2+ Contoh Surat Penawaran Catering & Cara Membuatnya

Contoh Surat Penawaran Catering – Surat penawaran pada dasarnya memang menjadi bab penting dlm sebuah bisnis catering. Tidak heran bila pada akibatnya contoh surat penawaran catering pula menjadi keterangan yg banyak dicari tahu.

Melalui surat penawaran inilah biasanya pelaku perjuangan bisa mengajukan penawaran pada sebuah instansi, aktivitas besar maupun kerjasama lain yg bekerjasama dgn catering. Namun, bagaimana bergotong-royong surat ini dibuat? Mari simak ulasannya berikut:


Mengenal Sekilas Tentang Surat Penawaran untuk Catering

Sama halnya seperti surat resmi penawaran pada umumnya. Surat penawaran catering ini nantinya pula akan memuat beberapa keterangan penawaran terkait jasa/ barang yg disediakan.

Bedanya tentu bisa dilihat pada jasa yg disediakan dimana penawaran berkonsentrasi pada catering.

Pada surat penawaran ini tentunya pula akan membuat kepala surat, tanggal pengerjaan surat, alamat yg dituju, isi serta epilog. Format ini menjadi format surat yg sudah disepakati dlm surat resmi termasuk pula penawaran jasa/ barang.

Tentunya lewat adanya surat penawaran ini pulalah nantinya jasa catering bisa disediakan dgn lebih detail untuk kebutuhan dr pemesan. Melalui surat ini pun pada dasarnya pula mampu menciptakan bisnis yg dijalankan memiliki kredibilitas lebih tinggi.

Penawaran melalui surat resmi lazimnya memang mempunyai nilai aktual yg bisa diperoleh oleh pelaku perjuangan. Hal inilah kemudian yg menciptakan surat penawaran ini penting untuk dibentuk oleh pelaku usaha.

Surat penawaran ini sendiri sebetulnya mampu dikatakan merupakan surat yg akan memberikan potensi bagi pelaku perjuangan semoga mampu mengiklankan usaha catering.

Tentunya hal ini menjadi satu laba lain dr adanya surat penawaran bagi pelaku usaha catering.


Format Membuat Surat Penawaran untuk Catering

Format pada pola surat penawaran catering pastinya menjadi bagian penting yg perlu dipahami. Melalui format penulisan yg tepat inilah nantinya surat penawaran mampu disampaikan pada pihak terkait dgn sempurna.

  5+ Teladan Surat Penawaran Sewa Ruko Dan Cara Menciptakan

Penawaran layanan catering pada pihak terkait pun pula mampu diinformasikan sesuai dgn tujuan penawaran dijalankan. Hal inilah kemudian yg menciptakan format begitu penting dlm surat resmi. Lalu, apa saja format yg ada dlm surat penawaran catering? Berikut ulasannya:

1. KOP Surat

Pada format pertama yg perlu diperhatikan tentu ialah KOP surat. Adanya kepala surat pada surat penawaran catering ini menjadi bab penting untuk mengumumkan bahwa surat tersebut yaitu surat resmi.

Tentunya dgn adanya KOP surat ini, maka pihak yg dituju pun bisa lebih gampang dlm mengenali siapa yg sudah mengajukan surat penawaran. Pihak yg mengantarkan surat sendiri bisa menggunakan nama dr bisnis catering yg dimiliki pada KOP surat.

2. Tanggal Dibuatnya Surat

Format selanjutnya yg perlu diamati adalah tanggal pembuatan surat. Pada bab ini nantinya tanggal bisa diposisikan pada bagian kanan atas dgn pelengkap daerah pembuatan surat sebelumnya.

Tanggal pula tempat pembuatan surat ini intinya akan mempermudah peserta surat dlm mengenali tanggal berapa surat dibentuk. Tentunya dgn begini informasi terkait surat penawaran pun pula bisa lebih lengkap.

3. Perihal Surat

Penulisan perihal surat tentunya pula menjadi bagian pola surat penawaran catering yg tak bisa ditinggalkan. Informasi singkat pada perihal surat di bagian atas pastinya akan menyodorkan persepsi pada pembaca terkait apa maksud surat dikirimkan.

Inilah kemudian yg menciptakan bagian kecil ini pula merupakan bab paling penting yg perlu dituliskan. Apalagi dlm surat penawaran yg intinya memiliki maksud terkait mempromosikan produk atau menawarkan jasa.

4. Salam Pembuka

Salam pembuka menjadi poin selanjutnya yg perlu diperhitungkan dlm suatu surat penawaran catering. Pada dasarnya salam pembuka ini mampu dituliskan setelah tujuan atau alamat akseptor dituliskan tepat pada bab bawah perihal surat.

Hal inilah kemudian yg menciptakan salam pembuka adalah bab penting dlm surat. Melalui salam inilah nantinya penulis bisa menyampaikan pesan yg akan disampaikan lewat isi di bab berikutnya.

  4+ Contoh Surat Penawaran Barang Furniture & Membuatnya

5. Isi Surat

Tentunya isi surat adalah bab berikutnya yg perlu diperhatikan dlm penulisannya. Pada bab ini nantinya penulis bisa menyodorkan keterangan terkait apa yg akan ditawarkan pada korelasi bisnis.

