh anggota piket kebersihan sebab tidak mampu membangun koordinasi yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
b. Guru melakukan penilaian keterlibatan siswa terkait aktivitas piket kebersihan kelas serta memberikan karenanya, biar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
c. Memberikan teguran terhadap siswa yang tak mauterlibat dalam aktivitas piket kebersihan kelas semoga siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.
d. Merekomendasikan guru BK untuk melaksanakan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan berafiliasi dengan orang lain dalam sebuah kelompok.
e. Memfasilitasi konferensi bersama supaya terjadi komunikasi antar anggota golongan piket kebersihan, sehinga semua anggota menyadari peran masing-masing dikala acara piket kebersihan kelas berlangasung.

4. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berlawanan meliputi budaya,nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat pendidikan orag bau tanah. Terhadap aneka macam perbedaan itu, perilaku guru sebaiknya ialah . . . .
a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan keadaan serta latar belakang yang sama.
b. Menampilkan perilaku yang wajar terhadap perbedaan-perbedaa pemikiran,perilaku dan perilaku anak didiknya.
c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa ialah fakta yang tifak dapat dikesampingkan.
d. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan memprioritaskan keseragaman.
e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan yang lain.

5. Salah satu tugas guru piket yaitu membuat surat informasi pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang tiba terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kespakatan. Ketika Anda menjadi guru piket, ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambar 30 menit. Sesuai hukum, datang terlambat 30 menit mesti diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba-tiba sahabat Anda yang terlambat meminta kepada Anda biar beliau dan anaknya tidak dibuatkan surat informasi poin pelanggaran karena argumentasi ban motor pecah. Apa yang mau Anda kerjakan?
a. Memenuhi seruan sahabat Anda karena alasannya masuk akal tetapi Anda laporkan masalah tersebut kepada kepala sekolah.
b. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai hukum, tetapi hanya untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah.
c. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada sobat Anda dan juga anaknya walaupun jumlah poin dikurangi.
d. Tetap menciptakan surat informasi poin pelanggaran baik terhadap sobat Anda dan juga anaknya sesuai hukum.
e. Tetap menciptakan surat keterangan poin pelanggaran terhadap keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas perkara ini.

6. Seorang siswa bercerita kepada guru kalau beliau merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan bila akan mengajari matematika selaku antisipasi cobaan tengah semester. Tapi, pada hari yang sudah disepakati, temannya tidak datang dengan alasan ada masalah secara tiba-tiba. Siswa tersebut merasa kecewa alasannya adalah temannya tidak menepati janji, sampai nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya akrab, dikala ini mereka tidak saling bertegur sapa.kalau seandainya Anda ialah mendapat dongeng tersebut, apa yang mau Anda kerjakan?
a. Memberikan terhadap salah satu pihak bahwa temannya tidak menolong sebab perihal yang penting. Selain itu, masalah belajar meruk=pakan urudan masing-masing.
b. Memanggil keduanya, sertamemberikan nasehat-usulan semoga keduanya dekat dan saling membantu.
c. Memberitahu pada salah satu pihak bahwa alasannya tidak jadi menolong, temannyamendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf.
d. Memfasilitasi pertemuandi antara keduanya untuk membangun saling kesepahaman perihal masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya.
e. Cukup didengarkan saja ganjalan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat diselesikan secara berdikari.

  Soal Dan Tanggapan Formatif Geografi M1 Kb1

7. Seorang siswa kedapatan menenteng handphone ke sekolah. padahal sekolah bantu-membantu telah menawarkan goresan pena peringatan serta aturan untuk tidak menenteng handphone ke sekolah. sebagai guru, yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana anda menyikapi problem tersebut?
a. Memanggil siswa dan menasehatinya supaya ia tidak membawa handphone  saat di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya.
b. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone, segera memberikan hal ini pada wali kelas serta guru Bimbingan dan Konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.
c. Saya akan lebih aktif dalam menghalangi agar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melaksanakan investigasi sebelum bel masuk kelas dan menyita handphone untuk beberapa waktu.
d. Saya menemui siswa yang menenteng handphone dikala di sekolah maupun di kelas, serta menunjukkan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut.
e. Merampas handphone  dan mengundang orang bau tanah siswa tersebut supaya ikut mengingatkan anaknya jangan sampai menjinjing handphone ke sekolah.

