6+ Contoh Surat Izin Mengadakan Acara & Cara Membuatnya

Contoh Surat Izin Mengadakan Acara – Agar acara yg iadakan dapat terlaksana dgn baik, pihak yg menyelenggarakan program tersebut wajib mempunyai izin. Lantas mirip apa acuan surat izin menyelenggarakan acara yg baik & benar? Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut.

Tanpa surat penting mirip ini, dikhawatirkan acara tersebut jadi dinilai mengusik kenyaman public & mampu dibubarkan. Apalagi jika acara tersebut banyak didatangi atau mengundang publik, disarankan membuat surat izin ke pihak Kepolisian setempat.

Bahkan program yg dilaksanakan di lingkungan pula memerlukan surat izin program. Dalam salah satu contoh surat izin menyelenggarakan acara dlm postingan ini, program lingkungan bahkan mesti meminta izin dr RT setempat.


Unsur yg Harus Ada Dalam Surat Izin

Sebagai surat resmi, ada unsur-unsur yg harus dipatuhi dlm menjadikannya. Dalam teladan surat izin menyelenggarakan program yg dibuat ini, meskipun tujuan & permohonannya berlawanan, unsur penting dlm surat tetap dibarengi. Untuk itu, berikut unsur yg harus ada di dlm surat izin, yakni:

1. Kepala Surat

Jika yg menyelenggarakan program ialah instansi atau organisasi, maka lazimnya direkomendasikan untuk memakai kop surat resmi.

Sehingga tampaklogo, nama, alamat, & nomor kontak organisasi tersebut. Namun jikalau program dilakukan oleh perorangan, maka surat izin bisa menggunakan kertas polos biasa tanpa kop surat.

2. Data Surat

Pada pecahan ini isinya yakni nama daerah & tanggal surat dibentuk. Misalnya, Jakarta, 5 November 2021. Kemudian dibarengi dgn nomor surat, perihal, & lampiran surat bila ada.

Nomor surat, lazimnya dicantumkan bila pemohonnya ialah organisasi atau institusi. Namun tak perlu untuk perorangan.

Perihal ialah argumentasi kenapa surat izin tersebut dibentuk. Misalnya: Acara Bakti Sosial, Acara Resepsi Pernikahan, & sejenisnya. Sedangkan lampiran adalah jumlah berkas yg mendukung surat izin. Misalnya ajakan program atau sejenisnya.

3. Tujuan Surat & Salam Pembuka

Bagian ini adalah tujuan surat izin dibentuk. Misalnya Ketua RT atau Pihak Kepolisian Sektor (Polsek). Tergantung dimana program dilaksanakan, & luasnya wilayah yg terdampak dgn acara tersebut.

Salam pembuka yaitu sapaan sopan untuk memulai pembicaraan mengenai isi suratnya. Misalnya: Dengan hormat atau Salam hormat, & sejenisnya.

4. Isi Surat

Bagian ini adalah inti dr surat yg berisi detail wacana program yg akan iadakan. Isinya berbentukjenis kesibukan, kapan akan dilaksanakan, & di mana tempat pelaksanaannya. Bisa pula menyertakan susunan program singkat semoga mampu diketahui rincian acara tersebut.

  20+ Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Menjadikannya

5. Penutup

Bagian simpulan surat ini diisi dgn salam penutup & dilengkapi dgn tanda tangan & nama terperinci. Jika pengirimnya yakni organisasi atau instansi, harus dilengkapi dgn stempel resmi. Orang yg menandatangani surat izin, lazimnya yakni ketua penyelenggaranya.

6. Lampiran

Karena surat permohonannya senantiasa singkat & padat, untuk menjelaskan ihwal program tersebut, sering kali akan disertakan lampiran penjelas. Bentuknya mampu berbentuksurat undangan program, ajuan, iklan pelaksanaan acara tersebut, & sejenisnya.

