7 Rekomendasi Pantai di Pacitan yang Indah & Lagi Hits

Pacitan menjadi salah satu kawasan yg dikelilingi oleh banyak destinasi wisata, mulai dr goa hingga pantai mempesona di pesisir selatan. Sebagian besar pantai di Pacitan memiliki hamparan pasir putih, air bahari jernih, hingga perbukitan hijau di sekelilingnya.

Banyaknya objek wisata pantai yg ada di Pacitan menciptakan tempat ini senantiasa diserbu para wisatawan, terutama ketika simpulan pekan atau hari libur. Beberapa ulasan pantai Pacitan yg indah di bawah ini dapat menjadi usulanuntuk membuat acara piknik bareng keluarga atau sobat.

Daftar Isi

1. Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai di Pacitan indah yg pertama adalah Pantai Srau yg memiliki pasir putih berkilau & air laut yg jernih. Sayangnya, pantai ini memiliki ombak yg cukup besar sehingga kurang cocok untuk dijadikan tempat berenang sebab akan berbahaya.

Kawasan pantai ini terbilang sangat luas sehingga mampu memuat banyak pengunjung yg datang, apalagi dgn 3 tempat yg bisa dijumpai, yakni Pantai Srau 1, 2 & 3. Tempat favorit para wisatawan untuk bermain air ada di Pantai Srau 2.

Pantai Srau 2 memiliki area yg cukup luas & bebas dr watu-watu yg terbawa oleh ombak sehingga cukup tenteram untuk bermain air maupun pasir. Pantai Wayang pula menjadi salah satu destinasi yg ada di Pantai Srau 2 sebagai spot foto menarik.

Pantai Wayang mempunyai ombak yg besar & berpengaruh jadi para pelancong tidak boleh berenang atau bermain air di tempat ini. Meski begitu, tempat rekreasi yg mempunyai pemandangan indah & situasi asri ini cocok untuk tempat bersantai.

Wisatawan pula bisa menjelajah bukit bukit karang di sekeliling pantai untuk menyaksikan panorama Pantai Srau dengan-cara lebih bebas. Waktu terbaik untuk berkunjung ke destinasi ini ialah pada pagi atau sore hari.

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai lain yg tak kalah menarik berada di Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan atau tepatnya 40km dr Kota Pacitan ke arah barat. Pantai Klayar memiliki pesona alam yg hebat indahnya & tak luput dr misteri yg diyakini oleh penduduk setempat.

Banyak daya tarik yg dimiliki Pantai Klayar, mulai dr keindahan pasir putihnya, seruling bahari, karang raksasa serupa Sphinx di Mesir, air terjun, air mancur alami & kerikil karang indah. Tidak heran jikalau banyak wisatawan luar negeri yg mengenali keindahan alam ini.

Pantai Klayar menjadi salah satu pantai yg telah terkenal di aneka macam media di internet. Itulah kenapa pantai ini tak pernah sepi hadirin, terlebih pada final pekan atau hari libur setiap spot pantai akan dipenuhi dgn para turis.

Untuk mencapai lokasi rekreasi, pelancong bisa memilih 2 jalur alternatif, yaitu dr Yogyakarta – Wonosari – Wonogiri & dr Jawa Timur. Perjalanan dr Yogyakarta memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 jam menggunakan kendaraan beroda empat.

Wisatawan tak perlu khawatir ihwal kondisi jalan menuju lokasi karena telah dlm kondisi baik. Hanya saja, jalanan cukup berlubang tatkala memasuki jalan desa di Wonogiri menuju Pacitan jadi mesti lebih berhati-hati.

3. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Pantai indah di Pacitan memang menjadi destinasi wisata yg sangat tepat, termasuk Pantai Buyutan yg ada di Desa Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan. Pantai ini pula mempunyai keunikan tersendiri, yakni eksistensi karang karang berbentuk mahkota Dewi Narada.

Konon, mahkota Dewa Narada terjatuh tatkala sedang terbang melintasi wilayah ini & mahkota tersebut kemudian bermetamorfosis karang. Bagi pelancong yg masih ingin menikmati suasana malam di sini, banyak penginapan di sekeliling pantai yg bisa dipilih.

Namun, jikalau ingin mendapatkan pengalaman yg lebih seru, pihak pengurus objek wisata pula menyediakan kemudahan untuk berkemah. Area sabana yg cukup luas bisa menjadi lokasi yg tepat untuk berkemah yg dilengkapi suara ombak yg terdengar merdu.

Kawasan ini masih terbilang alami, bahkan turis bisa memperoleh simpanse-simpanse bandel yg sering menjahili para pengunjung. Keunikan lain yg dimiliki pantai ini ialah sumber air tawar yg berada tak jauh dr sabana & berasal dr pegunungan.

Hamparan pasir pantai dgn ombak yg besar menciptakan panorama pantai terasa menyegarkan. Namun, banyak watu karang kecil-kecil yg tersebar di pasir pantai jadi harus lebih berhati-hati biar tak terluka. 

4. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karang sering disamakan dgn Raja Ampat di Papua Barat sebab sama-sama memiliki panorama yg manis. Pantai ini lagi hits. Batu karang besar yg mengelilingi pantai menjadi salah satu keunikan yg bisa ditemui di berbagai pantai Pacitan.

Ombak pantai ini sangat cocok untuk berselancar, mulai dr para pemula hingga profesional di bidang selancar. Selain itu, bongkahan kerikil-batu karang yg besar membuat panorama tampakmakin eksotis, utamanya pada saat sunset.

