Kumpulan Hadits Tentang Zakat Lengkap Bahasa Arab & Artinya – Zakat adalah salah satu rukun islam dlm islam sehingga hukumnya adalah wajib. Kita sebagai umat islam diharuskan untuk membayar zakat. Rasulullah SAW sendiri banyak bersabda didalam hadistnya wacana kewajiban & keistimewaan membayar zakat ini.
Untuk itulah akan di share mengenai kumpulan hadits tentang zakat kali ini yg insyaallah mampu dijadikan pegangan bahwa membayar zakat itu adalah keharusan setiap muslim. Adapun faedah & keutamannya sangatlah besar, salah satunya adalah untuk menyucikan hati & jiwa kita.
Zakat sendiri terdiri dr aneka macam macam, ada zakat fitrah yg biasa kita lakukan sesaat sebelum shalat idul fitri, ada pula zakat mal yakni zakat harta & penghasilan. Terkadang penghitungannya memang cukup rumit. Para ulama sendiri mendasarkannya pada dalil dalil yg ada yaitu ayat Al Alquran & hadits ihwal zakat.
Baik hukumnya, fadhilahnya hingga hal lain yg berhubungan dgn zakat ini bisa ditemui dr dua sumber utama yakni Al-Quran & hadits Nabi. Kali ini kita akan konsentrasi cuma pada kumpulan hadist saja.
Untuk itu simak dibawah ini daftar kumpulan hadits Nabi wacana Zakat yg dikumpulkan dr berbagai sumber. Tersedia dlm lafadz bahasa arab & terjemahan Indonesianya. Meski begitu dlm menyimpulkan maksud dr hadist ini anda haruslah tiba & berguru langsung pada para ulama supaya tak salah dlm menafsirkannya.
Hadits ihwal Zakat
فَرَضَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةَ لِلصَّائِمِ مِنْ الَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةَ لِلْمَسَاكِيْنَ
Rasulullah Saw mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan diri orang puasa dr perbuatan tidak berguna (al-laghw) & perkataan kotor (ar-rafats), sekaligus untuk memberi makan orang-orang miskin.
عَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا: ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم بَعَثَ مُعَاذًا رضي الله عنه إِلَى اَلْيَمَنِ ) فَذَكَرَ اَلْحَدِيثَ, وَفِيهِ: ( أَنَّ اَللَّهَ قَدِ اِفْتَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً فِي أَمْوَالِهِمْ, تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ, فَتُرَدُّ فِي فُقَرَائِهِمْ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيّ ِ
Dari Ibnu Abbas r. bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam mewakilkan Mu’adz ke negeri Yaman –ia meneruskan hadits itu– & didalamnya (ia bersabda): “Sesungguhnya Allah sudah mengharuskan mereka zakat dr harta mereka yg diambil dr orang-orang kaya di antara mereka & dibagikan pada orang-orang fakir di antara mereka.” Muttafaq Alaihi & lafadznya berdasarkan Bukhari.
Rasulullah Saw bersabda:
أَغْنِمُوْا عَنِ السُؤَالِ فِى ذَلِكَ اليَوْمِ.
Buatlah mereka tak perlu meminta-minta pada hari itu.
Beliau pula bersabda,
صَوْمُ رَمَضَانَ مُعَلَّقٌ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ لاَيَرْفَعَ إِلاَّ بِزَكَاَةِ الفِطْرِ
Puasa Ramadhan menggantung antara langit & bumi, tak akan naik kecuali dgn ditunaikannya zakat fitrah.
أَنَّ رَسُوْلُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعَا مِنْ تَمْرِ أَوْ صَاعَا مِنْ شَعِيْرٍ عَلَى كُلِّ حُرِّ أَوْ عَبْدٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى مِنْ الْمُسْلِمِيْنَ.
Bahwa Rasulullah Saw mengharuskan zakat fitrah dr Ramadhan sebesar satu sha’ kurma, atau sha’ gandum, atas setiap orang merdeka maupun budak, pria maupun perempuan, dr golongan kaum muslimin.
وكانوا يعطونها قبل الفطر بيوم او يومين.