8. Sekolah Anda pada tamat libur semester mengadakan study tour ke luar kota selama tiga hari dan Anda menjadi salah satu guru pendamping aktivitas study tour itu. Sesuai planning, rombongan study tour akan datang kembali di sekolah hari Minggu sore pukul 17.00 sebab hari Senin adalah hari pertama masuk sekolah. namun, sebab sesuatu dan lain hal, rombongan gres tibakembali ke sekolah hari Senin pukul 03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk izin tidak masuk pada hari pertama karena kecapekan. Apa yang mau Anda kerjakan?
a. Tetap masuk sekolah meskipun tidak sehari penuh sarat sebagaimana hari-hari biasa.
b. Tetap masuk sekolah sebagaimana hari-hari biasa meskipun banyak guru yang izin.
c. Menyarankan kepada guru yang bermaksud untuk tidak masuk untuk tetap masuk sekolah.
d. Menyampaikan kepada kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah.
e. Menyarankan kepada akseptor ajar yang ikut study tour untuk tetap masuk sekolah.

9. Dalam perjalanan menuju sekolah, pada pemberhentian di perempatan, Anda melihat siswa SMA pengendara motor berhenti melewati garis marka jalan. Anda akan melaksanakan apa?
a. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melebihi garis marka jalan demi keselamatannya.
b. Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang Anda alami semoga siswa Anda tidak melakukan pelanggaran kemudian lintas.
c. Menegur dengan santun supaya siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.
d. Berteriak dengan keras supaya siswa tersebut tidak melebihi garis marka jalan demi keselamatannya.
e. Memotret peristiwa itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah supaya tidak melakukan hal seperti itu.

10. Terdapat penerima didik yang mengadu kepada guru, bahwa beliau selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota lainnya tak mauikut terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang hendak Anda lakukan?
a. Memberikan hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan alasannya tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggungjawabnya.
b. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait aktivitas piket kebersihan kelas serta menyampaikan alhasil, supaya menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
c. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan beliau tidak mengulangi perbuatannya.
d. Merekomendasikan guru BK untuk melaksanakan konseling kelompok untuk mengajarkan kemampuan berafiliasi dengan orang lain dalam suatu kelompok.
e. Memfasilitasi konferensi bareng supaya terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehingga semua anggota menyadari tugas masing-masing saat jadwal piket kebersihan kelas berjalan.

11. Seorang wali murid mengunjungi Anda sebagai wali kelas, memprotes bahwa nil;ai anaknya rendah. Menurutnya, si anak sudah mengikuti banyak sekali bimbingan belajar, sehingga mustahil mendapat nilai rendah. Sementara, anak dari tetangganya mendapat nilai lebih tinggi, padahal anak tersebut biasa saja dan tidak mengikuti tutorial berguru. Bagaimana tanggapan Anda terhadap wali murid tersebut?
a. Menunjukkan data capaian berguru anak secara objektif, serta meamnggil si anak untuk berdiskusi dengan orang tuanya.
b. Menunjukkan dokumen hasil ulangan harian, mempertemukan wali murid dengan si anak serta memberi kesempatan untuk mendiskusikab prestasi berguru yang dicapai secara objektif.
c. Menjawab protes wali murid tersebut dengan memberikan rekap data, serta menyampaikan bahwa bimbingan belajar bukanlah penentu tingkat prestasi mencar ilmu anak di sekolah.
d. Menunjukkan dokumen hasil ulangn, serta memberi kesempatan wali murid untuk mendiskusikannya, sehingga diperoleh pemahaman mengapa nilai anaknya tidak cocok dengan yang diperkirakannya.
e. Menjawab protes wali murid dengan menyatakan bahwa berapa pun hasil nilai itu merupakan hak dan kewanangan guru.

12. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berlainan mencakup budaya, nilai-nilai, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan orang renta. Terhadap berbagai perbedaan itu, perilaku guru sebaiknya ialah . . . .
a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan keadaan serta latar belakang yang sama.
b. Menampilakn sikap yang wajar kepada perbedaan-perbedaan pedoman, sikap, dan perilaku anak didiknya.
c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dikesampingkan.
d. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan perilaku saling menghargai antara siswa satu dengan yang lain.

13. Suatu ketika Anda menjadi tuan rumah dalam program berkala pertemuan warga RT. Semua warga RT dipanggil untuk acara konferensi berkala setiap bulan. Tamu pertama yang tiba ke tempat tinggal Anda adalah seorang warga paling miskin di RT. Apa yang hendak Anda kerjakan?
a. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk di bangku yang telah ditawarkan.
b. Membiarkan tamu pertama itu mencari kawasan duduk sendiri alasannya adalah tamu lain juga Anda perlakukan seperti itu.
c. Meminta tamu pertama itu duduk di dingklik deretam paling depan untuk menghargai tamu yang tiba paling awal.
d. Sembari menanti tamu lainnya, Anda mengawaltamu tersebut sambil ngobrol ihwal hal-hal ringan.
e. Mengajak tamu tersebut ke belakang dan menawarinya untuk makan, sesudah itu meminta derma untuk merencanakan kuliner dan minuman.

14. Komplek di mana Anda tinggal setiap trend hujan selalu banjir selaku balasan tidak ada saluran air menuju sungai. warga telah berulang kali menganjurkan terhadap pemerintah desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi  tetap saja permintaan itu belum dipenuhi. Akibatnya, salah satu warga yang cukup kuat di kawasan itu mengajak dan atau mensugesti warga lain untuk tidak mengeluarkan uang pajak pada tahun itu. Sebagai guru, apa yang Anda kerjakan?
a. Mengingatkan warga semoga tetap mengeluarkan uang pajak, karena mengeluarkan uang pajak itu keharusan warga negara.
b. Tetap mengeluarkan uang pajak, meskipun beberapa warga terpengaruh terhadap himbauan untuk membayar pajak.
c. Mengingatkan salah satu warga tersebut supaya tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak mengeluarkan uang pajak.
d. Mengajak abdnegara RT untuk memohon kembali terhadap pegawanegeri desa/kelurahan biar dibuatkan kanal air.
e. Bersama warga mencari sponsor untuk membangun akses air menuju sungai supaya tidak terjadi banjir lagi.

15. Di sekolah kawasan Anda mengajar mayoritas siswa beragama islam, tetapi ada juga yang beragama non-islam. Ketika memasuki bulan Ramadhan, Anda mendapati siswa non-muslim yang sedang makan di depan kelas dikala sahabat-sahabat lainnya sedang menjalankan ibadah puasa. Sebagai guru, apa yang Anda kerjakan untuk menyikapi hal tersebut?
a. Menasehati siswa biar tidak makan di depan kelas selama bulan Ramadhan demi menghormati yang berpuasa.
b. Keduanya memiliki haknya masing-masing, boleh berbuat sesuai keyakinannya.
c. Menasehati siswa yang sedang puasa Ramadhan bahwa makan di mana pun itu hak mereka.
d. Meminta siswa tersebut untuk makan di tempat yang sepi biar tidak kelihatan teman-sahabat yang sedang berpuasa.
e. Tidak peduli dengan langkah-langkah yang dikerjakan siswa tersebut.

16. Terdapat lima persyaratan penilaian teman sejawat yaitu kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan tampilan. Agar penilaian terhadap sobat sejawat yang Anda kerjakan objektif, maka yang dijalankan yakni . . . .
a. Setiap aspek dinilai dahulu untuk semua teman, misalnya faktor kejujuran dinilai dahulu untuk semua sahabat baru faktor kedisiplinan dan seterusnya.
b. Meranking faktor kejujuran dari ranking pertama sampai terakhir untuk semua teman lalu dilanjutkan meranking aspek kedisiplinan dan seterusnya.
c. Menilai satu per satu teman sejawat dengan lima tolok ukur (kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan performa) sekaligus.
d. Mendiskusikan dengan teman lain biar hasil penilaian tidak tendensius dan dapat dipertanggungjawabkan.
e. Perlu mempertimbangkan senioritas meskipun lima kriteria evaluasi sobat sejawat tetap perlu menjadi contoh.

17. Pada rapat desa yang dipimpin kepala desa sedang mengidentifikasi program desa yang mau dibiayai lewat dana desa. Sebagai guru, acara apa yang akan Anda ajukan?
a. Membangun kemudahan biasa untuk memfasilitasi anak usia dini alasannya di desa itu belum ada akomodasi PAUD.
b. Perbaikan jalan antar dusun agar angkutantanpa gangguan, alasannya adalah jalan dusun tidak dapat dilewati kendaraan roda empat.
c. Memperbaiki daerah ibadah di desa itu agar masyarakat mampu beribadah dengan hening dan khusuk.
d. Memberi beasiswa bagi anak kurang mampu supaya mampu melanjutkan studi sampai pendidikan tinggi.
e. Pemberian modal usaha dan training kewirausahaan bagi keluarga miskin di desa itu semoga kemiskinan menjadi menyusut.

18. Saat anda menjadi pembina upacara, terlihat beberapa siswa banyak tidak menggunakan seragam lengkap. Hal yang anda lakukan ialah ….
a. membiarkan hal tersebut dan melanjutkan upacara
b.memperlihatkan teguran dan meminta siswa ke barisan khusus yang indisipliner
c. memarahi siswa dan memerintahkan siswa tidak ikut upacara
d. mengundang guru BK lalu meminta guru BK untuk menggantikan tindakna
e. menghukum siswa untuk membisu di lapangan upacara selama 1 jam pelajaran
 
19. Seorang anak kepincutpada kelompok peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke SMA. Namun, orang bau tanah berkukuh agar anaknya menentukan peminatan pada bidang ilmu wawasan alam. Orang renta mengharapkan anaknya menjadi dokter, supaya masa depannya terjamin. Menurut si anak, beliau merasa tidak bisa jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu biologi, matematika, serta fisika-kimia. Sebagai wali kelas, apa yang hendak Anda lakukan?
a. Menasehati si anak untuk patuh pada orang bau tanah yang sudah memilihkan abad depan yang bagus sebab tidak ada orang renta yang berniat menjerumuskan anaknya.
b. Memberikan rekomendasi terhadap orang bau tanah dan si anak untuk mengenali secara objektif kemampuannya, dengan konsultasi pada psikolog untuk menentukan bidang peminatan yang cocok.
c. Menyarankan kepada si anak, untuk memberikan pada orang renta bahwa dirinya tidak terpikatdan merasa tidak mampu pada jurusan kedokteran.
d. Melakukan kunjungan rumah dengan menjinjing data prestasi si anak selaku bahan diskusi supaya orang tua mengerti kesempatananaknya.
e. Bersama guru BK, anda selaku wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama-sama dengan memakai data-data sebagai dasar keputusan objektif.

20. Di daerah Anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI, melaksanakan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta menganjurkan kepada pemerintah semoga diangkat selaku PNS. Jika Anda yaitu guru PNS yang telah mendapatkan derma profesi, apa yang mau Anda lakukan?
a. Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS yang lain untuk ikut serta dalam penggalangan dana.
b. Memberi nasehat kepada teman GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat selaku PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya.
c. Menaruh simpati kepada upaya penggalangan dana itu walaupun tidak mesti memberi bantuan dalam bentuk uang.
d. Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu semoga memperoleh dana yang cukup dan mampu membiayai perwakilan GTT ke Jakarta.
e. Mengusulkan terhadap pengelola PGRI kawasan semoga menjinjing perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya.

