3+ Contoh Surat Penawaran Harga Tanah & Cara Membuatnya

Contoh Surat Penawaran Harga Tanah Contoh surat penawaran harga tanah wajib dipahami, apalagi bagi siapa saja yg hendak berbelanja tanah & mendapatkan harga yg sesuai.

Tanah merupakan aset berharga yg terus menerus mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Tidak heran kalau tanah sering dipilih selaku investasi.

Harga tanah akan terus naik, sekalipun turun pula niscaya alasannya adalah argumentasi eksternal tertentu. Tatkala menetapkan untuk berbelanja tanah, maka perlu sekali untuk melaksanakan penawaran harga. Dalam proses ini, perlu sekali untuk menciptakan surat penawaran harga tanah. Berikut penjelasannya:


Sekilas Tentang Surat Penawaran Harga Tanah

Surat penawaran tanah yakni media mediator bagi penjual & pembeli. Surat ini sungguh penting untuk mengantisipasi hal buruk di kemudian hari.

Contoh surat penawaran harga tanah bisa menjadi citra bagi yg hendak memasarkan tanah miliknya. Dalam menjadikannya, maka perlu menggunakan bahasa formal atau resmi. Apalagi jikalau penawaran ini dijalankan lewat surat.

Pastikan surat ini dibuat dgn format yg ditetapkan. Berikut adalah tujuan serta manfaat menciptakan surat penawaran harga tanah:

  • Agar info yg diberikan pada calon pembeli lebih terang. Mulai dr kondisi tanah, lokasi, luas, ketersediaan bangunan & lainnya.
  • Menjadi bukti yg besar lengan berkuasa adanya transaksi jual beli tanah. Sehingga apabila di kemudian hari terjadi hal tertentu, maka bisa dijadikan bukti.
  • Menghindari adanya kesalahpahaman yg bisa terjadi di kemudian hari.
  • Agar tak ada pemahaman yg multitafsir. Maka dr itu, surat ini mesti menggunakan bahasa lugas sehingga mudah dimengerti orang lain. Terlebih status dr surat penawaran ini pula resmi, sehingga penting sekali untuk memperhatikan unsur-unsur yg perlu dicantumkan.


Unsur Penting dlm Surat Penawaran Harga Tanah

Sebelum berlanjut pada pembahasan teladan surat penawaran harga tanah, apalagi dahulu pahami apa saja unsur penting di dlm surat ini.

Karena merupakan dokumen resmi, maka untuk menjadikannya pula tak mampu sembarang pilih. Ada sejumlah hal yg waib jada di dlm surat penawaran harga tanah, antara lain:

1. Identitas Diri

Saat menciptakan surat ini, maka harus melampirkan info terkait identitas diri, baik pemilik tanah maupun penawar.

Apabila pihak penawar merupakan perusahaan, maka mampu diwakilkan dgn kop surat. Sementara untuk tanda tangan bisa dijalankan oleh pimpinan maupun perwakilan perusahaan.

2. Data Tanah

Untuk membuat teladan surat penawaran harga tanah pula perlu mencantumkan data tanah. Adapun data yg dimaksud meliputi luas tanah, lokasi, status, keadaan tanah & yang lain. Berikan isu pula terkait status tanah yg kondusif & tak bersengketa.

3. Harga & Cara Pembayaran

Yang tak kalah penting dlm surat ini ialah terkait harga serta cara pembayaran. Pada poin ini sifatnya fleksibel, pihak terkait masih bisa bernegosiasi tentang harga. Proses perundingan ini dilakukan berdasarkan janji.

4. Kontak & Alamat

Kemudian kontak & alamat pula harus ada dlm surat penawaran harga. Dengan begitu, kandidat pembeli bisa mengetahuinya dgn terang.

Mulai dr alamat, email atau nomor telepon. Bisa pula mencantumkan gosip lain bagaimana pembeli bisa menghubungi pedagang .

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Kerjasama Investasi


Contoh Surat Penawaran Harga Tanah yg Benar

Tanah yg dijual terbagi menjadi beberapa penggalan. Karena penjualan tanah tak cuma sekedar pada sebidang tanah saja. Ada tanah persawahan, bangunan & yang lain. Berikut ini misalnya:

1. Surat Penawaran pada Sebidang Tanah

Surat Penawaran Pada Sebidang Tanah

Beberapa hal yg mesti tercantum dlm surat penawaran harga yaitu meliputi jenis produk, harga, sistem pembayaran & yang lain. Untuk surat penawaran harga sebidang tanah terbagi menjadi tiga hal, antara lain:

  • Penawaran harga untuk tanah perorangan.
  • Penawaran harga untuk tanah perusahaan.
  • Penawaran harga untuk tanah adonan.

Dari ketiga surat penawaran tersebut, menampung poin-poin yg telah dijelaskan sebelumnya. Sehingga untuk membuatnya sungguh gampang & nyaris sama. Berikut ini contoh dr surat penawaran harga pada sebidang tanah:

Surat Penawaran pada Sebidang Tanah

Kepada Yth.

