Soal Esai Persiapan Kemerdekaan Indonesia

 1. Jelaskan peran dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)!

Jawaban: 

Tugas dari PPKI

1. Mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia.

2. Mempersiapkan anggota dan struktur negara

3. Mengesahkan Undang-undang dasar negara

4. Memilih dan mengangkat Presiden dan Wapres 

5 Membentuk Komite nasional

2. Jelaskan tujuan pemerintah pendudukan Jepang membentuk Putera ? 

Jawaban: 

Putera atau Pusat Tenaga Rakyat yakni organisasi yag dibuat pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia pada tangggal 16 April 1943 dengan empat serangkai sebagai pemimpin.

Tujuan dibentuknya Putera adalah untuk menerima simpati dari kaum nasionalis dan inetelektual semoga dapat mengabdikan asumsi dan tenaganya untuk kepentingan perang melawan sekutu dan menarik hati rakyat agar mendukung jepang.

3. Mengapa Pemerintah pendudukan Jepang memberikan akad kemerdekaan kepada Indonesia ?

Jawaban: 

Tujuan pemerintah pendudukan Jepang untuk memperlihatkan komitmen kemerdekaan kepada Indonesia prospeknya semoga Rakyat Indonesia simpati dan mau menolong Jepang dalam perang dunia II yang telah terdesak kepada serangan Tentara Sekutu.

4. Tuliskan Organisasi Semimiliter bentukan Jepang ?

Jawaban:

Organisasi semi militer Jepang dibuat dengan tujuan keselamatan dan ketertiban dengan diikuti sedikit pendidikan militer.

Seinendan (Korps Pemuda) 
Adalah organisasi yang dibuat Jepang dengan beranggotakan para perjaka dengan usia 14 sampai 22 tahun. Tujuan dibentuknya Seinendan adalah untuk mendidik dan melatih cowok untuk menjaga dan melindungi tanah airnya, serta selaku prajurit cadangan di baris belakang.
Keibodan (Pembantu Polisi)
Adalah organisasi semimiliter yang anggotanya ialah perjaka dengan rentang usia 25 sampai 35 tahun. tujuan organisasi ini untuk menolong polisi mirip membantu polisi dalam menjaga lalu lintas dan menjaga ketertiban dan keamana desa.

5. Apa tujuan dibentuknya BPUPKI ?

Jawaban:
Tujuan dari BPUPKI ialah untuk mempelajari dan mengusut hal-hal penting yang berafiliasi dengan politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan lain-lain yang diharapkan bangsa Indonesia dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka.
Jika Terjadi kesalahan ata jawaban dapat disampiakan pada kolom komentar
Terima Kasih