Saloka Theme Park, Tempat Rekreasi Terbesar di Jawa Tengah

Lokasi: Jln. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang Jawa Tengah 50773

Map: Klik Disini

Jam Buka: 10.00 – 18.00 (Weekdays) 10.00 – 20.00 (Weekend)

No Telp: (0298) 322266

Whatsapp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 120.000 (Weekdays), Rp. 150.000 (Weekend)

Parkir Motor: Rp. 2.000

Parkir Mobil: Rp. 5.000

Foto by instagram.com/eva_sovyana/

Perkembangan daerah wisata di Indonesia sepertinya tak pernah mati, ya? Hampir setiap tahun, ada lokasi wisata baru yg diresmikan oleh pemerintah lokal. Seperti misalnya beberapa bulan lalu, ada satu kawasan wisata gres di Jawa Tengah yg didirikan oleh Ganjar Pranowo berjulukan Saloka Theme Park.

Tempat wisata tersebut dijuluki sebagai kawasan wisata terbesar di Jawa Tengah. Luas keseluruhan tanah yg dibangun meraih 18 ha. Fasilitas serta wahana permainannya pula sungguh berbeda & lengkap. Enggak heran, Saloka Theme Park selalu ramai dikunjungi wisatawan dr permulaan buka sampai dgn kini.

Foto by instagram.com/novitakusumaaaa/

Walaupun liburan awal tahun 2023 sudah melalui, namun ananda mampu memasukkan saloka park kedalam wishlist kawasan wisata untuk dikunjungi pada liburan berikutnya.

Untuk bisa menikmati seluruh wahana serta kemudahan yg disediakan Saloka Park Semarang, ananda mesti membayar tiket masuk sebesar Rp120.000/orang (weekdays), serta Rp150.000/orang (weekend & tanggal merah).

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk ongkos parkir kalau ananda membawa kendaraan pribadi. Untuk kendaraan motor dikenai biaya parkir Rp2.000 & kendaraan beroda empat Rp5.000.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/second_cha/

Karena saloka park merupakan tempat rekreasi paling besar di Jawa Tengah, maka lokasinya pasti sungguh mudah dijumpai. Apalagi saloka park terletak di jalan utama jalur Solo-Semarang.

Selain itu, saloka park pula terbilang sangat strategis, yakni cuma berjarak 10 menit dr terminal bawen & exit tol, 15 menit dr exit tol salatiga, & 45 menit dr Bandar Udara Semarang (Ahmad Yani).

  5 Rental Mobil Pondok Kelapa Jakarta Timur Murah 350K

Untuk ananda yg menjinjing kendaraan pribadi dr arah semarang, ada 2 opsi untuk menuju ke saloka. Yakni lewat jalur tol atau jalur utama. Kemudian sehabis melalui exit tol bawen, pribadi saja arahkan kendaraan ananda ke kiri. Dari situ saloka theme park hanya berjarak 5km.

Foto by instagram.com/firsaoir/

Kemudian rute untuk kendaraan pribadi dr arah solo, bisa melalui antara jalur salatiga atau jalan lingkar. Dari situ, ananda cuma perlu berjalan lurus ke arah semarang. Saloka park ada di kiri jalan, tepatnya di jalan Fatmawati 154, Tuntang.

Selain kendaraan pribadi, akses menuju saloka park pula sungguh mudah dilewati oleh kendaraan biasa . Karena jalan fatmawati adalah jalur yg dilintasi oleh bus Solo-Semarang.

Wahana Permainan

Foto by instagram.com/adelina.dm/

Tempat rekreasi yg baru resmi opening tanggal 22 Juni 2019 kemudian, nyatanya menyediakan banyak sekali macam wahana permaian seru. Enggak cuma untuk anak-anak saja, tetapi ada aneka macam wahana extrem yg mampu dimainkan oleh orang-orang dewasa.

Bahkan saloka park membagi wahana permainannya kedalam 5 zona. Yakni Zona Pesisir, Zona Balalantar, Zona Kamayayi, Zona Ararya & terakhir Zona Segara Prada. Dimana masing-masing zona menunjukkan wahana permainan yg berbeda.

1. Zona Pesisir

Ini yaitu zona pertama yg akan ananda jumpai di saloka park. Begitu memasukinya, ananda akan merasa seperti berada di pantai sungguhan. Mulai dr dekorasi, interior hingga bentuk bangunan sungguh-sungguh dibentuk menyerupai seperti suasana pantai. Sangat unik ya?

Di zona pesisir ini ananda pula akan menemui beberapa wahana permainan seperti Taman Galileo, Lumbung Ilmu Galileo, Replika Kapal Jenju, sampai hiburan di arena Jejogedan. Namun tak cuma wahana permainan saja, ananda pula bisa berjelajah kuliner di beberapa café yg dipersiapkan.

