Pantai Rancabuaya di Garut: Harga Tiket & Rute

Pantai Rancabuaya di Kota Garut mempunyai panorama pantai yg masih alami & suasana sejuk. Pantai ini identik dgn batuan karang yg cukup besar & tebing tinggi yg disertai dgn penderasan sehingga memperlihatkan pemandangan yg indah.

Sebagian besar dr Anda mungkin masih gila dgn nama objek rekreasi yg satu ini alasannya adalah memang lokasinya yg masih alami. Meski demikian, pemerintah selalu berusaha melaksanakan pembangunan infrastruktur baru untuk mengembangkan peluangwisata luar biasa.

Pantai Rancabuaya

Daftar Isi

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan alam objek wisata ini, Anda cuma perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang pada tamat pekan, hari libur nasional atau hari-hari besar lainnya. Jika Anda berkunjung pada hari biasa, maka tak perlu mengeluarkan uang tiket masuk alias gratis.

Jam buka Pantai Ranca Buaya setiap hari selama 24 jam jadi Anda mampu berkunjung kapan pun untuk menikmati liburan di pantai yg indah.

Rute Menuju Pantai Rancabuaya

Objek wisata ini berlokasi di Desa Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut. Dengan jarak sekitar 135 km dr pusat kota Garut, Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk hingga ke objek wisata dgn bermacam-macam rute yg bisa dipilih.

Pertama, Anda mampu melewati jalur Pameungpeuk alasannya adalah keadaan jalan yg sudah baik sehingga cukup nyaman untuk dilewati hingga Rancabuaya. Jalur kedua yg mampu dipilih yaitu melalui Pangelengan dgn kondisi jalan yg pula baik & tenteram.

Jalur terakhir yg bisa Anda lalui adalah Ciwidey lalu mengarah ke Cidaun hingga akibatnya hingga di Rancabuaya. Sebagian jalur ini memakai jalan lintas Jawa Barat jadi Anda bisa melihat Pantai Selatan selama perjalanan.

Hal Menarik di Pantai Rancabuaya

  • Warna Air yg Berbeda

Pada umumnya, air di lautan mempunyai warna biru, hijau atau perpaduan keduanya tergantung pada kedalaman & tingkat kejernihan dr air tersebut. Uniknya, Pantai Rancabuaya justru mempunyai tiga warna air laut yg berlawanan-beda, yaitu putih, hijau & biru renta.

Ketiga warna tersebut berpadu menjadi satu & terlihat begitu jelas jikalau Anda melihatnya dr atas udara. Tiga warna kontras ini membuat air laut di Pantai Ranca Buaya terlihat hebat & sangat unik, berlawanan dr daerah pantai lainnya.

  • Tebing Ukir Unik

Daya tarik lain yg dimiliki Pantai Ranca Buaya yaitu tebing ukir unik sebagai perbukitan yg terhubung satu sama lain. Bukit di sekitar pantai dengan-cara perlahan mengalami abrasi oleh angin laut & ombak sehingga menghasilkan tebing unik ini.

Sebelumnya, tebing ini cuma berbentuktebing biasa tapi pihak pengelola mengukirnya dgn motif khas pantai sehingga tebing tampaklebih menarik & unik. Untuk memperlihatkan kesan alami, pengurus masih menjaga warna alami dr tebing tersebut.

  • Camping Seru

Kegiatan seru yg mampu Anda lakukan selama berlibur di pantai ini ialah camping atau berkemah. Sayangnya, destinasi wisata ini tak menyediakan persewaan camping jadi Anda harus membawa sendiri segala peralatan camping yg diperlukan.

Sore hari menjadi waktu yg paling sempurna untuk mendirikan tenda sebelum senja tiba jadi Anda mampu menikmati matahari terbenam. Setelah tenda berdiri, Anda mampu menikmati sunset sambil membakar seafood, grill & masakan yg enak.

Semakin malam situasi akan makin romantis jadi kesibukan ini cocok bagi pasangan muda yg ingin menghabiskan waktu bareng atau honeymoon dgn cara yg lebih indah.

  • Air Terjun Unik

Salah satu keunikan yg jarang dijumpai di pantai ialah teladas. Di sini, Anda mampu menikmati lautan sekaligus jeram dr tebing yg menghadap ke pantai. Air yg mengalir ini terlihat sungguh jernih sehingga menciptakan situasi makin terasa menyegarkan.

Aliran air ini kemudian menciptakan 3 terusan anakan dgn air yg memercik ke sekitar tebing pantai. Untuk mencicipi derasnya pemikiran penderasan, sejumlah turis berdiri di bawah penderasan untuk mencicipi sensasi menyegarkan.

Jangan lupa untuk berfoto di bawah gerojokan & berhati-hati ketika melangkahkan kaki karena bebatuan di sekitar penderasan cukup licin.

  • Menikmati Suasana Senja

Setiap pantai pasti mempunyai suasana senja yg begitu fantastis sebab sinar matahari ketika terbenam yg eksotis. Tidak heran bila pantai akan kian ramai menjelang sore hari alasannya adalah pelancong ingin mengabadikan momen luar biasa di Pantai Rancabuaya.

Pantai ini berada di posisi yg pas untuk menyaksikan sunset dgn lebih indah. Karena tingkat kemiringan menghadap ke barat, pantai ini tetap menjadi spot sunset yg sempurna meski berada di sebelah selatan & menghadap Samudera Hindia.

Pemandangan sunset akan terlihat terang jadi jangan lewatkan untuk mengabadikan momen ini dgn ponsel atau kamera yg dibawa.

  • Mencari Ikan di Sela Karang

Seperti yg sudah dijelaskan bahwa pantai ini memiliki tepian karang yg berada rendah jadi cukup aman untuk diinjak. Karang yg diselimuti lumut hijau di sela-selanya ini tidaklah berbahaya jadi cocok bagi turis yg suka mencari ikan atau memancing.

Banyak ikan-ikan kecil yg hidup di sela-sela karang tersebut sehingga lokasi ini menjadi pilihan yg tepat untuk memancing & menerima banyak ikan. Jika Anda ingin melakukan kesibukan ini, pastikan untuk membaca alat pancing, jaring & bejana atau wadah.

Memancing di tepi pantai menjadi aktivitas seru yg wajib Anda coba tatkala belribur bersama bawah umur sebab mereka akan merasa bahagia & piknik ini menjadi pengalaman yg tak terlalaikan.

Bagi Anda yg ingin menikmati waktu libur dgn kesibukan seru & panorama hebat, jangan lupa untuk membuat acara liburan ke Pantai Rancabuaya. Persiapkan fisik yg prima semoga Anda mampu melakukan aneka macam kesibukan seru di pantai memukau ini.

Review Pengunjung

Arso Travel
01:52 10 Oct 21
Pantai yg indah di pesisir garut selatan jawa barat

Resawati
14:46 24 May 21
Sekarang sudah lebih terawat lagi Alhamdulillah nyaman

Pazri Adhiana Wahiddin
07:09 03 Nov 21
Angin pantainya kencang & ombaknya tinggi, banyak tempat makan enak & murah.

Jhon
17:51 29 Dec 20
Tempat rekreasi di kabupaten garut selatan tergolong rekreasi laut

Gugum Chazli
11:52 13 Nov 21
Pantai karang yg nyaman. Tapi sampah belum termanage baik.

  Pantai Carita Banten: Harga Tiket, Rute, & Review