Daftar Isi
Arsitektur Masjid Menara Kudus merupakan akulturasi (perpaduan budaya) antara Kebudayaan Islam & Hindhu. tunjukkan bukti-buktinya
Jawaban:
Menaranya,Corak Kaligrafi, Kubah
jelaskan akulturasi budaya yg ada pada arsitektur Masjid Sunan Ampel
Akulturasi yakni suatu proses sosial yg timbul manakala sebuah kelompok insan dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dgn unsur dr sebuah kebudayaan aneh.
Wujud akulturasi pada Masjid Agung Sunan Ampel
a. Seni bangunan
1. Atap masjid, Masjid Agung Sunan Ampel memiliki bentuk atap limas & atapnya berjumlah tiga serta semakin ke atas kian kecil, atap ini merupakan wujud akulturasi dr buadaya Cina tempat Sunan Ampel berasal yakni Campa, Sunan Ampel mengadopsi dr bentuk pagoda yg ada di Cina yg bentuknya pula limas serta kian ke atas semaki mengecil. Atap yg berundak ini pula sama dgn bentuk punden berundak atau menhir pada zaman neozoikum dahulu, yg dipakai sebagai tempat batu penujaan.
2. Ujung atap masjid, mempunyai pernak-pernik gaya Kerajaan Majapahit menerangkan bahwa Sunan Ampel sungguh menghargai Kerajaan Majapahit.
3. Tiang saka, tiang saka atau pilar yg ada pada masjid ini berjumlah 16 dgn tinggi 17 meter, 16 tiang ini melambangkan jumlah aksara pada kalimat syahadat, sedangkan tinginya melambangkan jumlah rokaat sholat fardhu dlm sehari semalam, Sunan Ampel membangun atau mendirikan tiang ini hanya dlm waktu semalam, tiang ini yang dibuat dr kayu besi & kayu utuh tanpa ada sambungan. Tiang ini merupakan wujud akulturasi dgn kebudayaan khas Cina.
4. Menara, menara pada masjid ini mempunyai bentuk & corak yg sama dgn bentuk mercusuar, mecusuar yakni menara zaman Belanda yg dipakai untuk mengawasi kapal-kapal besar yg akam bersandar ke dermaga. Sedangkan Surabaya sendiri pula memiliki pelabuhan atau dermaga alasannya Surabaya pula berbatasan eksklusif dgn lautan lepas, oleh sebab itu Sunan Ampel menjiplak bentuk menara asal Eropa ini.
5. Pintu, pintun pada masjid ini mempunya bentuk arsitektur dgn gaya Jawa & Eropa.
6. Mihrab pada Masji Agung Sunan Ampel, bergaya sama dgn arsitektur pada masjid yg aslinya yaitu gaya tempat padang mesir atau Arab.
7. Lampu gantung yg ada pada masjid ini adalah lampu gantung terbesar ke dua di Indonesia, lampu ini mempunyai gaya & bentuk khas Eropa.
8. Mimbar pada Masjid Agung Sunan Ampel mempunyai goresan khas tanah Jawa, tetapi alasannya islam tak mengizinkan mengukir dgn wujud binatang atau insan, tabrakan itu dig anti dgn bentuk tumbuh-tanaman.
9. Serambi, serambi adalah tempat untuk berkumpul atau beristirahat atau pula unutuk saling bertukar pikiran sebab pada agam Islam dilarang untuk berdiskusi atau berbincang bincang permasalahan duniawi di dlm masjid di buatlah serambi, sesungguhnya serambi bukanlah gaya atau arsitektur bangunan pada masjid di Arab namun karena masjid ini terletak di tanah Jawa mak bercampurlah ke dua unsure tersebut, serambi pada masjid ini dibagi menjadi tiga serambi yakni serambi depan, kanan, & kiri
#biar menolong
#jadikan jawaban terbaik yh..•_•
jelaskan yg dimaksud dgn Akulturasi & bagaimanakah akulturasi budaya yg terdapat dalan arsitektur masjid menara kudus!
Jawaban:
Akulturasi yaitu penggabungan dua atau lebih bagian kebudayaan tanpa menghilangkan ciri khas dr masing-masing kebudayaan
Penjelasan:
Masjid Menara Kudus merupakan salah satu teladan dr akulturasi budaya.. Masjid tersebut menggabungkan arsitektur dr kebudayaan agama Islam dgn Hindu dgn tanpa menghilangkan ciri khas dr masing-masing kebudayaan
apakah fungsi menara pada arsitektur masjid setelah mengalami akulturasi
Jawaban:
Sebagai simbol Alkuturasi budaya
mengapa gamelan jawa berlainan dg gamelan bali.jelaskan
bagaimana akulturasi budaya yg yerdapat dlm arsitektur masjid demak
jelaskan akulturasi budaya ug ada pada arsitektur masjid sunan ampel.
1. karena dulu gamelan jawa dipakai para sunan untuk berdakwah agama Islam . Maka dr itu gamelan jawa & gamelan bali berbeda .
maaf klo salah