5 Rekomendasi Tempat Healing di Surabaya, Murah dan Menyenangkan

Surabaya memang dikenal selaku kota metropolitan. Sebagai kota besar, sebagian masyarakatnya memilih untuk mencari hiburan di mall & kafe-kafe kekinian. Akan tetapi, banyak pula turis yg mencari tempat healing di Surabaya dgn berkunjung ke wisata alam.

Selain mampu merefresh asumsi, mendatangi wisata alam pula menyampaikan pengalaman yg berbeda dibandingkan dgn berkeliling mall atau duduk-duduk di kafe. Di Surabaya sendiri ada banyak wisata alam yg mampu dikunjungi.

Istilah healing ini dipopulerkan oleh anak-anak kontemporer. Istilah ini dipakai untuk orang-orang yg butuh refreshing ditengah-tengah padatnya aktivitas sehari-hari. Healing sendiri diidentikan dgn jalan-jalan ke tempat wisata.

Nah, berikut ini adalah 5 saran tempat healing di Surabaya yg mampu dikunjungi. Selain murah semarak, tempat-tempat ini mampu menjadi alternatif tempat berlibur yg menyenangkan.

Daftar Isi

1. Hutan Kota Pakal

Hutan Kota Pakal

Surabaya ternyata memiliki hutan kota yg luasnya 6 hektar. Hutan ini dinamakan Hutan Kota Pakal. Hutan ini memiliki faedah sebagai filter udara & pula pasokan udara bersih bagi masyarakat kota Surabaya.

Lokasi & Rute

Hutan Kota Pakal terletak di ujung barat Surabaya. Jarak tempat wisata ini dr Balai Kota atau Stasiun Gubeng Surabaya yaitu sekitar 19 km. lokasinya berada di kawasan Sidorejo, Kelurahan & Kecamatan Pakal, Kota Surabaya.

Ancer-ancer Hutan Kota Pakal yaitu sebelum Gelora Bung Tomo. Sayangnya belum ada petunjuk arah untuk menuju ke destinasi wisata hijau tersebut. Ada baiknya hadirin memanfaatkan Gmaps sebagai navigator.

HTM & Jam Operasional

Masyarakat yg datang berkunjung ke destinasi wisata Surabaya ini tak dikenakan biaya alias gratis. Buka saban hari, Hutan Kota Pakal mulai beroperasi dr jam 7 pagi hingga jam 5 sore hari.

Daya Tarik & Fasilitas

Saat memasuki tempat hutan kota, suasana asri pribadi terasa. Pepohonan yg rimbun & meneduhkan menciptakan pengunjung betah di sana sambal menikmati semilir angin. Aktivitas yg mampu dikerjakan di sana antara lain berlangsung-jalan, liburan hingga berolahraga.

2. Taman Cahaya

Taman Cahaya

Bagi warga Surabaya Barat, Taman Cahaya merupakan tempat healing di Surabaya yg menjadi favorit berbagai kelompok masyarakat. Baik itu remaja, lansia hingga bawah umur, berwisata ke sana mampu menyampaikan penyegaran asumsi.

Lokasi & Rute

Taman Cahaya Surabaya berada di Jalan Pakal, Surabaya. Adapun terusan menuju Taman Cahaya bisa dibilang mudah & tenteram untuk kendaraan bermotor. Dari bandara Juanda, perjalanan menuju Taman Cahaya mampu melewati Jalan Raya Bandara Juanda.

Setelah itu, ambil rute Jalan Raya Surabaya – Malang & lanjut hingga ke Jalan Raya Babat Jerawat. Taman Cahaya berada di sebelah kiri jalan sehabis melalui Warkop Cangkir 99.

HTM & Jam Operasional

Tidak ada HTM untuk masuk ke tempat wisata ini alias gratis untuk semua pengunjung. Biaya yg dikenakan cuma biaya parkir sebesar Rp2.000,- untuk motor & Rp5.000,- untuk mobil. Taman Cahaya mampu dikunjungi saban hari dgn jam operasional 06.00 WIB – 22.00 WIB.

Daya Tarik & Fasilitas

Ada banyak permainan bawah umur yg membuat orang tua nyaman membawa belum dewasa berlangsung-jalan ke sana. Sambal mengamati belum dewasa bermain, orang tuanya bisa menikmati beragam kemudahan seperti jalan-jalan di jogging track, berjalan di lintasan refleksi atau berolahraga basket & futsal.

Fasilitas di sana sebagai destinasi wisata keluarga cukup mencukupi dgn tersedianya toilet & mushola yg nyaman.

3. Taman Harmoni

Taman Harmoni

Tempat healing di Surabaya yg murah semarak & menggembirakan lainnya yaitu Taman Harmoni. Tempat ini cocok sekali untuk menepi sejenak dr padatnya kota Surabaya & berwisata bersama keluarga.

Lokasi & Rute

Lokasi dr Taman Harmoni berada di Jalan Keputih Tegal Timur No.249, Keputih, Sukolilo. Letak Taman Harmoni persis di belakang Terminal Angkot Keputih, Surabaya. Dari pusat kota Surabaya, jarak menuju destinasi wisata kontemporer ini ialah 9,8 km.

Dalam kondisi jalan tanpa hambatan, waktu tempuhnya sekitar 20 menit. Rute yg diambil lewat Jl. Arief Rachman Hakim. Ikuti jalan menuju Rumah Sakit Bersalin Putri. Lanjutkan perjalanan ke arah Perumahan Araya. Dari sana, ikuti jalan kurang lebih 2 km lagi hingga tiba di pertigaan.