Bukan cuma hamparan pasir putih & higienis, air bahari di pantai ini pula berwarna biru jernih. Ada beberapa aktivitas yg bisa dilakukan di daerah rekreasi ini, mulai dr berenang, bermain pasir, berselancar, berfoto atau sekadar berpangku tangan untuk menikmati angin sepoi.

Bersantai di tepi pantai akan semakin lengkap dgn kesegaran air kelapa muda yg dijual di warung-warung pinggir pantai. Bahkan, wisatawan bisa mencicipi banyak sekali kudapan hingga berat yg menciptakan liburan kali ini makin berkesan.

Pantai yg berlokasi di Pringkuku, Ketro, Watukarung ini berada cukup jauh dr sentra kota, bahkan memerlukan waktu sekitar 90 menit dgn kendaraan pribadi. Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan dikenakan tarif Rp 5.000 per orang.

5. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Pantai di Pacitan berikutnya yg tak kalah mempesona ialah Pantai Tibo. Pantai yg berlokasi di Desa Widoro, Kec. Donorejo, Kab. Pacitan ini memiliki keindahan alam yg tepat, apalagi dgn pemandangan sungai yg mengesankan di sekeliling pantai.

Memiliki nama banyu tibo yg artinya air jatuh karena memang di kawasan pantai ini terdapat teladas kecil. Keberadaan sungai alami dr mata air pegunungan ini tampakbegitu jernih sehingga menciptakan pantai ini memiliki keunikan tersendiri.

Untuk memasuki pantai, wisatawan harus memakai anak tangga dgn mengeluarkan uang ongkos Rp 10.000 karena pantai berada di bawah. Tangga ini berada di sebelah riam & turis bisa eksklusif merasakan kesejukan air terjun yg menjadi satu dgn pantai.

Pantai Banyu Tibo memiliki pasir kecoklatan, lembut & senantiasa dlm kondisi basah karena air sungai yg terus mengalir tepat di tengah-tengahnya. Hamparan pasir pantai yg lembut ini dilengkapi dgn karang-karang di bibir pantai.

Banyak jenis ikan yg hidup di sekeliling kerikil karang tersebut sehingga menjadi spot snorkeling yg tepat. Bagi pelancong yg tak menjinjing peralatan snorkeling, maka tak perlu cemas alasannya sudah ada tempat persewaan alat snorkeling di sekeliling pantai.

6. Pantai Seruni

Pantai Seruni

Pantai lain di tempat Pacitan yg selalu dipenuhi hadirin adalah Pantai Seruni dgn keindahan alam yg mempesona & dilengkapi desiran ombak pantai. Tempat wisata ini menawarkan kesan romantis sehingga menjadi destinasi yg cocok untuk pasangan.

Pantai yg berada di Desa Jlubang, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan ini memiliki situasi yg renang dgn lingkungan yg masih asri. Bukan hanya panorama yg indah, penduduk sekitar yg begitu ramah pula menjadi daya tarik tersendiri dr kawasan ini.

Dari banyaknya pantai di Pacitan, Pantai Seruni tergolong yg jarang dikunjungi alasannya lokasinya yg sungguh tersembunyi. Pantai ini sangat cocok bagi pelancong yg suka dgn suasana hening & masih alami.

Ombak pantai di sini tak begitu besar jadi pelancong masih diperbolehkan untuk berenang, namun tetap mesti berhati-hati. Daya tarik lain dr Pantai Seruni yakni perbukitan yg ada di sekitar pantai jadi wisatawan bisa melihat pemandangan lebih terang.

Beberapa kemudahan yg ditawarkan pihak pengurus rekreasi antara lain area parkir kendaraan, tempat istirahat & kamar mandi. Jangan lupa untuk menenteng bekal dr rumah sebab belum ada warung di sekitar pantai.

7. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul

Pantai terakhir yg sungguh dianjurkan ketika berkunjung ke Pacitan adalah Pantai Ngandul, pantai tersembunyi yg berada di bersahabat Pantai Buyutan. Pantai ini berlokasi di Desa Widoro, Kec. Donorejo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

Sebenarnya, pantai ini tak mempunyai pasir pantai yg biasa ditemui di sebagian besar pantai Pacitan. Meski begitu, Pantai Ngandul memiliki daya tarik tersendiri, yakni keberadaan sungai & jeram kecil yg serupa dgn Pantai Banyu Tibo.

Bukan hanya itu, Pantai Ngandul pula memiliki daya tarik lainnya berupa celah seperti teluk jadi air bahari bisa menjorok ke daratan. Tempat ini sering dijadikan spot foto yg mempesona bagi para wisatawan.

Wisatawan diperlukan bisa waspada ketika berkunjung ke pantai ini karena watu karangnya terjal, tebing cukup curam & licin. Hindari berfoto sampai ke tepi tebing alasannya adalah hal ini sungguh berbahaya, terlebih jika tak waspada.

Pacitan masih menyimpan banyak destinasi rekreasi yg cantik & mempesona. Pantai di Pacitan sudah cukup untuk membuktikan bahwa kota ini mempunyai potensi alam yg luar biasa selaku destinasi wisata.

Itu tadi 7 daftar pantai yg indah & sedang hits di Pacitan, selamat berlibur ya!

  7 Daftar Pantai di Probolinggo Paling Eksotis