4+ Contoh Surat untuk Teman & Cara Membuatnya

Contoh Surat untuk Teman – Surat yaitu kalangan alat komunikasi klasik yg dahulu sering dimanfaatkan untuk saling memberi kabar pada sobat.

Namun kalau ingin mengembalikan kesan lama, maka mengirim surat pada teman akan terasa menggembirakan. Sebagai referensi, pada artikel ini akan diberikan contoh surat untuk teman dgn beberapa tipe.

Bukan cuma satu pola saja, pada uraian ini akan diberikan beberapa golongan pola yg pas untuk dimanfaatkan. Penasaran apa saja teladan surat yg bisa dimanfaatkan? Untuk mengetahuinya, simak uraian berikut ini:


Kumpulan Contoh Surat untuk Teman Lama

Bagi yg mempunyai sahabat usang, maka mengirim surat akan menjadi media unik yg mampu mengembalikan semua ingatan yg pernah dijalankan. Biasanya, contoh surat untuk teman usang akan memperlihatkan kesan yg mendalam dgn berbagai dongeng seru.

Jika ingin mengantarsurat pada sobat usang namun resah bagaimana kombinasinya, maka bisa menyaksikan beberapa teladan berikut ini. Semua contohnya tergolong unik & baru. Untuk lebih jelasnya, simak penjabaran berikut ini:

1. Surat untuk Teman Lama yg Akan Dikunjungi

Surat Untuk Teman Lama Yang Akan Dikunjungi

Jika mempunyai teman masa kecil yg ingin dikunjungi, maka akan lebih baik jikalau mengirim surat apalagi dahulu. Selain untuk mengenang masa kecil, aspek ini pula mampu dijadikan media pemberitahuan sebelumnya. Simak variasi surat ini untuk mengetahuinya:

Surat untuk Teman Lama yg Akan Dikunjungi

Surabaya, 21 Juli 2022

Untuk teman dekat kecilku,

Rina Susanti

Di Malang

 

Halo, Rina.

Bagaimana kabarmu? Kalau kabarku baik-baik saja. Kalau saja ananda lupa, gue Sita dr Surabaya. Dulu kita sering bermain selama gue tinggal di rumah nenek di Malang.

  7+ Contoh Surat untuk Pacar & Cara Membuatnya

Tidak terasa ya waktu berjalan cepat & kita sudah menginjak usia 19 tahun. Selama 12 tahun ini kita sudah tak saling berkabar. Meski demikian, gue sangat ingat bagaimana kita menghabiskan waktu setiap harinya.

Kebetulan bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 gue akan ke rumah nenek untuk berlibur selama satu bulan. Aku pula akan merayakan hari kemerdekaan di sana. Surat ini gue kirim karena gue ingin menghubungimu dahulu sebelum gue ke sana.

Pastinya gue akan berkunjung ke rumahmu. Dengan adanya surat ini, gue harap ananda bisa meluangkan waktumu di bulan depan. Aku sangat ingin jalan-jalan berdua dgnmu sambil mengenang kenangan lama.

Mungkin gue hanya bisa mengantarini dahulu, Rin. Aku harap balasanmu segera, ya. Entah ananda mampu atau tak, gampang-mudahan ananda tetap membalas suratku ini. Sampai jumpa bulan depan.

Sahabatmu,

 

Sita Sintia

Baca Juga: Contoh Surat Untuk Orang Tua

2. Contoh Surat pada Teman Lama untuk Berpamitan

Contoh Surat Pada Teman Lama Untuk Berpamitan

Selain untuk saling berkunjung, surat pula mampu dikirim pada teman kalau ingin berpamitan sebelum kembali ke kota asal. Apabila ingin mempergunakan surat seperti ini, pastikan beri kesan mendalam pada surat yg dibentuk. Berikut contohnya:

Contoh Surat pada Teman Lama untuk Berpamitan

Malang, 24 Agustus 2022

Untuk sahabat terbaikku,

Rina Susanti

Di Malang

 

Hi, Rina.

Mungkin ananda akan terkejut mendapat surat drku ini. Sebelumnya gue sangat berterima kasih padamu karena ananda sudah menyisihkan banyak waktu untukku selama gue di Malang.

Kita jalan-jalan, makan bareng , pergi ke daerah rekreasi, bahkan berbelanja bersama. Aku pula sedang selama beberapa ahad ini ananda sudah memperkenalkan aneka macam hal baru padaku.

Sepertinya gue sudah terbiasa makan kupang yg sebelumnya tak pernah mau gue coba. Hal ini berkatmu yg selalu memintaku untuk mencobanya.

  3+ Contoh Surat untuk Sahabat Pena dalam Bahasa Inggris

Ya meskipun ananda sedikit memaksa, tetapi gue tetap senang karena ananda sungguh seru & menggembirakan. Kenangan itu tak pernah gue lupakan.

Tujuan dr suratku ini bekerjsama yaitu untuk berpamitan. Jadwal kepulanganku yg harusnya tanggal 1 September harus dimajukan menjadi besok tanggal 25 Agustus.

