Cara Migrasi Dari Mendeley ke Zotero Dengan File BibTex

Migrasi dr mendeley ke zotero – Mendeley & Zotero adalah dua software administrasi referensi yg terkenal yg dapat digunakan untuk mengurus & menyimpan materi observasi mirip artikel, paper, & kutipan. Kedua alat ini mempunyai fitur & kemampuan yg unik, & beberapa pengguna mungkin lebih senang salah satu dr yg lain tergantung pada keperluan & preferensi mereka yg spesifik.

Mendeley ialah software manajemen referensi yg dikembangkan oleh Mendeley Ltd. yg didirikan pada tahun 2007, Mendeley memberikan fitur mirip penyuntingan kolaboratif, integrasi dgn aplikasi pihak ketiga, & penelusuran otomatis kutipan. Mendeley tersedia dengan-cara gratis, tetapi pula memperlihatkan versi berbayar yg menyampaikan kanal ke fitur embel-embel.

Zotero yaitu software administrasi referensi yg dikembangkan oleh Roy Rosenzweig Center for History and New Media di George Mason University. Zotero memberikan fitur seperti integrasi dgn browser web, pencarian otomatis kutipan, & integrasi dgn aplikasi pihak ketiga. Zotero tersedia dengan-cara gratis, & tak ada model berbayar yg tersedia.

Kedua software administrasi referensi ini memiliki keunggulan & kelemahan masing-masing, & pengguna mesti mempertimbangkan kebutuhan & preferensi mereka untuk menetapkan mana yg paling cocok untuk dipakai. Jika Anda bingung menentukan mana yg lebih baik untuk Anda, Anda dapat mencoba kedua software tersebut & membandingkan fitur & fasilitas penggunaannya untuk menetapkan mana yg paling cocok dgn kebutuhan Anda.

Table of Contents

Cara Migrasi dr Mendeley Ke Zotero Dengan File BibTex

Migrasi dr Mendeley ke Zotero mampu dikerjakan dgn gampang dgn menggunakan file BibTeX. File BibTeX merupakan file yg berisi isu referensi yg terdapat dlm Mendeley. Dengan mengekspor file BibTeX dr Mendeley & meng-import file tersebut ke Zotero, maka seluruh referensi yg terdapat dlm Mendeley akan muncul pula di dlm Zotero. Berikut ini adalah beberapa kiat yg mampu menolong dlm migrasi dr Mendeley ke Zotero memakai file BibTeX, diantaranya memasang zotero di komputer, eksport file mendeley, mengimport file dr mendeley ke zotero, periksa duplikat & periksa library. 

Memasang Zotero di komputer

Untuk menginstall Zotero di komputer, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi situs web Zotero (https://www.zotero.org/) & klik tombol “Download” di bab atas halaman.
  • Pilih “Desktop” untuk mengunduh versi desktop Zotero.
  • Klik tombol “Download Now” untuk mengunduh file instalasi Zotero.

cara migrasi dr Mendeley ke Zotero dgn file BibTex

  • Buka file instalasi yg telah diunduh. Jika timbul pesan “Do you want to allow this app to make changes to your device?”, pilih “Yes” untuk memperbolehkan instalasi Zotero.
  • Ikuti arahan di layar untuk menuntaskan proses instalasi. Ini akan menginstal Zotero di komputer & menambahkan shortcut Zotero ke desktop.
  • Buka Zotero. Klik shortcut Zotero di desktop atau cari di hidangan “Start” di komputer untuk membuka Zotero, akan diminta untuk menciptakan akun Zotero jika ini yakni pertama kalinya memakai Zotero.
  • (Opsional) Integrasikan Zotero dgn browser web. Jika ingin memakai Zotero dgn browser web, mampu mengunduh & menginstal ekstensi Zotero untuk browser yg digunakan. Buka sajian “Tools” di Zotero & pilih “Add-Ons.” Cari ekstensi yg sesuai dgn browser yg Anda gunakan & klik “Install.” Ikuti aba-aba di layar untuk menyelesaikan proses instalasi ekstensi.

tutorial migrasi dr Mendeley ke Zotero dgn file BibTex

Eksport file BibTex dr Mendeley ke Zotero

Untuk mengekspor file Mendeley, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Mendeley.
  • Buka sajian “File” di Mendeley & pilih “Export.”
  • Pilih format yg ingin di ekspor. Mendeley menunjukkan beberapa pilihan format, seperti “BibTeX,” “EndNote,” & “RIS.” Pilih yg sesuai dgn kebutuhan tapi pada postingan kali ini kita akan mencontohkan memakai “BibTex”.
  • Pilih folder tujuan untuk file ekspor. Anda dapat memilih folder di komputer atau menyimpan file ke cloud dgn mengklik tombol “Cloud” di segi kanan jendela “Export.”
tips migrasi dr Mendeley ke Zotero dgn file BibTex

  • Klik tombol “Export” untuk mengawali proses ekspor. Tunggu hingga proses selesai, kemudian tutup jendela “Export.”
  • Cek file ekspor. Periksa folder tujuan untuk menegaskan file ekspor sudah disimpan dgn benar.

