Contoh Soal Sejarah Esai Kelas 10 (Bagian 3) Beserta Jawabannya

Inilah Prediksi Soal-Soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kategori Soal Esai.
Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang manis jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak mencar ilmu latihan soal-soal ini.
Berikut dibawah ini teladan soalnya.
21. Tuliskan kelebihan dan kelemahan sumber lisan
Jawabannya:
Kelebihan sumber mulut yaitu keterangan yang diperoleh bersifat demokratis dan berlangsung dua arah. Kelemahan sumber lisan yaitu unsur subjektivitas dalam sejarah mulut cukup tinggi, karena berhubungan dengan tingkat seseorang untuk mengenang suatu insiden.
22. Apakah yang dimaksud dengan sumber visual dan audiovisual? Berikan contohnya.
Jawabannya:
Sumber visual yaitu sumber yang bisa menggambarkan sebuah peristiwa yang mampu dijadikan fakta nyata untuk mengungkap kejadian masa lalu, misalnya Arsip Foto.
Sumber Audiovisual adalah sumber yang bisa didengar dan dilihat dengan gambar yang bergerak yang menggambarkan ihwal keadaan sesuatu pada sebuah periode, misalnya ialah Film-Film Dokumenter.
23. Mengapa penelitian sejarah harus mengikuti tata cara ilmiah? Jelaskan
Jawabannya:
Karena tindakan tersebut harus dilalui peneliti sesuai sistem ilmiah dalam rangka menciptakan pengertian yang sempurna ihwal sebuah kejadian kala kemudian
24. Tuliskan langkah-langkah dalam sistem penelitian sejarah.
Jawabannya:
Langkah-langkah observasi itu meliputi pemilihan topik, pengumpulan sumber atau data, verifikasi, interprestasi, dan penulisan.
25. Jelaskan yang dimaksud dengan kritik internal dan kritik eksternal
Jawabannya:
Kritik Internal yaitu kritik atau verifikasi terhadap keabsahan (Keakuratan) dan keaslian atau autentisitas informasi atau dokumen, mirip bahannya (Dokumen dengan tulisannya).
Kritik Eksternal yaitu kritik atau verifikasi kepada kredibilitas atau keterpercayaan data; jadi, menyangkut isi info, apakah sanggup menerima amanah atau tidak.
26. Subjektivitas mampu timbul pada saat kita melaksanakan tahapan interprestasi. Jelaskan sebab
Jawabannya:
Munculnya Subjektivitas dikarenakan peneliti memiliki konstruksi atau sudut pandang sendiri tentang topik yang diteliti sehingga risikonya belum tentu benar sepenuhnya, hal ini sangat berisiko mengubah kejadian sejarah dengan direkayasa untuk kepentingan yang lain.
27. Jelaskan langkah-langkah dalam tata cara sejarah.
Jawabannya:
Langkah-langkah sistem sejarah ialah proses menguji dan menganalisis secara kritis sumber sejarah dan peninggalan masa lampau dalam rangka menciptakan citra yang benar wacana kejadian itu.
28. Jelaskan secara ringkas fase-fase historiografi Indonesia
Jawabannya:
1) Historiografi Tradisional (Terjadi pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha)
2) Historiografi Kolonial (Terjadi pada abad zaman penjajahan dengan ciri khas Eropa-Sentris atau Belanda-Sentris)
3) Historiografi Modern (Dimulai sejak kemerdekaan Indonesia dan bersifat Indonesia Sentris).
29. Jelaskan perbedaan historiografi tradisional, kolonial, dan terbaru.
Jawabannya:
Historiografi Tradisional bersifat Istana Sentris, Feodal-Aristokratis, Subjektivitas tinggi, tidak disusun secara ilmiah, banyak mengandung anakronisme dalam penyusunannya, dan maksudnya melegitimasi dan melanggengkan kekuasaan serta kedudukan raja.
Historiografi Kolonial bersifat Belanda sentris, kehidupan warga Belanda di Indonesia dan fokusnya untuk kepentingan Belanda dengan tujuan politis-ideologis.
Historiografi Modern bersifat Indonesia Sentris, dan menurut pengalaman serta sudut pandang orang Indonesia sendiri, tidak mengabaikan bagian kritis demi rasa nasionalisme dan memakai kaidah-kaidah ilmiah.
30. Apa yang dimaksud dengan historiografi kritis? Jelaskan.
Jawabannya:
Historiografi Kritis (Historiografi Modern) yakni Historiografi yang menuntut ketepatan metodologi dalam usaha untuk mendapatkan fakta sejarah secermat mungkin, menyelenggarakan rekonstruksi sebaik mungkin, serta menerangkannya setepat mungkin sesuai kaidah-kaidah ilmiah.
Lanjut ke soal nomor 31 sampai dengan soal nomor 40.