√ MengapaKehidupan Ekonomi Indonesia Pada Awal Kemerdekaan Sangat Sulit

Mengapa kehidupan ekonomi Indonesia pada awal kemerdekaan sangat susah? Apa yg menimbulkan ekonomi permulaan kemerdekaan sungguh jelek? Sebutkan aspek-aspek penyebab kacaunya perekonomian Indonesia di permulaan kemerdekaan!

Kehidupan Ekonomi Indonesia Pada Awal Kemerdekaan Sangat Sulit

Pada awal kemerdekaan, kehidupan perekonomian Indonesia sangat sulit. Hal ini disebabkan banyaknya duduk perkara yg dihadapi Indonesia saat itu mirip masalah politik & ekonomi. Masalah-persoalan ini tak terlepas dr kondisi Indonesia sehabis Jepang mengalah tanpa syarat pada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945.

Saat itu, pemerintahan di Indonesia berada dlm masa kekosongan. Kosongnya pemerintahan ini dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya. Fakta inilah yg tak diprediksi oleh Sekutu. Menurut perhitungan Sekutu, semua wilayah yg sebelumnya dikuasai Jepang akan jatuh ke tangan Sekutu. Tatkala itu terjadi, Sekutu bertanggung jawab untuk melucuti senjata para prajurit Jepang, memulangkan serdadu Jepang ke negaranya & menormalisasi bekas jajahan Jepang.

Namun perkiraan mereka salah. Indonesia sudah merdeka tanggal 17 Agustus 1945. Kedatangan Sekutu di Indonesia yg pada awalnya disambut baik justru berbalik. Hal ini disebabkan kehadiran Sekutu diboncengi NICA sehingga Indonesia melakukan perlawanan sengit. Tidak cuma di medan perang, Indonesia pula berjuang menjaga kemerdekaan lewat meja perundingan. Kondisi inilah yg membuat kondisi perekonomian Indonesia sangat sulit.

  Tuliskan Tiga Masalah Yang Dihadapi Generasi Muda Indonesia Saat Ini

Secara garis besar, apa yg menimbulkan keadaan ekonomi awal kemerdekaan sungguh jelek kacau & upaya bangsa Indonesia melakukan perbaikan ekonomi pada awal kemerdekaan yaitu sebagai berikut :

Penyebab Sulitnya Ekonomi Indonesia Pada Awal Kemerdekaan

  1. Kondisi politik yg belum stabil

Meskipun perangkat negara telah terbentuk tetapi di permulaan-permulaan masa kemerdekaan, kondisi politik Indonesia belum stabil. Hal ini dibuktikan dgn masih banyaknya banyak sekali kejadian yg terjadi balasan belum diakuinya Indonesia sebagai negara merdeka. Berbagai kekuatan abnormal seperti Jepang, Belanda, & Inggris atau Sekutu masih terus mengusik Indonesia. Mereka masih berusaha untuk menguasai kembali Indonesia. Tidak stabilnya kondisi politik tentu memiliki pengaruh pada kondisi perekonomian lantaran energi yg dikerahkan oleh bangsa Indonesia sebagian besar diarahkan untuk menjaga kemerdekaan, baik melalui medan perang maupun meja perundingan.

  1. Tingginya inflasi

Di masa-masa awal kemerdekaan, Indonesia mengalami inflasi yg sungguh tinggi. Hal ini dipicu oleh peredaran mata duit rupiah Jepang yg tak terkendali serta rendahnya nilai tukar rupiah Jepang. Keadaan ini diperparah dgn kosongnya kas negara lantaran tak adanya sumber pemasukan negara.

Mengapa pemerintah indonesia tak berani melarang beredarnya mata duit jepang pada awal kemerdekaan? Saat itu, Indonesia belum memiliki mata uang sendiri sehingga pemerintah Indonesia tak mampu melarang peredaran mata duit rupiah Jepang di Indonesia. Namun sejatinya tak hanya mata uang rupiah Jepang saja yg beredar di Indonesia ketika itu. Mata uang pemerintah Belanda, De Javasche Bank, & mata uang NICA pula beredar di Indonesia. Hal ini dilakukan pemerintah Indonesia selaku upaya mengatasi laju inflasi yg tak terkendali.

  1. Ditutupnya pintu perdagangan oleh Belanda

Sejak bulan November 1945, Belanda melakukan penutupan jalur perdagangan Indonesia. Akibatnya, Indonesia tak mampu mengekspor barang ke luar negeri & mengimpor barang yg dibutuhkan rakyat Indonesia. Penutupan ini dilaksanakan Belanda supaya ekonomi Indonesia ambruk. Dengan ambruknya ekonomi Indonesia, Belanda akan dgn gampang menjajah Indonesia kembali. Namun Indonesia tak menyerah. Hal ini dibuktikan dgn aneka macam upaya yg dilaksanakan pemerintah untuk menghadapi blokade yg dijalankan Belanda. Upaya-upaya tersebut di antaranya ialah melaksanakan program pinjaman nasional, menyelenggarakan kekerabatan jualan ke mancanegara dengan-cara pribadi, & melaksanakan diplomasi beras dgn India.

Berbagai permasalahan di atas terang menciptakan kondisi Indonesia khusunya Jakarta sebagai ibukota negara menjadi sangat semrawut. Keadaan ini memaksa Indonesia memindahkan ibukota negara dr Jakarta ke Yogyakarta pada tanggal 4 Januari 1946. Terkait dgn problem keuangan, Indonesia balasannya mempunyai mata uang sendiri dgn dikeluarkannya Oeang Republik Indonesia oleh Bank Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1946. Dengan adanya ORI, mata uang aneh yg diberlakukan oleh NICA & lain-lain dinyatakan tak berlaku di Indonesia.

Nah itulah jawaban atas bagaimana kehidupan ekonomi Indonesia pada awal kemerdekaan &  bagaimana cara bangsa indonesia membangun problem perekonomian pada masa awal kemerdekaan. Semoga ananda kian mengetahui kenapa kehidupan ekonomi Indonesia pada awal kemerdekaan sungguh susah ya!