Teladan Soal Geografi Esai2 Kelas 11 (Bab 3) Beserta Jawabannya

Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Geografi Kelas 11 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang bagus jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak mencar ilmu latihan soal-soal ini.
Soal-Soal Esai ini mampu anda jadikan referensi dalam menghadapi soal Sejarah kelas 11 Sekolah Menengan Atas yang bergotong-royong
Ini merupakan lanjutan dari Soal Geografi nomor 11 hingga nomor 20
Berikut dibawah ini ialah Contoh Soal Geografi Kelas 11 Esai Beserta Jawabannya (Bagian 3), dimulai dari soal nomor 21 hingga dengan soal nomor 30.
21. Jelaskan yang dimaksud dengan crude birth rate (CBR), age specific birth rate (ASBR),dan  general fertility rate (GFR).
Jawabannya:
CBR (Angka Kelahiran Kasar) yakni banyaknya kelahiran dalam satu tahun tertentu per seribu penduduk pada pertengahan tahun yang serupa.
ASBR (Angka Kelahiran berdasarkan Kelompok Usia) ialah angka yang memperlihatkan banyaknya kelahiran dari wanita pada sebuah golongan pada sebuah tahun tertentu per 1.000 perempuan pada kelompok umur dan pertengahan tahun yang sama.
GFR (Angka Kelahiran Umum) yaitu Angka yang menunjukkan jumlah bayi yang lahir hidup dari setiap seribu penduduk perempuan yang berusia reproduktif (15-49 tahun) dalam masa tahun tertentu.
22. Tuliskan faktor-aspek yang mendukung peningkatan angka ajal (Promortalitas)
Jawabannya:
1) Rendahnya kesadaran akan pentingnya kesehatan,
2) Kurangnya fasilitas kesehatan yang mencukupi,
3) Kecelakaan kemudian lintas,
4) Bencana alam, dan
5) Perperangan.
23. Apa yang dimaksud dengan migrasi masuk, angka migrasi keluar, angka migrasi neto dan angka migrasi bruto? Jelaskan
Jawabannya:
Angka Migrasi Masuk memberikan banyaknya migran yang masuk perseribu penduduk daerah tujuan dalam kala tahun tertentu.
Angka Migrasi Keluar, menunjukkan banyaknya migran yang keluar perseribu penduduk daerah asal migran tersebut dalam era tahun tertentu.
Angka Migrasi Neto yakni Selisih antara banyaknya migran masuk dan migran keluar perseribu masyarakatdi sebuah kawasan dalam era tahun tertentu.
Angka Migrasi Bruto memberikan banyaknya perpindahan masyarakatperseribu masyarakatdi daerah asal dan daerah tujuan migrasi.
24. Jelaskan jenis-jenis mobilitas yang termasuk mobilitas permanen
Jawabannya:
Mobilitas Permanen dibagi menjadi 2, yakni:
Mobilitas internal (Perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah yang lain dalam satu negara), mirip urbanisasi dan Ruralisasi serta Transmigrasi.
Dan Mobilitas Eksternal (Perpindahan penduduk dari sebuah negara ke negara lain), mirip Emigrasi dan Imigrasi serta Remigrasi.
25. Tuliskan jenis-jenis piramida penduduk di dunia dan jelaskan karakteristiknya
Jawabannya:
1) Piramida masyarakattipe Ekspansif, dimana sebagian besar penduduk masih muda dan penduduk yang lanjut usia relatif sedikit.
Contohnya yaitu Indonesia, Malaysia, Afganistan, dan India.
2) Piramida Penduduk tipe Stasioner,  dimana angka kelahiran yang nyaris sama dengan angka akhir hayat, dimana dinamika penduduknya condong tetap antara jumlah penduduk muda, sampaumur, dan tua nyaris sama serta kemajuan penduduknya yang kecil.
Contohnya yakni Inggris dan Brunei
3) Piramida Penduduk tipe Konstruktif, dimana terjadi distribusi transisi yang disebabkan menurunnya tingkat kesuburan dan kematian, meningkatnya impian hidup, dan perlambatan kemajuan penduduk. Jumlah penduduk usia kerja relatif lebih besar ketimbang jumlah anak-anak dan orang renta.
Contohnya ialah Amrika Serikat, Singapura, Jerman, Belgia, dan Swiss.
26. Tuliskan tiga definisi kebudayaan menurut aneka macam ahli
Jawabannya:
1) Ralp Linton (Kebudayaan merupakan keseluruhan dari pengetahuan, sikap, dan sikap yang dimilki dan diwariskan oleh anggota penduduk tertentu.
2) Herskovits (Kebudayaan menjadi bab dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh insan.
3) Koentjaraningrat (Kebudayaan ialah keseluruhan siste gagasan, tindakan, dan hasil karya insan dalam rangka kehidupan penduduk yang dijadikan milik diri insan dengan mencar ilmu.
27. Tuliskan dan jelaskan secara singkat tiga wujud kebudayaan
Jawabannya:
1) Gagasan (Wujud Kebudayaan ideal bersifat abstrak, tidak mampu diraba atau disentuh. Bentuknya antara lain berupa kumpulan ide atau gagas, nilai, norma, dan peraturan.)
2) Tindakan atau Kebudayaan Perilaku (Wujud kebudayaan yang tampak secara aktual selaku hasil aktualisasi ide atau pemikiran yang ada di dalam fikiran manusia. Contohnya tata upacara tradisi bayi baru lahir dan tari-tarian).
3) Hasil karya insan (Wujud kebudayaan yang ialah hasil langkah-langkah faktual manusia. Contohnya benda-benda budaya seperti tugu perayaan dan candi).
28. Jelaskan faktor posisi silang Indonesia yang memengaruhi keanekaragaman budaya Indonesia
Jawabannya:
Faktor Posisi Silang Indonesia yang stategis menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa-bangsa gila untuk tiba, singgah, dan menetap di Indonesia. Ada yang cuma berjualan, singgah, menetap dan ada yang tiba menyebarkan agama yang dianutnya. Dari interaksi mereka dengan masyarakatlokal, terjadilah amalgamasi dan asimilasi kebudayaan. Akibatnya terbentuklah ras, subras, agama, dan iman yang berlawanan-beda di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan keragaman budaya di Indonesia.
29. Jelaskan perbedaan pandangan determinisme lingkungan dan posibilisme
Jawabannya:
Pandangan determinisme lingkungan berlawanan dengan pandangan posibilisme sebab keadaan lingkungan alam bukan faktor yang sungguh memilih, melainkan faktor pengendali yang memberikan kemungkinan atau peluang yang memengaruhi kebudayaan insan.
30. Apa yang dimaksud globalisasi dan jelaskan dampaknya terhadap budaya Indonesia?
Jawabannya:
Globalisasi ialah proses interaksi dan integrasi antara insan, perusahaan, dan pemerintah dari aneka macam negara, yang didorong oleh jual beli dan investasi internasional dan dibantu oleh teknologi informasi.Dampaknya terhadap kebudayaan Indonesia yakni homogenisasi budaya karena keterkaitan ekonomi dan budaya, dan juga argumen hibridisasi budaya (Globalisasi menghasilkan percampuran budaya gres yang menghasilkan bentuk budaya translokal).
Lanjut ke soal nomor 31 hingga dengan soal nomor 40