Contoh Soal Sejarah Esai Kelas 10 (Bab 4) Beserta Jawabannya

Inilah Prediksi Soal-Soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA Kategori Soal Esai.
Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang elok jauh lebih tinggi dan lebih besar dari sobat kalian yang tidak belajar latihan soal-soal ini.
Berikut dibawah ini pola soalnya.
31. Jelaskan mengenai teori evolusi.
Jawabannya:
Teori Evolusi ialah teori yang dikemukakan oleh Charles Darwin yang menyampaikan insan (dan segala makhluk hidup lain) terbentuk lewat proses yang panjang selama jutaan tahun lewat metode seleksi alam (survival of the fittest) yang disebut proses evolusi. Manusia modern (Homo Sapiens) mirip sekarang merupakan hasil seleksi alam dengan proses yang panjang.
32. Jelaskan pengaruh lingkungan geografis kepada kemajuan fisik insan praaksara.
Jawabannya:
Pengaruh lingkungan geografis sangat besar lengan berkuasa memilih cara mereka hidup dan kemudian perkembangan fisiknya juga. Misalnya, fisik seseorang yang hidup di pegunungan akan tahap menghadapi dinginnya suhu dan fisiknya condong kekar dan besar, berbeda dengan seseorang yang hidup di kawasan pantai, cenderung tahan kepada panasnya matahari dan umumnya ukuran tubuh mereka lebih kecil kalau daripada orang yang hidup di pegunungan.

33. Mengapa pada abad praaksara insan hidup secara berkelompok? Jelaskan
Jawabannya:
Karena manusia adalah makhluk sosial, yang mempunyai arti tidak mampu hidup sendiri-sendiri tetapi sangat butuh dukungan orang lain untuk melanjutkan kehidupannya. Manusia praaksara hidup secara berkelompok dikarenakan supaya mereka terlindung dari hewan buas, memudahkan menjalani hidup mereka (Makan, Minum, Tempat Tinggal), dan juga melanjutkan keturunan mereka.
34. Apa perbedaan budaya pada periode Mesolitikum dengan Neolitikum?
Jawabannya:
Mesolitikum (Budaya watu tengah) yaitu Tahap Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut.
Neolitikum adalah Tahap Masa bercocok tanam.
Perbedaannya terletak dari cara mereka mencari masakan dan tempat tinggal. Pada abad Mesolitikum, mereka mengandalkan sumber makanan di alam dan bermigrasi jikalau sumber makanan tersebut sudah habis (Nomaden) dan budaya watu mereka lebih halus dibandingkan dengan masa Paleolitikum. Setelah kurun Mesolitikum yakni Masa Neolitikum yaitu kurun dimana manusia sudah tinggal menetap dan tidak berpindah-pindah karena telah mampu menguasai alam dan bercocok tanam dilingkungannya.
35. Jelaskan perbedaan ciri-ciri fisik antara Meganthropus paleojavanicus, Pithecanthropus erectus, dan Homo wajakensis.
Jawabannya:
Meganthropus paleojavanicus:
Tulang pipi tebal, otot kunyah berpengaruh,tonjolan kening mencolok, tonjolan belakang tajam, tidak mempunyai dagu, perawakan tegap, dan mengkonsumsi jenis flora.
Pithecanthropus erectus:
Tinggi badan berkisar 165-180cm, Tubuh badan sedikit lebih tegap dari Megantropus, Alat pengunyah tidaak sekuat Meganthropus, Geraham masih besar dan rahang yang kuat, Dagu belum ada dan hidungnya lebar, Perkembangan volume sekitar 900cc.
Homo wajakensis:
Kapasitas otaknya beraneka ragam dengan nilai rata-rata 1350-1450 cc, tinggi badannya antara 130-210 cm, berat badannya antara 30-150 kg, dan otaknya lebih berkembang, alat mengunyah sudah menyusut, berlangsung bangun tegak sudah lebih sempurna dan koordinasi oto sudah jauh lebih cermat.
36. Mengapa Homo floresiensis atau “Hobbit” mengalami kepunahan?
Jawabannya:
Kemungkinan mengalami kepunahan karena kekurangan kemampuan otak mereka menciptakan strategi-strategi baru mengikuti keadaan dengan alam, tergolong kekurangan memakai otak untuk menangani banyak sekali penyakit yang timbul. Tetapi hipotesis lain mengatakan bahwa manusia hobbit melebur dengan insan terbaru melalui proses kawin-mawin dan menyanggah bahwa manusia hobbit punah.
37. Bagaimana imbas kebudayaan Dong Son dan Sa Huynh-Kalanay kepada kurun praaksara di Indonesia?
Jawabannya:
Pengaruh 2 kebudayaan tersebut menciptakan bangsa Indonesia memakai perkakas baru dibandingkan dengan hanya kapak persegi dan kapak lonjong menuju ke perkakas-perkakas dari logam. Tak hanya itu, masih ada Nekara dan moko, benda-benda dari besi, dan gerabah yang merupakan sisa peninggalan 2 kebudayaan tersebut di Indonesia yang menggambarkan kehidupan kala praaksara di Indonesia.
38. Jelaskan beberapa teori tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.
Jawabannya:
Diperkirakan asal seruan nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, Tiongkok bagian selatan yang bermigrasi lewat dua jalur, adalah Jalur Barat (Yunan menuju Thailand, Semenanjung Malaya lalu ke Sumatera, Jawa, dan Flores) dan Jalur Timur (Yunan lewat Vietnam menuju Taiwan, Kepulauan Filipina, lalu ke Kepulauan Maluku, Sulawesi, Halmahera, dan Papua).
39. Mengapa kebudayaan kerikil disebut dengan kebudayaan Bac Son-Hoa Binh dan kebudayaan perunggu disebut dengan kebudayaan Dong Son? Jelaskan.
Jawabannya:
Karena ciri khas kebudayaan Bac Son-Hoa adalah perkakas dari kerikil dan ciri khas kebudayaan Dong Son adalah perkakas dari perunggu.
40. Bagaimana proses kebudayaan Bac Son-Hoa Binh dan kebudayaan Dong Son sampai di wilayah Indonesia? Jelaskan.
Jawabannya:
Kebudayaan Bac Son-Hoa berasal dari daerah Tonkin (Vietnam bab utara), Diperkirakan mereka bermigrasi dan menjinjing kebudayaannya pada saat bangsa Dravida datang ke India dan menguasai daerah itu, kemudian penduduk asli itu bermigrasi ke pegunungan, dan sebagian lagi menghindarke timur mirip Tiongkok, Kamboja, Semenanjung Malaya, dan Indonesia. Hal ini didasarkan atas kemiripan ciri-ciri fisik dan kemampuan otaknya yang didapatkan fosilnya. Akibatnya, kebudayaan penduduk orisinil menerima efek besar lengan berkuasa dari kebudayaan Bac Son-Hoa sehingga menciptakan alat-alat watu dengan ciri dipangkas pada kedua sisinya.
Kebudayaan Dong Son berasal dari Vietnam dan Thailand yang populer sebagai pertani dan pelaut yang jago, dikala bermigrasi mereka pindah dan lalu tinggal menetap dan kemudian menciptakan kebudayaannya sendiri dan membaur dengan kebudayaan yang sudah ada sehingga perkakas khas mereka menerima efek dari perkakas kerikil khas Dong Son.
Lanjut ke soal nomor 41 sampai dengan soal nomor 50.