√ MengapaHarus Ada Proklamasi

Mengapa mesti ada proklamasi kemerdekaan Indonesia? Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaan? Apa argumentasi harus ada proklamasi?

Sejarah Penjajahan Jepang Sampai Proklamasi

Indonesia telah mengalami penjajahan yg sungguh lama. Banyak sumber menyebutkan bahwa Indonesia telah dijajah selama 350 tahun, dgn negara terlama yg menduduki Indonesia adalah Belanda, kemudian ada Jepang setelahnya.

Menjadi wilayah jajahan selama 350 tahun bukan perkara yg gampang bagi Indonesia. Kondisi penduduk yg senantiasa stress & tertindas memperlihatkan efek ketidakberdayaan pada diri penduduk Indonesia.

Kondisi daerah & pemerintahan yg carut marut. Banyak terjadi mencerai-beraikan sehingga mengakibatkan perpecahan diantara sesama anak bangsa. Eksploitasi sumber daya yg mengakibatkan nyaris seluruh sumber daya negara Indonesia hilang & dikuasai oleh penjajah. Serta keadaan-keadaan sulit lainnya.

Berbagai cara telah dikerjakan oleh penduduk Indonesia untuk lepas dr jeratan penjajahan. Namun banyak cara pula tak sukses dilakukan untuk menjinjing Indonesia lepas dr penjajahan. Ada beberapa faktor yg membuat perlawanan Indonesia menjadi usang membuahkan hasil, seperti:

Mengapa Perlawanan Indonesia Selalu Mengalami Kegagalan

  1. Perlawanan bersifat kalangan & sporadic, tak dijadwalkan dgn matang & baik, serta lebih banyak memakai senjata tradisional, yg mana para penjajah melawan dgn senjata yg lebih modern.
  2. Kesadaran untuk melawan penjajahan yg masih jarang dimiliki oleh penduduk Indonesia sehingga perlawanan cuma dilaksanakan oleh segelintir orang.
  3. Kaum pejabat banyak yg mendukung penjajah, ini menimbulkan penduduk tak memiliki daya tawar yg lebih tinggi. Pejabat yg mendukung penjajah justru lebih menekan masyarakat untuk tunduk pada pemerintahan penjajah.
  4. Ketidakpercayaan antar masyarakat, hal ini disebabkan adanya memecah-belah yg dilaksanakan oleh penjajah sehingga antar masyarakat meskipun merupakan masyarakat Indonesia menjadi tak saling percaya.

Cara-cara diplomasi pula jarang digunakan oleh Indonesia untuk menumpas penjajah. Cara diplomasi gres dapat dikerjakan tatkala Indonesia merasa sudah tak bisa lagi menggunakan cara peperangan. Padahal cara ini sedikit banyak bisa membuahkan hasil.

Diplomasi tak cuma dilaksanakan pada negara penjajah, namun pula dilakukan pada negara lain yg sudah merdeka. Tujuannya supaya negara merdeka tersebut menawarkan akreditasi bahwa Indonesia adalah negara yg merdeka. Dari sana pastinya akan terjadi tekanan pada negara penjajah untuk secepatnya meninggalkan Indonesia.

Setelah kependudukan Jepang, barulah Indonesia sedikit demi sedikit bersiasat untuk melakukan relasi diplomatik dgn negara lain. Di dlm negeri sendiri, mulai banyak organisasi nasional yg mulai menggelorakan persatuan & kesatuan serta kemerdekaan. Para cendekiawan turun lapangan untuk ikut serta membahas persiapan kemerdekaan negara Indonesia.

Saat itu kemudian dibentuk Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia, yg lalu disusul dgn pembentukan Panitian Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Keduanya menjadi wadah untuk menggodok segala hal yg berhubungan dgn kemerdekaan. Termasuk masalah deklarasi kemerdekaan.

Alasan Mengapa Harus Ada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Deklarasi kemerdekaan untuk berikutnya disebut selaku proklamasi menjadi hal yg sangat penting. Lalu

apakah akhir dr kejadian proklamasi kemerdekaan kepada kehidupan bangsa Indonesia? Dari sini akan terlihat bahwa Indonesia telah betul-betul mampu untuk berdiri sendiri. Selain itu, dgn adanya proklamasi, akan tersiar kabar ke seluruh penjuru negara yg mampu membangkitkan semangat kemerdekaan sehingga perlawanan semakin besar lengan berkuasa.

Kabar proklamasi pula disiarkan ke seluruh penjuru dunia. Tujuannya yaitu biar masyarakat di seluruh dunia mengetahui bila Indonesia sudah mendeklarasikan dirinya sebagai negara yg merdeka & kemudian mendorong dunia untuk mengakui kemerdekaan negara Indonesia. Tanpa adanya proklamasi, tak akan ada pemberitaan mengenai kemerdekaan Indonesia, & tak ada sesuatu yg memperkuat fakta bahwa Indonesia adalah negara yg merdeka.

Proklamasi sudah mampu menjinjing Indonesia pada kemerdekaan, telah bisa membuka mata negara-negara di dunia bahwa Indonesia bisa merdeka dgn usaha sendiri tanpa ada campur tangan dr pihak-pihak lain. Dapat dibilang bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah sesuatu yg diberikan oleh pihak penjajah, melainkan hasil dr usaha sendiri.

Itulah jawaban kenapa harus ada proklamasi kemerdekaan / alasan mesti ada proklamasi. Semoga ananda semakin paham kenapa mesti ada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca mengapa.net

  Modernisasi Di Indonesia Mulai Berjalan Terutama Dengan Adanya…….