Mulai dr jenis makanan yg disediakan sehingga harga yg akan disediakan yakni bab utama yg perlu diberitahukan dlm surat penawaran tersebut. Tentunya hal ini menjadi bab paling penting yg perlu diamati.

6. Penutup

Penutup yaitu bab simpulan dr surat penawaran berikutnya. Pada contoh surat penawaran catering ini penulis pula perlu memberikan penutup surat. Penutup ini sendiri mampu menuliskan rasa terima kasih pada pihak penerima surat atau hubungan.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Kerjasama Event Organizer


Kegunaan Surat Penawaran Catering

Surat penawaran catering inipun pastinya pula memiliki kegunaan yg pada risikonya menciptakan surat penawaran catering menjadi bagian penting.

Pada kegiatan ini nantinya akan ada beberapa poin yg perlu diamati. Lalu, apa sesungguhnya kegunaan surat penawaran catering bagi pemilik perjuangan? Berikut ulasannya:

1. Mempromosikan Usaha

Kegunaan pertama dr surat penawaran catering ini yaitu untuk mengiklankan usaha yg dimiliki. Nantinya melalui surat ini maka, pelaku usaha bisa memaparkan apa saja hidangan catering yg dimiliki & berapa harga yg dibanderol.

Tentunya dgn begini maka pelaku usaha akan memiliki potensi untuk mempromosikan hidangan makanan serta usaha catering yg dimiliki. Hal inilah yg menjadi satu laba lain bagi pelaku usaha.

2. Menjalin Hubungan Bisnis

Manfaat lain dr adanya surat penawaran bagi pelaku usaha tentunya yakni untuk menjaga hubungan baik. Hal ini menjadi poin penting supaya nantinya usaha yg dimiliki bisa terus berjalan dgn baik.

3. Memperluas Peluang Bisnis

Pada dasarnya surat penawaran mampu menjadi satu peluang bisnis yg sempurna & baik bagi pelaku perjuangan. Tentunya hal ini bisa terjadi bilamana pelaku usaha catering bisa mempergunakan momen yg sempurna.

Membuat surat penawaran yg proper dgn memberikan menu serta harga yg sesuai yaitu cara sempurna untuk dapat memperlihatkan dengan-cara pribadi lewat surat.

  5+ Contoh Surat Penawaran dalam Bahasa Inggris & Artinya

Apalagi bila pihak yg menjadi kekerabatan ialah perusahaan besar & sejenisnya. Tentu hal ini akan menjadi peluang yg cukup manis.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Jasa Service


Menilik Contoh dlm Membuat Surat Penawaran untuk Usaha Catering

Surat Penawaran Catering Ke Event Organizer

Seperti yg sempat dibahas sebelumnya bahwasannya pola surat penawaran catering ialah poin yg sebenarnya perlu diketahui oleh pelaku bisnis. Melalui surat penawaran inilah nantinya perjuangan catering mampu mempunyai peluang lebih besar dlm mengiklankan hidangan.

Mendapatkan konsumen yg lebih berpotensi tentunya pula menjadi satu keuntungan lain dr surat penawaran ini. Lalu, bagaimana teladan dr pengerjaan surat penawaran untuk perjuangan catering? Simak ulasannya berikut:

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Produk Makanan

Menilik Contoh dlm Membuat Surat Penawaran untuk Usaha Catering

Ana Catering

Catering Aneka Menu Anda

Jl. Dr. Soetomo, No. 34 Kec. Tanjunganom, Kab. Nganjuk-Jawa Timur

No. Telp : 0863138169

 

No: 007/0037.002/20/2023

Lampiran: – Perihal: Penawaran Catering

 

Yth, Pimpinan PT. Buana Graha

di kawasan

 

Segala hormat,

Kami dr Ana Catering bermaksud untuk memperlihatkan catering untuk perusahaan Buana Graha. Ana Catering bisa menyediakan berbagai menu makan siang maupun masakan box untuk rapat atau pun program lainnya.

Kami mempunyai kredibilitas tinggi dlm menjaga kualitas dr menu yg kami siapkan, mempertahankan higienitas dr kuliner yg kami hidangkan.

Tentunya pula menjaga prioritas waktu untuk mampu mengantarkan menu sesuai waktu yg telah disepakati. Sebagai bahan pertimbangan, maka berikut kami lampirkan keterangan menu dr Ana Catering:

  1. Ayam Kecap Rp 23.000,-
  2. Ayam Bakar Rp 24.000,-
  3. Nasi Box Rp 15.000,- per box
  4. Tumpeng Rp 300.000,-

Berikut tadi ialah 4 menu andalan di Ana Catering yg mampu menjadi pendapatperusahaan Bapak/ Ibu apabila membutuhkan menu makan siang ataupun hidangan rapat yg yummy & enak.

Demikianlah surat penawaran ini kami sampaikan. Berkenaan dgn hal penawaran catering tersebut di atas, maka kami ucapkan terima kasih atas waktu yg telah diberikan untuk membaca surat penawaran ini. Semoga Ana Catering bisa menjadi kekerabatan yg baik bersama PT. Buana Graha.

Tertanda,

 

Ana Catering

Itulah tadi sekilas tentang teladan surat penawaran catering yg bisa dijadikan pilihan untuk memulai melakukan penawaran catering pada perusahaan maupun instansi.

Tentunya memakai surat penawaran ini, usaha pun pula mampu menerima nilai dapat dipercaya yg makin baik.

Surat Penawaran Catering