“ialah para sahabat Nabi SAW., mengeluarkan zakat fitri sehari atau dua hari sebelum hari raya.” (HR. Bukhori)
وَعَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اَللَّهِ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( فِيمَا سَقَتِ اَلسَّمَاءُ وَالْعُيُونُ, أَوْ كَانَ عَثَرِيًّا: اَلْعُشْرُ, وَفِيمَا سُقِيَ بِالنَّضْحِ: نِصْفُ اَلْعُشْرِ. ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيّ ُ. وَلِأَبِي دَاوُدَ: ( أَوْ كَانَ بَعْلًا: اَلْعُشْرُ, وَفِيمَا سُقِيَ بِالسَّوَانِي أَوِ اَلنَّضْحِ: نِصْفُ اَلْعُشْرِ )
Dari Salim Ibnu Abdullah, dr ayahnya r.a, bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Tanaman yg disiram dgn air hujan atau dgn sumber air atau dgn pengisapan air dr tanah, zakatnya sepersepuluh, & tumbuhan yg disiram dgn tenaga insan, zakatnya seperduapuluh.” Riwayat Bukhari. Menurut riwayat Abu Dawud: “Bila flora ba’al (tumbuhan yg menyerap air dr tanah), zakatnya sepersepuluh, & flora yg disiram dgn tenaga manusia atau binatang, zakatnya setengah dr sepersepuluh (1/20).”
َوَعَنْ أَبِي مُوسَى اَلْأَشْعَرِيِّ; وَمُعَاذٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لَهُمَا: ( لَا تَأْخُذَا فِي اَلصَّدَقَةِ إِلَّا مِنْ هَذِهِ اَلْأَصْنَافِ اَلْأَرْبَعَةِ: اَلشَّعِيرِ, وَالْحِنْطَةِ, وَالزَّبِيبِ, وَالتَّمْرِ ) رَوَاهُ اَلطَّبَرَانِيُّ, وَالْحَاكِم ُ
Dari Abu Musa al-Asy’ary & Mu’adz Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda pada keduanya: “Jangan mengambil zakat kecuali dr keempat jenis ini, yakni: sya’ir, gandum, anggur kering, & kurma.” Riwayat Thabrani & Hakim.
وَعَنْ عَلِيٍّ رضي الله عنه أَنَّ اَلْعَبَّاسَ رضي الله عنه ( سَأَلَ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فِي تَعْجِيلِ صَدَقَتِهِ قَبْلَ أَنْ تَحِلَّ, فَرَخَّصَ لَهُ فِي ذَلِكَ ) رَوَاهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَالْحَاكِم ُ
Dari Ali bahwa Abbas bertanya pada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam penyegeraan pengeluaran zakat sebelum waktunya, kemudian ia mengizinkannya. Riwayat Tirmidzi & Hakim
حَدِيْثُ أبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ فِيمَا دُوْنَ خَمْسَةِ أوْسُقٍ صَدَقَةٌ وَلاَ فِيمَا دُوْنَ خَمْسِ ذَوْدٍ صَدَقَةٌ وَلاَ فِيمََا دُونَ خَمْسِ أوَاقٍ صَدَقَةٌ ﴿ متفق عليه ﴾
Diriwayatkan dr Abi Sa’id Al-Khudri r.a, ia sudah berkata: Nabi SAW sudah bersabda: “Hasil bumi yg kurang dr lima wasaq (gantang), tak diwajibkan zakat. Unta yg kurang dr lima ekor, tak diwajibkan zakat. Perak yg kurang dr lima uqiah (satu uqiah yakni sama dgn empat puluh dirham perak), tak diwajibkan zakat. (Muttafaq ‘Alaih)
وَلَهُ مِنْ حَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ: ( لَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسَةِ أَوْسَاقٍ مِنْ تَمْرٍ وَلَا حَبٍّ صَدَقَةٌ ). وَأَصْلُ حَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ مُتَّفَقٌ عَلَيْه
Menurut riwayatnya dr hadits Abu Said r.a: “Tidak ada zakat pada kurma & biji-bijian yg kurang dr 5 ausaq (1050 liter).” Asal hadits dr Abu Said itu Muttafaq Alaihi.
