Coba Pengalaman Camping di Danau Buyan Bali

Lokasi: Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

Map: Klik Disini

Htm: Rp. 10.000

Buka Tutup: 24 Jam

Telepon: 0813-3854-6174

Meski belum banyak sumber sejarah mengungkapkan kepastian tapi ada catatan-catatan mirip Wikipedia, membenarkan bahwa Danau Buyan, Tamblingan, & Beratan ialah tiga &au yg dulunya ialah sebuah kawah besar.

Kaldera atau kawah yg luas ini iakibatkan oleh letusan Gunung Lesung. Namun, soal waktu letusan gunung dgn ketinggian 1860 meter ini masih dlm asumsi, sekitar ribuan tahun yg kemudian.

Selain itu, sejarah pula mengungkapkan bahwa Danau Buyan & Tamblingan dulunya merupakan satu &au besar.

Akan tetapi, bencana longsor tahun 1818 memisahkan kedua &au yg sering ianggap kembar tersebut.

Longsor pula menimbulkan pendangkalan pada &au & pula membentuk hutan dgn vegetasi yg baru.

Kini, antara kedua &au itu cuma dipisahkan dgn jalan masuk kecil. Menurut kisah legenda atau mitos warga setempat, semenjak bencana longsor, Danau Buyan terlihat mirip tempat menakutkan.

Mungkin asal-permintaan diberi nama &au Buyan alasannya objek tersebut terkait dgn tempat yg menakutkan.

Berbeda dgn air di &au Tamblingan yg ianggap suci untuk pengobatan karena misteri mitos & legenda Tamblingan yg terkenal.

Foto By @danau_buyan

Air Danau Buyan telah dimanfaatkan masyarakat lokal untuk kebutuhan irigasi persawahan & perkebunan.

Debit air dr Danau Buyan sungguh besar. Tak jarang masyarakat setempat pula melakukan pembudidayaan ikan air tawar alasannya air &au ini masih bebas dr pencemaran berkat kesadaran warga setempat.

Air &au Buyan memang tak terkontaminasi, tapi debit arinya berganti-ubah. Masyarakat setempat kadang geleng-geleng kepala & yakin &au ini seram.

  10 Toko di Medan Yang Menjual Printer Berkualitas

Air kadang kering & sulit mencukupi keperluan irigasi, tapi kadang pula membanjiri hingga jauh ke pemukiman warga.

Itulah aksara Danau Buyan, menyimpan kisah-kisah misteri yg belum terungkap sejarah hingga hari ini.

Daftar isi

Letak Geografis

Foto By @anjani_dhechacha

Danau Buyan berada pada ketinggian 1.350 meter di atas permukaan maritim, terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali.

Luas wilayah konservasi wisata alam Danau Buyan yaitu 15.000 hektar. Hitungan ini dikombinasikan dgn luas hutan & pula tempat wisata Danau Tamblingan.

Danau Buyan paling luas bila dibandingkan dgn Temblingan & Beritan, nyaris 3,9 kilo meter persegi dgn kedalaman 87 meter.

Secara administratif, daerah wisata alam Danau Buyan masuk dlm wilayah manajemen Desa Panca Sari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kawasan wisata ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali. Kantor pengelolanya pula berada langsung di akrab area &au, tepatnya di Buan Camping Camp, Jalan Sugriwa Dasong, Pancasari.

Informasi perihal profil pengelolaan & manajemen Danau Buyan pula sudah tersedia lengkap di kantor ini.

Daya Tarik

Foto By @suci_cahyasari

Siapa yg tak mengenal Bali, pulau Dewata dgn sejuta area wisata? Sudah semenjak usang Bali terkenal di kalangan pelancong luar negeri & domestik.

Wisata alam, budaya, sejarah, religi, & wisata wisata, semua ada di sana, memanjakan mata para para pengunjung.

Tripadvisor pula sangat menyarankan para wisatawan berlibur ke kawasan yg memiliki pulau seribu pura ini.

Tidak saja terkenal dgn pantai-pantai indah, Bali pula memberikan daya tarik wisata alam &au yg tak kalah memesona.

Jika sebelumnya Anda pernah mencoba berlibur ke Kaldera Adventure di Sawojajar, Malang, atau menikmati piknik di Sanur Beach & berselancar di Jimbaran, maka Anda pula perlu mencoba sensasi wisata alam di &au Buyan.

Danau Buyan berlokasi di Desa Panca sari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia.

Danau Buyan iapit oleh dua &au lain, di sebelah barat ada Danau Tamblingan & belahan timur ada Danau Beratan.

Danau Buyan sendiri merupakan &au yg paling besar di daerah Buleleng & memiliki panorama sangat indah

Danau Buyan tepat di posisi sebelah kiri jalan. Namun, sebelum mata tertuju pada eksotisme Danau Buyan, para turis terlebih dahulu akan menyaksikan keindahan kembarannya yakni Danau Tamblingan.

Pemandangan alam yg memanjakan mata sudah bisa Anda saksikan di sepanjang perjalanan menuju Danau Buyan.