Foto by instagram.com/dewi_dwm/

2. Zona Balalantar

Setelah puas bermain di zona pesisir atau pantai, ananda bisa lanjut memasuki zona balalantar. Dimana zona ini akan membawamu mirip pergi ke hutan belantara sungguhan. Dekorasi yg dibentuk serba hijau, bentuk bangunan dibikin mirip seperti rumah pohon atau jamur.

Layaknya berada di hutan belantara, jalanan di zona balalantar ini dipenuhi dgn tanaman & pohon hijau. Wahana permainan yg disediakan pula bertemakan hutan seperti Kumbang Layang, Jamur Apung, Angon Ingon, Safari Bocah, & Adu Nyali (Haunted House).

Foto by instagram.com/yuditriyas/

3. Zona Kamayayi

Nah, untuk zona satu ini dibentuk khusus untuk bawah umur. Semua dekorasi serta interior sengaja dibentuk untuk bermain & mencar ilmu. Bahkan wahana permainannya yg disediakan sungguh ramah untuk bawah umur.

Beberapa permainan yg paling rekomen di zona kamayayi adalah Komidi Kuda Laut, Semprat-semprot, Kupu-kupu, Teka-teko, Polah Bocah, Tata-titi & Polah Bocah. Selain wahana permainan, zona kamayayi pula menyediakan foodtruck & kedai es krim yg tentunya sangat digemari oleh anak-anak

4. Zona Ararya

Zona ini cocok untuk ananda yg bahagia melakukan hal-hal menantang, karena wahana permainan yg ditawarkan sangat memicu adrenaline. Biasanya yg betah berada di zona ini yakni para remaja & orang cukup umur.

Beberapa wahana paling ekstream di zona ini yaitu Bengak-bengok, senggal-senggol, obat-abit & paku bumi. Namun ada beberapa permainan santai yg bisa ananda coba sembari menikmati pemandangan di saloka park, yakni kolam bebek & rimba café.

5. Zona Segara Prada

Untuk ananda yg bahagia dgn wahana permainan air, wajib berkunjung ke zona segara prada. Karena hanya di zona ini, ananda bisa memperoleh semua permainan air yg sungguh seru. Selain iajak lembap-basahan, wahana permainan yg ada di zona ini akan sedikit mengakibatkan adrenaline ananda lho.

Nah, untuk mengenali rincian permainan di 5 zona tersebut, ananda mampu cek eksklusif di situs web saloka yakni di www.salokapark.com

Fasilitas

Foto by instagram.com/phorbhoayu/

Fasilitas di Saloka Theme Park sebanding dgn HTM yg ditetapkan. Yakni menyediakan 4 foodtruck yg tersebar di beberapa zona saloka park. Kemudian ada 3 kedai makanan serta 2 kedai es krim untuk melegakan dahaga hadirin saat letih bermain di 5 zona saloka park.

Toilet, mushola serta tempat duduk & kawasan sampah tersebar di beberapa titik saloka park. Bahkan ada bus yg disediakan untuk mengirimkan wisatawan dr tempat parkir menuju lokasi permainan dengan-cara gratis.

Dan kalau ananda serta keluarga berencana bermalam, tim saloka theme park pula bisa menganjurkan beberapa hotel berbintang yg lokasinya ada di sekitar saloka theme park.

Foto by instagram.com/arditewardha/

Tips Berkunjung

a. Jika lokasimu jauh dr Semarang, Jawa Tengah maka mampu berangkat lebih awal dr rumah biar jam bermain ananda mampu lebih lama di saloka fun park.

b. Bawalah busana ganti, utamanya jika ananda berniat mencoba permainan di Zona Segara Prada atau wahana permainan yg berafiliasi dgn air misalnya semprat-semprot.

Foto by instagram.com/haykalkamil/

c. Datang ketika cuaca cerah sebab saloka fun park merupakan tempat rekreasi bertemakan outdoor. Apabila terpaksa datang ketika isu terkini penghujan, bawalah jas hujan supaya ananda tetap mampu puas bermain.

d. Siapkan kamera atau hp dgn baterai full semoga mampu puas foto serta upload pengalaman seru ananda di instagram. Karena di saloka park, ananda akan menemukan banyak sekali spot foto instagramable.

Selanjutnya

Terbaik! Itulah Satu Kata Untuk Kolam Renang Bukit Lerep Indah

Terbaik! Itulah Satu Kata Untuk Kolam Renang Bukit Lerep Indah

Mang Engking Ungaran, Hidangan Seafood-Nya Ancaman Banget

Mang Engking Ungaran, Hidangan Seafood-Nya Ancaman Banget

Biaya hidup di semarang untuk mahasiswa sebagai pekerja 2021 murah atau mahal kota bagi kehidupan keluarga per bulan

10 Daftar Biaya Hidup di Daerah Semarang Per-Bulan, Mahal Atau Murah Untuk Mahasiswa?

Stadion Jatidiri Akan Lebih Megah dr Jakabaring

Ini ia 10 Tempat Wisata Kece di Bandungan Semarang

10 Referensi Cafe Baru Daerah Semarang Yang Asik Buat Nongkrong Ini Wajib Untuk Kalian Kunjungi!