Perjalanan kita ke mall kemarin akan menjadi konferensi terakhir kita. Maaf ya Rin gue belum bisa berpamitan eksklusif padamu sebab kepulanganku sangat secara tiba-tiba.

Ayahku ada pekerjaan mendadak & gue harus ikut pulang. Semoga kita mampu bertemu di waktu yang lain. Semoga ananda sehat senantiasa.

Oh ya, jangan lupakan pula kenangan kita.

Sahabatmu,

 

Sita Sintia

Baca Juga: Contoh Surat Untuk Ibu


Kumpulan Contoh Surat untuk Teman dgn Tujuan Khusus

Selain untuk sahabat lama, ada pula acuan surat untuk sobat dgn tujuan khusus. Biasanya, surat seperti ini tak akan memiliki struktur yg terlalu panjang & pribadi konsentrasi pada tujuannya.

Meski demikian, struktur variasi suratnya bisa diubahsuaikan sendiri. Golongan surat yg mirip ini tergolong kalangan surat yg sungguh penting untuk diantarkan segera.

Karena ada tujuan-tujuan khusus di dlmnya, maka akan sungguh pas untuk dibuat dgn baik. Untuk misalnya sendiri, simak daftar berikut ini:

1. Contoh Surat pada Teman Tentang Pemberitahuan Les

Contoh Surat Pada Teman Tentang Pemberitahuan Les

Contoh surat untuk sahabat pertama yg akan diberikan yaitu perihal pemberitahuan les. Tujuan pengiriman pada surat ini hanyalah sebuah teladan saja. Jika memiliki tujuan lain, maka mampu dikombinasikan sendiri.

Jika ingin membuat surat seperti ini, maka konsentrasi utamanya langsung pada pemberitahuan les atau tujuan lainnya. Karena sangat konsentrasi pada tujuan, maka tak dibutuhkan kata-kata panjang & penuh ingatan. Berikut contohnya:

Contoh Surat pada Teman Tentang Pemberitahuan Les

Semarang, 14 Juli 2022

Untuk Lia

Di tempat

 

Halo, Lia

  7+ Contoh Surat Untuk Orang Tua & Cara Membuatnya

Bagaimana liburan sekolahmu? Aku harap ananda mampu menghabiskan waktu piknik dgn menyenangkan. Aku pula sudah menghabiskan waktu liburanku dgn sangat seru & menyenangkan di rumah pamanku.

Aku khusus mengantarsurat ini padamu untuk menginformasikan jadwal les. Lima hari lagi yakni jadwal kita untuk mulai les bareng . Namun tadi gue dikabari oleh Bu Nia bahwa ia masih ada di Ambon.

Makara, jadwal les kita diundur menjadi 10 hari lagi. Aku sengaja memberitahumu kini agar ananda berlibur lebih usang dgn nenekmu. Makara ananda tak perlu tergesa-gesa pulang, ya.

Itu saja yg bisa gue sampaikan. Semoga sisa liburanmu semakin mengasyikkan. Jangan lupa balas suratku, ya.

Temanmu,

 

Rita

Baca Juga: Contoh Surat Untuk Bupati

2. Contoh Surat untuk Mengundang Teman

VContoh Surat Untuk Mengundang Teman

Surat untuk tujuan khusus yang lain yaitu untuk memanggil dlm suatu acara. Contoh surat seperti ini pula mampu disesuaikan dgn tujuan masing-masing. Penasaran mirip apa misalnya? Untuk penjelasan lengkapnya simak uraian berikut ini:

Contoh Surat untuk Mengundang Teman

Bandung, 25 Juli 2022

Untuk Laila

Di Solo

 

Halo, Laila

Aku masih ingat suratmu beberapa bulan lalu yg menanyakan perihal skripsi & wisuda. Alhamdulillah gue kini mampu menawarkan kabar baik untukmu. Bulan kemudian gue sudah sidang skripsi & bulan depan gue akan wisuda.

Aku sangat bahagia sebab prosesnya mampu gue tuntaskan dgn baik walaupun banyak hambatan di pertengahan. Aku sungguh percaya keberhasilanku pula alasannya adalah doamu.

Sehubungan dgn acara wisudaku, gue berencana mengundangmu untuk datang ke Bandung menghadiri program wisudaku.

Setelah acara wisuda selesai, keesokan harinya akan ada syukuran di rumahku. Aku berharap besar ananda pula bisa ikut hingga acaranya selesai. Kalau ananda memiliki banyak waktu, ananda pula mampu lebih usang di rumahku.

Mungkin ini saja yg bisa gue beritahukan padamu. Segera balas suratku, ya.

Dari temanmu,

 

Intan

Itulah beberapa teladan surat untuk teman dgn aneka macam tujuan yg bisa dimanfaatkan.

Semua contoh di atas mampu pribadi dimanfaatkan sesuai dgn keperluan. Namun jika ingin yg lebih variatif, maka tambahkan pula beberapa kombinasi atau dongeng lain dlm suratnya.

Contoh Surat untuk Teman