Alat Musik Harpa : Contoh, Gambar, Fungsi & Jenisnya

Alat Musik Harpa – Alat musik harpa merupakan alat musik yg sumber bunyinya berasal dr senar, dimana senar tersebut mesti dipetik terlebih dahulu untuk mengeluarkan bunyi.

Alat musik ini pula ibarat dgn alat musik tradisional yg berasal dr tanah Sunda, yakni musik kecapi. Lantas apa sih bergotong-royong yg dimaksud dgn alat musik harpa? Maka dr itu, untuk lebih jelasnya yuk, simak klarifikasi di bawah ini!


Sejarah & Perkembangan Alat Musik Harpa

Gambar Sejarah Dan Perkembangan Alat Musik Harpa
Gambar Sejarah & Perkembangan Alat Musik Harpa
@https://www.alatmusik.id

Alat musik harpa merupakan alat musik yg sudah ada semenjak zaman Mesir kuno atau semenjak sekitar 5000 tahun yg lalu. Hal tersebut sudah dibuktikan dgn ditemukannya gambar orang Mesir antik yg sedang memegang Harpa pada dinding makam yg berada di bersahabat sungai Nil.

Karena itulah, para ilmuwan menyatakan bahwa gambar tersebut telah diperkirakan sudah ada pada semenjak 3000 SM. Musik harpa merupakan sebuah alat musik yg menyimbolkan wacana ilahi atau malaikat bersayap yg memainkan alat musik ini.

Dimana apabila kalian berkunjung ke museum antik atau bangunan yg memiliki arsitektur Eropa klasik, maka tidak heran apabila kalian banyak memperoleh suatu lukisan atau gambar malaikat yg sedang memegang musik harpa.

Tapi apa sih bahwasanya hubungan antara musik harpa & malaikat? Ternyata hal ini bekerjasama dgn bunyi yg dihasilkan oleh harpa, sebab musik harpa bisa menciptakan bunyi yg indah hal itu lantas menggambarkan bahwa malaikat pula mempunyai bunyi yg indah.

Musik Harpa di Era Ancient Egypt (2500 SM)

Musik harpa pertama kali ditemukan di daerah Mesir Kuno, tepatnya pada sekitar 3000 SM. Dimana pada dikala permulaan ditemukannya, harpa memiliki bentuk mirip busur yg bersudut & mempunyai sedikit senar, hal ini dikarenakan alat musik ini dulunya tak mempunyai kolom, sehingga senar yg ada pada harpa berjumlah sangat sedikit.

Irlandia Harpa (800 M)

Selanjutnya musik harpa sudah mengalami masa perkembangan pada saat didapatkan di daerah Eropa Barat, tepatnya pada pertengahan abad ke-8 hingga pada masa ke-10 Masehi. Sehingga alat musik ini pula sudah memiliki kerangka yg lebih modern, yakni dgn 10 sampai 11 senar

  9+ Alat Musik Tradisional Bangka Belitung : Gambar Penjelasan

Harpa yg ditemukan di wilayah Irlandia ini mempunyai kotak suara berlubang, alasannya adalah hal itulah suara dr instrumen ini terbilang cukup besar lengan berkuasa.

Hal tersebut tentunya pula termasuk ke dlm modifikasi pada tiang depan yg melengkung & pula leher yg lebih besar lengan berkuasa serta memakai 39 sampai 36 senar kuningan.

Baca Juga: Alat Musik Idiophone

Harpa iatonik (1800 M)

Tetapi, yg perlu dimengerti bahwa ada perbedaan antara harpa yg berasal dr Benua Eropa & dr Irlandia. Dimana apabila iamati lebih teliti lagi.

Harpa Irlandia mempunyai tukang depan yg lebih tipis & pula tak terlalu melengkung, kemudian harpa pula memiliki leher yg lebih ramping & melengkung ke atas untuk memenuhi ujung tiangnya.

Sedangkan untuk harp iatonik atau yg disebut dgn harga Renaisans, pada umumnya cuma mempunyai senar dgn jumlah sebanyak 24 & kemudian dipasang pada papan suara dgn brays (pasak kayu). 

Dimana seiring dgn pertumbuhan zaman pada tamat masa ke-17 harpa mempunyai badan yg kuat & pilar dgn yg lebih lurus.

Triple Strung Harp (1700 M)

Triple strung harpa merupakan jenis harpa yg ditemukan di daerah Italia, tepatnya pada selesai abad ke-16 atau pada permulaan periode ke-17 dgn nama harpa rangkap tiga.

Dimana pada penemuan ini, harpa memiliki kecapi dgn untaian ganda kemudian dilengkapi dgn dua buah senar yg disetel dengan-cara strategis, hal ini bertujuan agar pada saat harpa dimainkan dgn dua tangan maka pemainnya bisa lebih nyaman.