Ambil belokan ke kanan dr pertigaan tersebut & pengunjung mampu menyaksikan Taman Harmoni di sisi kanan jalan.

HTM & Jam Operasional

Tidak ada HTM untuk masuk ke tempat wisata. Biaya yg dikenakan cuma ongkos parkir sebesar Rp3.000,- untuk motor & Rp5.000,- untuk kendaraan beroda empat. Taman Harmoni mampu dikunjungi saban hari dgn jam operasional 06.00 WIB – 18.00 WIB.

Daya Tarik & Fasilitas

Sama halnya dgn Taman Cahaya, Taman Harmoni banyak dikunjungi oleh keluarga dgn anak-anaknya. Di sana terdapat playground yg cukup luas untuk tempat bermain belum dewasa. Di Taman Harmoni pun ada banyak spot foto kontemporer yg menjadi favorit millennials.

Fasilitas yg tersedia pun sudah komplet mulai dr area parkir yg luas, mushola hingga toilet.

4. Wisata Mangrove Gunung Anyar

Wisata Mangrove Gunung Anyar

Satu lagi wisata keren & kekinian yg mempesona untuk dikunjungi penduduk Surabaya & sekitarnya yakni Wisata Mangrove Gunung Anyar. Destinasi ini menunjukkan panorama hutan bakau yg elok.

Lokasi & Rute

Tempat hiburan berkonsep ekowisata ini berlokasi di Jl.Medokan Sawah, Kel. Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Gunung Anyar. Agar wisatawan tak berganti-ganti kendaraan umum, semestinya menggunakan kendaraan pribadi apabila ingin berkunjung ke sana.

Rute yg ditempuh memakai kendaraan pribadi cukup gampang. Pengunjung berkendara dr Tol Waru – Juanda menuju Exit Tambak Sumur. Putar balik untuk melewati Jl. Raya Taman Asri. Lurus hingga memperoleh Jl. Raya Rungkut.

Di sana akan ada isyarat jalan menuju Wisata Mangrove Gunung Anyar.

HTM & Jam Operasional

Murah meriah, ongkos yg harus dikeluarkan untuk masuk ke tempat wisata ini hanya Rp3.000,- per orang. Pengunjung pula mesti mengeluarkan uang parkir sebesar Rp2.000,- untuk motor & Rp5.000,- untuk mobil.

Ekowisata ini buka setiap hari. Jam operasionalnya sama untuk setiap harinya yakni pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB.

Daya Tarik & Fasilitas

Pemandangan hutan mangrove yg menenangkan ialah daya tarik dr tempat wisata ini. Tempat ini cocok bagi penduduk yg ingin sejenak melupakan hingar bingar kehidupan di tengah kota Surabaya. Ada banyak aktivitas yg mampu dilakukan di sana.

Salah satu kegiatan yg paling disukai yakni naik perahu keliling hutan Mangrove. Destinasi wisata ini pun sudah dilengkapi berbagai fasilitas yg membuat tenteram pengunjungnya.

5. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo

Rekomendasi berikutnya sekaligus menjadi penutup dr tempat healing di Surabaya yg murah semarak mengasyikkan adalah Kebun Bibit Wonorejo. Kebun ini merupakan tempat rekreasi yg senantiasa ramai pengunjung khususnya di hari libur.

Kebun Bibit Wonorejo memberikan beragam aktivitas mulai dr berolahraga ringan, bermain, liburan hingga berkemah. Pengunjung pula mampu belajar bagaimana cara mengkompos di unit pengolahan sampah yg ada di Kebun Bibit Wonorejo.

Lokasi & Rute

Beralamatkan di Jl. Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur, tempat wisata ini sangat mudah diakses.pengunjung bisa datang dgn menenteng kendaraan sendiri, naik transportasi umum ataupun ojol.

Apabila pelancong start dr Terminal Bungurasih, rute yg dilalui adalah Jl. Panjang Jiwo, Kali Jagir, Jl. Sukarno, Jl. Baruk Utara XI, & terakhir melewati Jl. Kendal Sari.

HTM & Jam Operasional

Tidak dikenakan ongkos alias gratis untuk masuk ke Kebun Bibit Wonorejo. Jam operasional dr tempat wisata ini mulai 08.00 – 16.00 WIB.

Daya Tarik & Fasilitas

Meskipun gratis, ada banyak fasilitas yg mampu digunakan & aktivitas yg mampu dilakukan pengunjung. Anak-anak bisa berinteraksi dgn binatang-hewan di mini zoo atau bermain sepuasnya di area playground.

Sementara itu, ada danau, taman bunga, camping ground & area pembibitan tanaman yg dapat memperbesar khazanah serta wawasan hadirin. Tak berhenti sampai di sana, ada pula BLC atau Broadband Learning Centre.

Tempat tersebut merupakan tempat pembelajaran menggunakan komputer yg tersedia & pula dapat mengakses internet dengan-cara gratis. Pengunjung yg mendaftarkan diri untuk melakukan pembinaan akan didampingi oleh instruktur terlatih.

Itulah 5 nasehat tempat healing di Surabaya yg murah namun tetap menyenangkan untuk dikunjungi. Ternyata, healing tak mesti jalan-jalan ke tempat-tempat mewah & mahal!

  Kebun Teh Wonosari Malang: Tiket Masuk, Daya Tarik & Review