Hutan-hutan yg rimbun dgn vegetasi yg baik dgn fauna kera-monyet yg lucu setia menyambut liburan Anda.

Kemudian jalan yg berkelok-kelok, jurang curam, pohon-pohon renta, siap memperbesar sensasi ketegangan turis.

Selain itu, sepanjang perjalanan pula tersedia beberapa spot pemberhentian. Baik untuk view menyaksikan Danau maupun barisan rumah makan & warung kopi.

Wisatawan bisa mempergunakan tempat ini untuk sekedar melepas letih, minum kopi, atau makan.

Aktifitas Wisatawan

Selain mampu menyegarkan pikiran & memanjakan mata, di sana pengelola Danau Buyan pula menyediakan kemudahan yg bisa dimanfaatkan para hadirin untuk banyak sekali aktifitas atau kegiatan.

  1. Bumi Perkemahan

Foto By @xdiyahnurlitaa

Di kepingan selatan &au ada kawasan Bumi Perkemahan yg memang sengaja disediakan oleh pengurus untuk para pengunjung yg ingin mendirikan tenda.

Lapangan yg cukup luas dgn ‘atap’ pohon-pohon rindang membuat tempat ini senantiasa ramai dipadati para pecinta alam atau pelancong yg kegemaran camping, tracking & hiking.

Di area Bumi Perkemahan ini ditawarkan 3 lokasi kemah masing-masing dgn pos penjagaanya. Yang pertama ada dekat pinggir &au. Ini adalah area favorit para wisatawan.

Lokasi kedua berada di sekitar hutan & berdekatan dgn spot pemancingan. Di sini agak ramai sebab tak jauh drrumah-rumah penduduk lokal.

Sedangkan bagi para wisatawan yg berani menikmati suasana sepi bisa meuju lokasi perkemahan ketiga di tengah-tengah hutan.

Ketika tiba malam situasi secara tiba-tiba sepi, keheningan alam, bunyi-bunyi binatang, & bunyi daun jatuh dr pohonnya memperbesar kenikmatan liburan Anda.

  1. Tracking & Hiking

Menjelajahi hutan & mendaki di perbukitan daerah wisata Danau Buyan menjadi aktifitas yg sungguh disukai wisatawan.

Di penggalan belakang Bumi Perkemahan berjejer bukit yg bisa didaki & hutan yg hijau yg bisa Anda jelajahi.

Aktifitas tracking & hiking sendiri bisa Anda kerjakan dgn sepeda atau berlangsung kaki. Di area ini tak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor.

  1. Menikmati Pura Ulun Danu Buyan & wantilan

Foto By @emilypolar

Selain kental dgn budaya peninggalan kerajaan Hidu, secara umum dikuasai penduduk Bali pula menganut agama Hindu.

Oleh sebab itu, berdasarkan tradisi & keyakinan mereka, menyucikan &au ialah kewajiban. Begitupula dgn Danau Buyan. Caranya ialah mendirikan untuk berdoa, namanya Pura Ulun Danu Buyan.

Pura Ulun Danu Buyan dibangun di tepi &au di pecahan utara. Selain itu ada pula wantilan besar yg pula dibangun di tepi &au.

Namun wantilan bukan tempat doa melainkan tempat berkumpul para wisatawan, alasannya adalah tempatnya lebih terbuka.

  1. Hutan Wanagiri

Foto By @wanagiri_hidden_hill

Jika turis menelusuri arah utara maka bisa mendapatkan hutan Wanagiri yg mayoritas dihuni oleh kera-monyet yg super lucu.

Para turis bisa bercengkrama dgn hewan yg kebiasaanya nyaris ibarat dgn manusia tersebut. Dari ketinggian hutan ini pula pengunjung pula mampu menikmati luasnya hamparan &au.

  1. Kawasan Munduk

Foto By @iga.odrzywolek

Jika dr arah ‘hutan monyet’, perjalanan turis diteruskan ke arah utara maka akan sampai di Desa Munduk untuk menyaksikan panorama yg luas hingga ke kota Singaraja & potongan pesisir utara Bali.

Dari sini adalah view yg paling sempurna untuk melihat Danau Buyan dr ketinggian sekaligus menikmati desa-desa dgn dekorasi bukit & area pertanian.

  1. Memancing

Bagi pelancong yg hobi memancing boleh menjajal di area wisata Danau buyan. Bisa menjinjing alat pancing sendiri atau menyewa di area wisata.

Untuk menuju spot atau tempat pemancingan ada dua jalur. Pertama lewat pasar Pancasari kemudian menuju Desa Dasong, di sebelah selatan &au. Kedua ada di belahan utara &au ke arah Pura Ulun Danu Buyan.

  1. Festival Danau Buyan & Tamblingan

Foto By @singarajahotel

Twin Lake Festival sudah ada semenjak tahun 2014. Festival ini memperkenalkan potensi agrowisata & wisata alam Danau Buyan-Tamblingan.