Mengimport file BibTex dr Mendeley ke Zotero

Untuk mengimport file BibTex dr Mendeley ke Zotero, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Di Zotero, buka hidangan “File” & pilih “Import.” Pilih file BibTeX yg diekspor dr Mendeley & klik “Open.” Nama file yg kita simpan tadi ” acuan file.bib”.

cara mengelola file BibTex

  • Zotero akan menanyakan dimana kita akan menyimpan file tersebut, semua itu kembali pada selera & keperluan.

kompatibilitas file BibTex

  • (Opsional) Sinkronisasikan library. Jika ingin sinkronisasi library di antara perangkat yg berbeda, Kita dapat mengendalikan Zotero Sync dgn masuk ke tab “Sync” di preferensi Zotero. Ini akan memungkinkan Auntuk mengakses library di setiap perangkat yg memiliki Zotero terpasang.
  • (Opsional) Transfer anotasi . Jika ingin mentransfer anotasi dr Mendeley ke Zotero, dapat memakai plugin Zotero “Mendeley Importer” yg dapat diunduh dr situs web Zotero. Setelah plugin terpasang, ikuti kode di layar untuk mentransfer anotasi.

Periksa duplikat

Saat mengimport library dr Mendeley ke Zotero, Kita mungkin akan dihadapkan dgn duplikat, yakni kutipan yg sama yg muncul lebih dr satu kali dlm library. Ini bisa terjadi jika menyertakan kutipan yg sama ke library Mendeley lebih dr sekali atau jika kutipan tersebut terdapat di lebih dr satu grup dlm library Mendeley. Untuk memeriksa duplikat ketika mengimport library dr Mendeley ke Zotero, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Zotero.
  2. Impor file BibTeX yg diekspor dr Mendeley ke dlm Zotero dgn mengikuti langkah-langkah yg tercantum di atas.
  3. Jika duplikat ditemukan, Zotero akan menampilkan pesan “Duplicate Items Found” di bab bawah jendela. Klik tombol “Merge” atau “Ignore” sesuai dgn preferensi.
  4. Jika memilih pilihan “Merge,” Zotero akan memadukan duplikat menjadi satu kutipan & menambahkan tag “Mendeley_Duplicate” ke dlm catatan kutipan tersebut.
  5. Jika memilih opsi “Ignore,” Zotero akan mengabaikan duplikat & menambahkan tag “Mendeley_Ignored” ke dlm catatan kutipan tersebut.
  6. Periksa library Anda setelah mengimport library dr Mendeley ke Zotero untuk menegaskan bahwa duplikat sudah diperlakukan sesuai dgn preferensi. Kita mampu memakai filter untuk menampilkan hanya duplikat atau kutipan yg diabaikan dgn mengklik tombol “Show/Hide Trash” di bagian atas library & lalu memilih ops

Periksa library

Setelah mengimport library dr Mendeley ke Zotero, ada beberapa cara untuk memeriksa apakah seluruhnya sudah diimpor dgn benar:

  1. Lihat jumlah kutipan di library Zotero. Setelah mengimport library dr Mendeley, jumlah kutipan di library Zotero mesti sama atau lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kutipan di library Mendeley. Jika jumlah kutipan di library Zotero lebih sedikit, maka ada kemungkinan bahwa beberapa kutipan tak terimpor dgn benar.
  2. Periksa kutipan yg diimpor. Buka beberapa kutipan yg diimpor dr Mendeley di library Zotero & periksa apakah seluruhnya sudah diimpor dgn benar. Pastikan bahwa judul, penulis, tahun terbit, & berita lainnya sudah benar.
  3. Periksa tag yg disertakan oleh Zotero. Setelah mengimport library dr Mendeley, Zotero akan menyertakan tag “Mendeley_Duplicate” atau “Mendeley_Ignored” ke dlm catatan kutipan yg merupakan duplikat atau yg diabaikan. Anda mampu memakai tag ini untuk memfilter kutipan yg diimpor dr Mendeley di library Zotero.
  4. Periksa sinkronisasi dgn perangkat lain. Jika Anda mengendalikan sinkronisasi library Zotero dgn perangkat lain, periksa apakah library yg diimpor dr Mendeley pula muncul di perangkat tersebut. Ini akan menegaskan bahwa library yg diimpor dr Mendeley sudah disinkronisasi dgn benar.

Kesimpulan

Migrasi dr Mendeley ke Zotero menggunakan file BibTeX melibatkan ekspor referensi dr Mendeley dlm format BibTeX, & lalu mengimpornya ke Zotero. Setelah impor, perlu dilakukan verifikasi & pembiasaan data. Proses ini memungkinkan Anda untuk memindahkan koleksi referensi dgn relatif mudah antara kedua platform.

  Cara Menulis Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley Cite