21. Salah seorang orang renta siswa murka-marah ke anda sebagai walikelas, sebab memperoleh nilai raportnya tidak memuaskan. Hal yang anda lakukan ialah ….
a. memarahi balik orang bau tanah siswa karena dianggap tidak sopan
b. membiarkan hal tersebut tanpa dibarengi klarifikasi rincian
c. memberikan penjelasan dibarengi data perihal alasannya adalah nilai yang tidak membuat puas
d. melaporkan hal tersebut kepada polisi
e. melaporkan hal tersebut kepada kepala sekolah supaya anak tersebut dipindahkan ke sekolah lain

22. Bagaimana sikap Anda kepada guru yang melaksanakan pembelajaran dengan model ancaman dan pemaksaan kepada penerima didik supaya berprestasi unggul?
a. Sangat tidak baiklah kepada tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswa.
b. Tidak baiklah terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam memajukan prestasi unggul siswa.
c. Cukup setuju dengan langkah-langkah yang dilaksanakan guru tersebut untuk meningkatkan prestasi unggul siswa.
d. Setuju dengan acara pembelajaran yang dijalankan guru bagi kenaikan prestasi belajar unggul siswa.
e. Sangat oke dengan langkah-langkah guru tersebut dalam menolong kenaikan prestasi unggul siswa.

  Soal Dan Balasan Sumatif M1 Geografi

23. Menurut anda, sikap dan perilaku guru yang merefleksikan nilai-nilai keagamaan yang dianutnya yaitu . . . .
a. Rajin ibadah dibarengi dengan sikap dan perilaku yang mencerminkan perilaku toleransi yang tinggi dengan apa pun dan siapa saja.
b. Rajin beribadah dan tidak mentolerir waktu yang mengusik ritual keagamaannya dan membantu orang tanpa pamrih.
c. Rajin ibadah dibarengi dengan perilaku dan sikap yang tanpa pamrih dengan tetap memperlihatkan identitas keagamaan yang berlainan.
d. Rajin ibadah disertai dengan sikap dan sikap yang toleran, tetapi tetap memperlihatkan prinsip tegas yang perlu dikenali orang lain.
e. Rajin beribadah dibarengi dengan perilaku dan sikap yang proaktif menolong kepada siapapun, serta memperlihatkan sikap-perilaku keteladanan.

24. Anda memiliki beban mengajar yang tinggi dalam seminggu. Di samping itu, Anda menjadi salah seorang pengelola inti koperasi sekolah untuk kesejahteraan warga sekolah. apa yang Anda lakukan?
a. Saya mengembangkan tugas dengan pengelola inti yang lain dalam mengorganisir koperasi, sehingga tidak mengusik peran mengajar.
b. Saya mengutamakan tugas mengajar,  dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai pengurus koperasi sekolah.
c. Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melakukan peran-tugas pengelola koperasi sekolah.
d. Saya berusaha menolak penunjukkankoperasi sekolah alasannya mampu mengusik peran mengajar.
e. Saya memprioritaskan peran pengurus koperasi sekolah, walaupun peran mengajar kurang terlaksana.

25. Anda memiliki siswa pandai yang ingin sekali menguasai keterampilan yang menurut Anda belum saatnya dikuasai oleh siswa tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang dapat melatihnya, namun Anda tidak mempunyai waktu luang. Ucapan yang tepat dikatakan kepada siswa yaitu . . . .
a. Bahwa siswa tidak perlu belajar keahlian itu, dan tidak butuhberlatih terhadap saya.
b. Bahwa siswa belum waktunya manguasai keahlian itu, dan aku sibuk sehingga tidak bisa melatihnya.
c. Bahwa siswa itu bisa belajar untuk  menguasai kemampuan itu.
d. Bahwa siswa tetap memiliki peluang menguasai kemampuan itu, dan memintanya mencari pelatih yang diharapkan dari luar sekolah.

Lanjut>>>Soal SKB Keguruan 26-50 (progress)