Bapak Eko Damri Mardiansyah

di Bandung

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan berikut ini, hendak mengajukan penawaran sebidang tanah pada Bapak Damri. Adapun spesifikasi tanah tersebut ialah selaku berikut:

Nama: Dwi Bagus Wicaksono

Lokasi: Jalan Raya Indah No. 11, Jakarta

Luas: 140 m²

Status: Tanah Milik Sendiri dgn nomor akta 3567

Harga: Rp 345.000.000

Lahan cocok untuk: tempat tinggal atau ladang bisnis, karena lokasi tak jauh dr pasar, pusat masakan & terbuka.

Demikian surat penawaran harga disampaikan, gampang-mudahan bisa dijadikan selaku materi usulanBapak Damri. Apabila ada hanya yg hendak dipertanyakan, silahkan menghubungi nomor 085742335214.

Jakarta, 31 Agustus 2022

 

(Bagus Dwi Wicaksono)

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Toko Bunga

Catatan:

  • Biaya yg dicantumkan di atas belum tergolong ongkos notaris ataupun biaya balik nama.
  • Masih mampu melakukan perundingan.
  • Pembayaran dijalankan tatkala penandatanganan surat perdagangan.

2. Surat Penawaran Tanah & Bangunan

Surat Penawaran Tanah Dan Bangunan

Berikutnya ada pula surat yg ditujukan untuk tanah & bangunan. Surat ini terbagi menjadi dua macam, antara lain:

  • Penawaran harga terhadap tanah & bangunan individual.
  • Penawaran harga untuk tanah & bangunan perusahaan.

Dalam membuat surat penawaran ini sama halnya dgn sebidang tanah. Akan namun pada surat ini mesti ada bangunan pada objek terkait. Sehingga perlu mencantumkan keadaan bangunan tersebut. Berikut acuan suratnya:

Surat Penawaran Tanah & Bangunan

Kepada Yth.

Bapak Sulis Mahendra

di Bandung

 

Dengan hormat,

Berhubungan dgn surat ini, yg bertanda tangan berikut:

Nama: Rohman Fuadi

Alamat: Perumahan Kota Indah Regency, Jalan Kuala Lumpang Rt 05/008 Blok D2, Manyaran, Bandung

Mengajukan penawaran harga atas tanah serta rumah pribadi dgn nomor 1467. Tanah yg dimaksud mempunyai luas 80 m² dgn bangunan 54 m². Lokasi tepat di Jalan Kemang Rt 06/003, Semarang.

Dengan penawaran harga sebesar Rp 387.000.000. Pembayaran dikerjakan dgn tunai.

Demikian surat ini dibentuk. Adapun kondisi tanah serta rumah tak dlm sengketa.

Bandung, 22 Agustus 2022

 

(Fuadi Rohman)

Pemilik/penjual tanah & rumah

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Sewa Ruko

3. Surat Penawaran Tanah Urug

Surat Penawaran Tanah Urug

Selanjutnya penawaran untuk tanah urug atau untuk menguruk tempat. Proses ini biasanya dijalankan oleh beberapa orang atau perusahaan & mampu menjadi sumber penghasilan pula. Berikut contohnya:

Surat Penawaran Tanah Urug

Indo Raya Konstruksi

Jalan Jati Larang No. 22, Gresik, Jawa Timur

 

Gresik, 15 Agustus 2022

Hal: Penawaran Harga Tanah Urug

 

Kepada Yth.

Direktur Utama PT. Dirgantara Indonesia

Up. Bapak Herdiansyah

Di Gresik

 

Dengan hormat,

Sehubungan informasi planning pengurugan di lahan PT. Dirgantara Indonesia. Maka, Indo Raya Konstruksi hendak mengajukan penawaran harga untuk tanah urug guna lokasi daerah industri terkait. Berikut spesifikasi tanah urug yg dimaksud tersebut:

  • Biaya pekerjaan tanah urug pedel: Rp 36.000 per m³.
  • Biaya pekerjaan tanah urug limestone: Rp 47.000 per m³.
  • Harga pemadatan lahan serta peralatan: Rp 3.800 m³.

Demikian surat ini dibentuk menurut kesadaran kepada kebijakan serta ketentuan dr PT. Dirgantara Indonesia. Dalam pelaksanaannya, pihak konstruksi akan menghormati & mematuhi kebijakan tersebut.

Hormat,

 

Andri Setyawan.

Itulah contoh surat penawaran harga tanah yg mampu disertai. Tatkala membuat surat ini tentukan memberikan info dengan-cara lengkap. Khususnya untuk tanah urugan, maka lampirkan terkait rencana pelaksanaan pengurugan & yang lain.

Surat Penawaran Harga Tanah

  5+ Contoh Surat Penawaran Hotel Dan Cara Membuat