Dengan begitu, pihak yg dimintakan izin bisa memahami tujuan iadakannya program tersebut & seberapa besarnya dampak akhir pelaksanaan program tersebut. Sehingga bisa memikirkan duduk perkara keamanan & gangguan.


Contoh Surat Izin untuk menyelenggarakan Acara

Perlu dimengerti bahwa dlm pembuatan surat izin di beberapa program memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa pola berikut ini:

1. Contoh Surat Izin Acara Bakti Sosial

Pada acuan surat izin mengadakan acara Bakti Sosial ini, program tersebut iadakan oleh perorangan. Namun pada pelaksanaannya akan melibatkan pihak lingkungan, jadi akan ada banyak orang yg terlibat serta akan mengkonsumsi waktu yg cukup panjang.

Walaupun dilaksanakan di lingkungan, surat permohonan izin harus disampaikan paling tak satu minggu sebelum acara iadakan. Agar saat melakukan antisipasi, pihak lingkungan bisa menolong.

Contoh Surat Izin Acara Bakti Sosial
Box content

————————–

Bogor, 1 November 2021.

 

Perihal : Permohonan Izin Acara Bakti Sosial Kesehatan

Lampiran : 1 (satu) lembar.

 

Kepada Yth:

Ketua RT 001/002 Ciapus

Kabupaten Bogor

 

Salam hormat,

Dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-1 Organisasi Sayang Anak, maka kami berencana untuk melaksanakan program Bakti Sosial Kesehatan. Dalam program ini kami ingin menyelenggarakan:

  • Pemeriksaan darah gratis untuk kolesterol & gula darah untuk 50 orang cukup umur.
  • Penimbangan anak & balita.
  • Pemberian paket sembako untuk 50 keluarga.

Acara ini akan dilaksanakan hari Sabtu, tanggal 7 November 2021 di Lapangan Bola Lingkungan RT 001 dgn bekerja sama dgn para cowok lingkungan RT 001 & Mantri Puskesmas Ciapus. Kegiatan akan dimulai pada jam 07.00 hingga jam 13.00.

Kami memohon izin pelaksanaan program & berharap biar aktivitas ini dapat berjalan tanpa hambatan serta berguna untuk lingkungan sekitar. Terima kasih kami haturkan atas sumbangan yg diberikan.

Ketua Pelaksana Acara

 

Pangestu

Baca Juga: Contoh Surat Izin Cuti Kerja

—————-

2. Contoh Surat Permohonan ke Kepolisian Sektor (Polsek)

Pada pola surat izin menyelenggarakan acara kali ini, acaranya tak berpusat di satu kawasan. Karena acaranya ialah Jalan Sehat dgn rute tertentu. Karena itu panitia penyelenggara mesti meminta izin pihak Polsek untuk pengamanannya.

Surat ini mesti disampaikan ke Polsek paling lambat satu ahad sebelum program dilaksanakan. Tidak bisa secara tiba-tiba. Dengan begitu pihak Polsek mampu menolong pengamanan saat program dilaksanakan.

Contoh Surat Permohonan ke Kepolisian Sektor (Polsek)
Box content

————————–

KOP SURAT ORGANISASI

 

Bogor, 1 November 2021.

 

Nomor : 005/11/2021.

Perihal : Permohonan Izin Acara Jalan Sehat

Lampiran : Proposal Acara

 

Kepada Yth:

Kapolres Kabupaten Bogor

Di kawasan

 

Dengan hormat,

Untuk merayakan hari ulang tahun ke-1 Organisasi Peduli Kesehatan, maka kami berencana untuk melaksanakan program Jalan Sehat yg mampu disertai oleh masyarakat lokal.

Jadwal pelaksanaan acara Jalan Sehat ini adalah:

  • Tanggal : Sabtu, 14 September 2021.
  • Waktu : 07.30 – selesai.
  • Rute : Lapangan Puskesmas Tamansari – Lapangan Sakura Ciapus.

Kami berencana untuk mengajukan permohonan izin kegiatan Jalan Sehat tersebut & berharap agar kesibukan ini mampu berjalan lancar serta bermanfaat pula untuk penduduk sekitar.