Adapun cara memainkan senar pada harpa rangkaian tiga ini ialah dgn cara melewatkan satu hari iantara dua senar.

Pemain harus bisa mencapai nada kromatik gang sesuaikan dgn baris senar yg lainnya. Harpa pada rangkai tiga ini memiliki tiga baris senar, dua baris terkuat akan iatur ke skala iatonik yg kemudian pada baris dlm iatur ke semi nada kromatik pada baris terluar.

Hal tersebut pastinya dilakukan biar nada yg dihasilkan dapat diulang lebih cepat & pula lebih gampang dimainkan apabila nada dipakai untuk memajukan resonansi suatu instrumen musik.

Double Action Pedal Harp (1810 M)

Tepat pada tahun 1810 M, double action harp atau harpa dgn pedal ganda telah dipatenkan. Dimana pada mulanya pedal yg berjumlah 7 ini dipatenkan menjadi dua, karena hal itulah kenapa harpa ini disebut dgn pedal ganda.

Pada setiap pedal yg ditekan pertama kali, maka dengan-cara tak eksklusif disk yg ada pada potongan atas akan berputar sebagian & pula akan menahan senar.

Hal inilah yg bisa mempertajam seminada, sedangkan untuk disk pada pecahan bawah akan berputar sebagian tanpa perlu untuk menjamah senar.


Pengertian Alat Musik Harpa

Gambar Pengertian Alat Musik Harpa
Gambar Pengertian Alat Musik Harpa
@https://shopee.com

Alat musik harpa merupakan salah satu jenis alat musik yg bisa menciptakan suara pada saat kepingan senarnya dipetik seperti pada alat musik gitar & pula kecapi. Dimana dlm bahasa Inggris harpa ini disebut dgn harp.

  5+ Alat Musik Piano : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya

Seperti pada klarifikasi iatas, bahwa harpa merupakan sebuah alat musik yg disimbolkan serempak dgn kata dewa atau malaikat bersayap.

Dimana harpa memiliki ukuran sekitar 0,5 hingga 1 meter. Instrumen ini kebanyakan memiliki bentuk dasar segitiga & mempunyai senar yg berwarna kuning keemasan.

Musik harpa ini pula bisa digunakan dengan-cara bersama-sama dgn musik atau orkestra simfoni. Bahkan pula bisa digabungkan dgn memakai suara yang lain, seperti contohnya piano, harmonika, biola, saxophone & masih banyak lagi jenis alat musik yg yang lain.

Harpa pula bisa dimainkan dengan-cara individu atau solo dgn memakai kaki atau tangan. Dimana alat musik ini memiliki tiga cuilan utama yg mempunyai ukuran, jenis berat & pula bentuk yg sungguh beragam.

Diantaranya adalah suatu papan bunyi, senar & pula leher. Dimana musik harpa ini pula merupakan suatu instrumen yg konon katanya sudah renta & sudah dipakai sejak pada zaman dahulu, yakni pada zaman Mesir Kuno.

Harpa elektrik atau harpa terbaru merupakan sebuah instrumen yg terbaru & pula sudah lebih banyak dipakai di golongan para pemusik dikala ini.

Dimana kebanyakan harpa terbaru memiliki bentuk triangular dgn 22 hingga 47 batang senar & memiliki ukuran dua kaki atau sekitar 60 cm sampai enam kaki atau sekitar 180 cm.

Alat musik harpa dimainkan dgn cara dipetik pada penggalan senar atau dawainya yg terhampar. Dimana harpa ini memiliki ukuran kecil & bisa dimainkan dgn cara memakai selendang seperti dgn gitar, sedangkan untuk harga yg mempunyai ukuran besar bisa dimainkan dgn cara diletakkan di lantai.


Cara Memainkan Alat Musik Harpa Bagi Pemula

Gambar Cara Memainkan Alat Musik Harpa Bagi Pemula
Gambar Cara Memainkan Alat Musik Harpa Bagi Pemula
@encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Memainkan musik harpa pula tak bisa dengan-cara asal pilih, melainkan ada beberapa langkah-langkah sederhana yg mesti diperhatikan untuk mencar ilmu memakai alat musik ini. Lalu apa saja sih tindakan memainkan alat musik harpa bagi para pemula? Yuk simak klarifikasi di bawah ini!

Ketahui Perbedaan Jenis Alat Musik Harpa

Hal pertama yg harus diperhatikan ialah mengetahui tentang perbedaan dr jenis alat musik harpa. Dimana terdapat dua jenis dasar harpa yakni dgn kecapi tuas & pula dgn kecapi pedal.