Kegiatan yg dijalankan beragam, ada pameran seni, budaya, hasil pertanian masyarakat setempat, & perlombaan lari lintas alam.

  1. Ayunan Puncak Danau Buyan

Foto By @marjorieatn

Dengan duit RP. 5.000 para pelancong sudah bisa menikmati sensasi ayunan di puncak Danau Buyan.

Seperti sedang melayang di atas awan, apalagi sembari mengambil foto & gambar dgn view menegangkan & unik. Anda niscaya berkesan bila sempat berkunjung ke tempat ini.

  1. Memetik Strawberry

Memetik strawberry? Anda tentu mengajukan pertanyaan-tanya soal ini. Ya, selain tempat Danau Buyan menyediakan pesona wisata alam yg indah di sini pula wisatawan bisa menikmati sensasi memetik buah strawberry pribadi dr pohonya.

Fasilitas Yang Ada

Beragam akomodasi bisa Anda nikmati di daerah wisata Danau Buyan. Ada toilet & kamar mandi biasa bagi para pelancong.

Kemudian tersedia pula lokasi parkiran yg cukup luas di dekat &au. Selain toilet & parkir, ada pula bahtera rekreasi & memancing.

Foto By @dodysubur

Ini adalah bahtera tradisional yg ditawarkan bagi turis untuk mengelilingi &au & memancing. Pengelola pula menyediakan rumah makan & warung kopi.

Bagi Anda yg ingin menikmati kuliner khas Bali atau sekedar menikmati minuman kopi & lainya maka warung-warung ini bisa jadi pilihan. Lalu, jikalau berkemah, ada fasilitas perkemahan & jasa sewa tenda.

Harga Tiket Masuk

Foto By @danau_buyan

Harga tiket untuk masuk ke kawasan wisata alam Danau Buyan tak mahal. Hingga dikala ini harganya masih Rp. 10.000 per individu.

Selain itu sewa parkir yg harus Anda bayar cuma Rp. 3.000 per sepeda motor & RP. 5.000 per kendaraan beroda empat.

Harga tiket masuk & parkir ini sewaktu-waktu bisa berganti sesuai dgn keputusan pengurus atau Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng.

Rute & Transportasi

Jarak antara Danau Buyan dgn Bandara Ngurah Rai, Denpasar, 75 kilo meter dgn waktu tempuh sekitar 3 jam memakai mobil.

Jika Anda mengendarai sepeda motor maka waktu tempuh diperkirakan akan lebih cepat satu jam.

Rute yg biasa dipakai turis yaitu lewat jalur kota Denpasar – Singaraja Street melewati Bedugul. Ini merupakan rute umum menuju area wisata Danau Buyan.

Wisatawan yg tak menjinjing kendaraan pribadi bisa menyewa di Bali. Hanya merogoh kocek Rp. 200.000 sudah bisa menggunakan jasa tersebut satu hari sarat .

Sekedar isu suplemen, khusus bagi pelancong yg masih kesusahan dgn rute & transportasi menuju Danau Buyan maka bisa memakai bantuan & aba-aba peta atau Google Map.

Tapi ingat, perlu lebih cermat melihat peta alasannya banyak area yg timbul dgn nama Danau Buyan, mirip Kost Danau Buyan Benhil, Danau Buyan Bendungan Hilir, & yang lain. Kata kunci untuk mencari lokasi ini di peta yakni ‘Danau Buyan Bali’.

Penginapan Terdekat

Tidak jauh dr area wisata Danau Buyan, sesuai isyarat tripadvisor, ada beberapa hotel, villa, resort, & homestay yg cocok buat para hadirin daerah wisata tersebut, mirip:

  1. Dajan Buyan Homestay Bedugul

Jarak dgn Danau Buyan cuma 2,3 km. Akomodasi & Wi-Fi & tempat parkir pribadi gratis. Semua kamar memiliki TV & kamar mandi pribadi.

Dari kamar bisa menyaksikan panorama. Sandal & peralatan mandi gratis untuk kenyamanan pengunjung.

  1. Manah Liang Bungalow Seminyak

Jaraknya 4,2 km dr Danau Buyan. Kayu mendominasi arsitektur bangunan yg simpel. Menawarkan suasana rileks, menyediakan layanan pijat. Wi-Fi pula gratis.

  1. Villa Dua Bintang Singaraja

Danau Buyan jaraknya 6 km. Akomodasi & Wi-Fi gratis. Tempat parkir pribadi gratis. Tempat tidur, dingklik, kamar mandi tenteram. Ada layanan dry cleaning bagi hadirin.

Selanjutnya

Gitgit Waterfall, Air Terjun Indah di Buleleng Bali

Danau Tamblingan Buleleng Bali

Mau Melihat Lumba Lumba? Ke Pantai Lovina Bali Saja

Mau Melihat Lumba Lumba? Ke Pantai Lovina Bali Saja

Munduk Moding Plantation Nature Resort & Spa Bali

Coba Pengalaman Camping di Danau Buyan Bali