Kami berharap supaya aktivitas ini mampu mendapatkan izin & memohonkan koordinasi untuk kelancaran program ini.

Ketua Organisasi

 

Pangestu

Baca Juga: Contoh Surat Izin Kepemilikan Senjata Api

————-

3. Contoh Surat Izin ke Pihak Kelurahan

Seperti pada teladan surat izin menyelenggarakan program di bawah ini, program dilaksana dgn tingkatan yg lebih luas. Yaitu melibatkan beberapa RT sekaligus, sehingga mesti meminta izin pada Kelurahan setempat.

Surat ini pula harus disampaikan paling lambat satu minggu sebelum acara dilaksanakan. Agar bisa dibantu koordinasi antar lingkungan RT.

Contoh Surat Izin ke Pihak Kelurahan
Box content

———————–

Bogor, 1 November 2021.

 

Perihal : Permohonan Izin Acara Lomba Futsal

Lampiran : Proposal Acara

 

Kepada Yth:

Kepala Kelurahan Tamansari – Ciapus

Di kawasan

 

Salam hormat,

Untuk menjalin silaturahmi antar RT di lingkungan Kelurahan Tamansari, maka kami selaku para pelopor Karang Taruna akan mengadakan acara kontes futsal antar RT. Rencana pelaksanaannya adalah:

  • Hari/Tanggal : Sabtu, 14 Juli 2021.
  • Waktu : 08.00 – selesai.
  • Lokasi lomba : Lapangan bola RT 001 Sirmagalih

Kami berniat untuk mengajukan permohonan izin & persetujuan untuk acara lomba futsal tersebut. Juga berharap biar kesibukan ini berlangsung tanpa kendala serta dapat mengikat erat silaturahmi & persahabatan masyarakat antar RT.

Sekian permohonan ini kami ejekan demi terlaksananya program kami dgn aman & tertib.

Panitia Pelaksana

 

Pangestu

Baca Juga: Contoh Surat Izin Keluar Masuk

———-

4. Contoh Surat Izin Mengundang Keramaian

Saat ingin mengadakan program yg akan mengundang keramaian & orang banyak, izin kegiatan harus dimintakan dr pihak Kepolisian terdekat.

Berikut adalah acuan surat izin menyelenggarakan program pengajian dlm rangka syukuran atas berdirinya Masjid yg dibangun dgn swadaya masyarakat.

Contoh Surat Izin Mengundang Keramaian
Box content

——————–

KOP SURAT PENGURUS MASJJID

Bogor, 1 November 2021.

 

Nomor : 001/AI/11/2021.

Perihal : Permohonan Izin Acara Pengajian & Syukuran

Lampiran : Proposal Acara

 

Kepada Yth:

Kapolres Kabupaten Bogor

Di tempat

 

Salam hormat,

Dalam rangka Syukuran atas berdirinya Masjid Al-Ikhlas di Sirnagalih, maka kami para pengelola Masjid Al-Ikhlas berencana akan mengadakan Pengajian yg terbuka untuk lazim. Syukuran & pengajian ini akan dijalankan pada:

  • Hari/Tanggal : Sabtu, 7 November 2021.
  • Jam : 18.30 – selesai.
  • Tempat : Masjid Al-Ikhlas – Sirnagalih
  • Penceramah : Uztad Dwi Permana

Kami berencana untuk mengajukan permohonan izin untuk acara pengajian & selamatan ini & menginginkan agar acara dapat terealisasi dgn khidmat tanpa hambatan serta bermanfaat pula untuk seluruh jamaah yg hadir.

Dengan mengucapkan terima kasih kami berharap untuk menerima izin & pertolongan kerjasama yg diberikan pada kami.

Ketua Pengurus Masjid Al-Ikhlas

 

Pangestu

————–

5. Contoh Permohonan Kegiatan Pribadi ke Pihak RT

Dalam acuan surat izin menyelenggarakan acara berikut ini ialah program pribadi yg dijalankan di rumah. Namun karena mengundang orang lain, maka mesti meminta izin dr pihak RT.