1. Jenis Harpa Paling Umum

Harpa Celtic merupakan jenis harpa yg wajib dikenali. Dimana harpa jenis ini sudah sering diputar atau dimainkan dlm banyak sekali pertunjukan, baik itu konser film atau televisi, sehingga bagi kalian yg ingin memainkan atau ingin hebat dlm memainkan lagu klasik, jazz atau pop maka harpa jenis inilah yg cocok untuk digunakan.

  15+ Alat Musik Tanjidor : Contoh, Gambar, Fungsi & Jenisnya

Baca Juga: Alat Musik Kalimba

2. Jenis Harpa Pedal

Harpa pedal merupakan jenis harpa yg jauh lebih komplek & sulit untuk dimainkan dibandingkan dgn jenis harpa celtic. Dimana harpa jenis pedal ini mesti membutuhkan perubahan kunci dengan-cara cepat.

Biasanya harpa pedal akan dimainkan dlm banyak sekali perbaikan seperti orkestra & pula harpa ini populer dgn harganya yg condong lebih mahal.

Dimana apabila kalian ingin bermain pada suatu pagelaran mirip orkestra, maka mulailah latihan dgn harpa tuas & dilanjutkan dgn berguru harpa pedal apabila kalian sudah menerima kenyamanan dlm bermain musik harpa.

Memahami Tuas Harpa

Apabila kalian sudah mengetahui aneka macam jenis harpa yg cocok untuk dipelajari, maka langkah berikutnya adalah dgn mencari tahu bagaimana sih cara mempelajari tuas dr harpa. Untuk pemula sendiri ananda bisa menaikkan nada atau menurunkan titik pada yg ada pada setiap senar.

Dimana melalui cara inilah ananda bisa menyetel harpa dgn cukup gampang. Tetapi, yg perlu diingat bahwa cara ini tak bisa dijalankan dgn harpa jenis kecapi tuas, hal ini dikarenakan jenis tersebut membutuhkan kunci pas serta perlu untuk menyetel ulang pada beberapa senar terlebih dahulu sebelum mendapatkan suara yg tepat.

Mempelajari Dasar-Dasar Memainkan Harpa

Setelah sukses atau bisa mengerti tuas harpa, maka langkah selanjutnya ialah dgn mempelajari aneka macam macam dasar-dasar dlm memainkan harpa. Dimana pecahan yg paling paling penting ialah bagaimana cara memegang harpa dgn benar.

Carilah bangku yg nyaman tetapi tak bergerak terlebih dahulu. Kemudian tempatkan lengan pada sudut 90 derajat dr badan, sehingga nantinya ananda bisa dgn mudah memainkan senar harpa pada bagian tengahnya.

Selanjutnya miringkan harpa dsn setandarkan ke pundak kanan, sehingga ananda bisa mencicipi keseimbangan yg pas. Kamu pula harus memiringkan musik harpa sedikit ke samping, sehingga tabah bisa terlihat lebih terang.

Adapun hal yg perlu dikenang bahwa memainkan atau memulai berguru musik harpa tentunya membutuhkan waktu & pula keteguhan yg cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan harpa tergolong kedalam jenis alat musik yg sukar dipelajari, apalagi bagi para pemula yg masih belum mengetahui wacana langkah-langkah dasar memainkan musik ini.

Baca Juga: Alat Musik Tradisional


Bagian Pokok Alat Musik Harpa

Gambar Bagian Pokok Alat Musik Harpa
Gambar Bagian Pokok Alat Musik Harpa
@https://aprilpanjaitan.files.wordpress.com

Apabila dilihat dr berat, bentuk & pula ukurannya, musik harpa mempunyai banyak sekali macam variasi, tetapi tetap bahwa alat musik ini memiliki 3 kepingan. Berikut ini merupakan potongan-potongan pokok dr alat musik harpa!

  1. Sound Board (Papan Suara)
  2. Neck (Leher)
  3. String (Senar)

Kemudian untuk harpa terbaru biasanya memiliki bentuk triangular. Bahkan ada pula kombinasi yg mempunyai tinggi dr 60 cm hingga 180 cm dgn senar yg ada berjumlah 22 sampai 37 buah senar.


Penutup Alat Musik Harpa

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat musik harpa, dimulai dr sejarah, pengertian, cara memainkan & potongan pokoknya.

Semoga artikel ini bisa menolong para pembaca sekalian dlm mengenali & mengerti tentang alat musik harpa & mudah-mudahan penjelasannya mampu dipahami dgn baik!


Alat Musik Harpa
sumber acuan:

@https://id-velopedia.velo.com/mengenal-sejarah-dan-pemahaman-alat-musik-harpa/
@https://id-velopedia.velo.com/cara-memainkan-harpa-bagi-pemula/
@https://felderfans.com/alat-musik-harpa/