Karena dlm pelaksanaannya mampu mengganggu warga lain & mesti melibatkan pengaturan kendaraan & parkir. Sehingga membutuhkan koordinasi & pemberian dr satuan keamanan lingkungan.

Contoh Permohonan Kegiatan Pribadi ke Pihak RT
Box content

————————

Bogor, 1 November 2021.

 

Perihal : Permohonan Izin Acara Resepsi Pertunangan

Lampiran : Undangan

 

Kepada Yth:

Ketua RT 001/002 Ciapus

Kabupaten Bogor

 

Salam hormat,

Bersama surat ini kami ingin memohon izin dr pihak RT & lingkungan RT 001/002 untuk menyelenggarakan program resepsi sederhana untuk pertunangan anak kami Dani & Vina.

Sesuai dgn usul yg kami lampirkan, acara ini akan dijalankan pada:

  • Tanggal : Sabtu, 8 Agustus 2021.
  • Jam : 11.00 – selesai.
  • Lokasi : Jl. Kemuning No. 12, RT 001/002

Kami memohon izin pelaksanaan program tersebut & berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar hingga selesai.

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan & dukungan dr seluruh pihak.

Indra & keluarga.

———————-

6. Contoh Surat Izin Keramaian Khusus ke Kecamatan

Terkadang acara yg dilaksanakan tak selesai dlm satu hari saja, melainkan mengambil waktu yg lebih panjang. Karena hanya dilaksanakan pada akhir minggu, contohnya kesibukan olahraga antar pemuda satu kecamatan.

Dalam acuan surat izin menyelenggarakan acara berikut program ini melibatkan banyak pihak & memiliki peluang menjadi ramai alasannya kemungkinan menarik perhatian masyarakat sekitar.

Contoh Surat Izin Keramaian Khusus ke Kecamatan
Box content

—————-

PANITIA TURNAMEN BOLA VOLI

ANTAR GRUP RT DI KECAMATAN TAMANSARI

Sekretariat: Jl. Kemuning I no. 12, RT 001/002

Andika – 081133448899

Bogor, 25 Juli 2021.

 

Perihal : Permohonan Izin Acara

Lampiran : Proposal Acara

 

Kepada Yth:

Camat Wilayah Tamansari – Ciapus

Di daerah

 

Salam hormat,

Dalam rangka memeriahkan acara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai pengelola Gerakan Pemuda Desa Sirnagalih berencana untuk menyelenggarakan turnamen bola voli seluruh grup RT di Kecamatan Tamansari.

Para pesertanya berasal dr seluruh RT yg diwakili oleh masing-masing grup yg terdiri dr dua tim putra/putri. Turnamen akan dilaksanakan setiap simpulan pekan agar tak mengganggu aktivitas harian para penerima.

  • Hari/Tanggal : Sabtu, 1 Agustus – 16 Agustus 2021
  • Jam : 08.00 – selesai.
  • Tempat : Lapangan bola RT 001 Sirnagalih

Kami berniat untuk mengajukan permohonan izin untuk acara tersebut, mengingat akan dilaksanakan selama beberapa minggu ke depan. Juga memohon koordinasi supaya program ini dapat berlangsung tanpa kendala.

Atas izin & koordinasi yg diberikan kami menghaturkan banyak terima kasih.

Panitia Turnamen

 

Andika

——————

Dalam pola surat izin mengadakan program sudah terlihat bahwa isinya senantiasa singkat & padat. Karena memang tak diperlukan klarifikasi panjang lebar mengenai program yg akan dilaksanakan.

Karena itu biasanya memang dilampirkan keterangan aksesori, contohnya: ajuan acara, surat permintaan, selebaran iklan program tersebut, & sejenisnya. Sifatnya untuk menunjukkan keterangan tambahan bahwa program tersebut legal & tak menyalahi aturan aturan.

teladan surat izin mengadakan program