عَنِ ابْنِ عَبَاسٍ قَالَ لَمَّا نَزَلَتْ وَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبِ وَ الْفِضَّةَ كَبُرَ ذَلِكَ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ فَقَالَ عُمَرُ اَنَا اُفَرِّجُ عَنْكُمْ فَانْطَلَقَ فَقَالَ يَابِيَ اللهِ اَنَّهُ كَبِرَ عَلَى اَصْحَابِكَ هَذِهِ الأَيَةِ فَقَالَ إِنَّ اللهَ لَمْ يَفْرِضِ الزَّكوةَ اِلاَّ لِيُصَيِّبَا مَا بَقِيَ مِنْ اَمْوَالَكُمْ وَاِنَّمَا فَرَضَ الْمُوَازِيْثَ وَذَكَرَ كَلِمَةً لِتَكُوْنَ لِمَنْ بَعْدَكُمْ. ( رواه ابوداود و كذا الشكوة )
Ibnu Abbas ra. berkata, “Ketika ayat, & mereka yg menimbun emas & perak diwahyukan , kaum muslimin merasa sungguh susah.maka Umar ra. berkata, “Aku akan mencari jalan keluar bagi kalian.” Iapun pergi & berkata pada Nabi saw, “Wahai Nabiyullah, bahwasanya ayat ini terasa berat bagi sahabatmu.” Nabi Saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah tak mengharuskan zakat kecuali untuk menyucikan harta yg tersisa padamu, bantu-membantu mewajib waris biar ananda dijaga oleh orang-orang setelahmu.(HR. Abu Daud)
لازكاة فى مال حتّى يحول عليه الحول (رواه ابن ماجه عن عائيشة)
“tak ada zakat pada harta kecuali cukup satahun harta itu dimilikinya”
وَعَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه أَنَّ أَبَا بَكْرٍ اَلصِّدِّيقَ رضي الله عنه كَتَبَ لَه ُ ( هَذِهِ فَرِيضَةُ اَلصَّدَقَةِ اَلَّتِي فَرَضَهَا رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَلَى اَلْمُسْلِمِينَ, وَاَلَّتِي أَمَرَ اَللَّهُ بِهَا رَسُولَه ُ فِي أَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ مِنَ اَلْإِبِلِ فَمَا دُونَهَا اَلْغَنَم ُ فِي كُلِّ خَمْسٍ شَاةٌ, فَإِذَا بَلَغَتْ خَمْسًا وَعِشْرِينَ إِلَى خَمْسٍ وَثَلَاثِينَ فَفِيهَا بِنْتُ مَخَاضٍ أُنْثَى فَإِنْ لَمْ تَكُنْ فَابْنُ لَبُونٍ ذَكَر ٍ فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَثَلَاثِينَ إِلَى خَمْسٍ وَأَرْبَعِينَ فَفِيهَا بِنْتُ لَبُون ٍ أُنْثَى, فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَأَرْبَعِينَ إِلَى سِتِّينَ فَفِيهَا حِقَّةٌ طَرُوقَةُ اَلْجَمَل ِ فَإِذَا بَلَغَتْ وَاحِدَةً وَسِتِّينَ إِلَى خَمْسٍ وَسَبْعِينَ فَفِيهَا جَذَعَة ٌ فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَسَبْعِينَ إِلَى تِسْعِينَ فَفِيهَا بِنْتَا لَبُونٍ, فَإِذَا بَلَغَتْ إِحْدَى وَتِسْعِينَ إِلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ فَفِيهَا حِقَّتَانِ طَرُوقَتَا اَلْجَمَلِ, فَإِذَا زَادَتْ عَلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ فَفِي كُلِّ أَرْبَعِينَ بِنْتُ لَبُونٍ, وَفِي كُلِّ خَمْسِينَ حِقَّةٌ, وَمَنْ لَمْ يَكُنْ مَعَهُ إِلَّا أَرْبَعٌ مِنَ اَلْإِبِلِ فَلَيْسَ فِيهَا صَدَقَةٌ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ رَبُّهَا وَفِي صَدَقَةِ اَلْغَنَمِ سَائِمَتِهَا إِذَا كَانَتْ أَرْبَعِينَ إِلَى عِشْرِينَ وَمِائَةِ شَاة ٍ شَاةٌ, فَإِذَا زَادَتْ عَلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ إِلَى مِائَتَيْنِ فَفِيهَا شَاتَانِ, فَإِذَا زَادَتْ عَلَى مِائَتَيْنِ إِلَى ثَلَاثمِائَةٍ فَفِيهَا ثَلَاثُ شِيَاه ٍ فَإِذَا زَادَتْ عَلَى ثَلَاثِمِائَةٍ فَفِي كُلِّ مِائَةٍ شَاةٌ، فَإِذَا كَانَتْ سَائِمَةُ اَلرَّجُلِ نَاقِصَةً مِنْ أَرْبَعِينَ شَاة ٍ شَاةً وَاحِدَةً فَلَيْسَ فِيهَا صَدَقَةٌ, إِلَّا أَنْ يَشَاءَ رَبُّهَا. وَلَا يُجْمَعُ بَيْنَ مُتَفَرِّقٍ وَلَا يُفَرَّقُ بَيْنَ مُجْتَمِعٍ خَشْيَةَ اَلصَّدَقَةِ, وَمَا كَانَ مِنْ خَلِيطَيْنِ فَإِنَّهُمَا يَتَرَاجَعَانِ بَيْنَهُمَا بِالسَّوِيَّةِ, وَلَا يُخْرَجُ فِي اَلصَّدَقَةِ هَرِمَة ٌ وَلَا ذَاتُ عَوَارٍ, إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اَلْمُصَّدِّقُ، وَفِي اَلرِّقَة ِ رُبُعُ اَلْعُشْرِ, فَإِنْ لَمْ تَكُن ْ إِلَّا تِسْعِينَ وَمِائَةً فَلَيْسَ فِيهَا صَدَقَةٌ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ رَبُّهَا, وَمَنْ بَلَغَتْ عِنْدَهُ مِنَ اَلْإِبِلِ صَدَقَةُ اَلْجَذَعَةِ وَلَيْسَتْ عِنْدَهُ جَذَعَةٌ وَعِنْدَهُ حِقَّةٌ, فَإِنَّهَا تُقْبَلُ مِنْهُ اَلْحِقَّةُ, وَيَجْعَلُ مَعَهَا شَاتَيْنِ إِنِ اِسْتَيْسَرَتَا لَهُ, أَوْ عِشْرِينَ دِرْهَمًا, وَمَنْ بَلَغَتْ عِنْدَهُ صَدَقَةُ اَلْحِقَّةِ وَلَيْسَتْ عِنْدَهُ اَلْحِقَّةُ, وَعِنْدَهُ اَلْجَذَعَةُ, فَإِنَّهَا تُقْبَلُ مِنْهُ اَلْجَذَعَةُ, وَيُعْطِيهِ اَلْمُصَّدِّقُ عِشْرِينَ دِرْهَمًا أَوْ شَاتَيْنِ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيّ
“Dari Anas bahwa Abu Bakar ash-Shiddiq Radliyallaahu ‘anhu menulis surat kepadanya: Ini adalah keharusan zakat yg diwajibkan oleh Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam atas kaum muslimin. Yang ditugaskan Allah atas rasul-Nya ialah setiap 24 ekor unta ke bawah wajib mengeluarkan kambing, yaitu setiap kelipatan lima ekor unta zakatnya seekor kambing. Jika meraih 25 sampai 35 ekor unta, zakatnya seekor anak unta betina yg umurnya telah menginjak tahun kedua, jika tak ada zakatnya seekor anak unta jantan yg umurnya sudah menginjak tahun ketiga. Jika meraih 36 sampai 45 ekor unta, zakatnya seekor anak unta betina yg umurnya sudah menginjak tahun ketiga. Jika meraih 46 sampai 60 ekor unta, zakatnya seekor anak unta betina yg umurnya telah masuk tahun keempat & mampu dikawini unta jantan. Jika mencapai 61 sampai 75 ekor unta, zakatnya seekor unta betina yg umurnya telah masuk tahun kelima. Jika meraih 79 hingga 90 ekor unta, zakatnya dua ekor anak unta betina yg umurnya telah menginjak tahun kedua. Jika mencapai 91 hingga 120 ekor unta, maka setiap 40 ekor zakatnya seekor anak unta betina yg umurnya masuk tahun ketiga & setiap 50 ekor zakatnya seekor unta betina yg umurnya masuk tahun keempat. Bagi yg hanya mempunyai 4 ekor unta, tak wajib atasnya zakat kecuali bila pemiliknya menginginkan. Mengenai zakat kambing yg dilepas mencari makan sendiri, kalau mencapai 40 hingga 120 ekor kambing, zakatnya seekor kambing. Jika lebih dr 120 sampai 200 ekor kambing, zakatnya dua ekor kambing. Jika lebih dr 200 sampai 300 kambing, zakatnya tiga ekor kambing. Jika lebih dr 300 ekor kambing, maka setiap 100 ekor zakatnya seekor kambing. Apabila jumlah kambing yg dilepas mencari makan sendiri kurang dr 40 ekor, maka tak wajib atasnya zakat kecuali kalau pemiliknya menginginkan. Tidak boleh dikumpulkan antara hewan-hewan ternak terpisah & tak boleh dipisahkan antara binatang-binatang ternak yg terkumpul alasannya takut mengeluarkan zakat. Hewan ternak kumpulan dr dua orang, pada waktu zakat harus kembali dibagi rata antara keduanya. Tidak boleh dikeluarkan untuk zakat binatang yg renta & yg cacat, & tak boleh dikeluarkan yg jantan kecuali jika pemiliknya menghendaki. Tentang zakat perak, setiap 200 dirham zakatnya seperempatnya (2 1/2%). Jika hanya 190 dirham, tak wajib atasnya zakat kecuali bila pemiliknya menghendaki. Barangsiapa yg jumlah untanya sudah wajib mengeluarkan seekor unta betina yg seumurnya masuk tahun kelima, padahal ia tak memilikinya & ia memiliki unta betina yg umurnya masuk tahun keempat, maka ia boleh mengeluarkannya ditambah dua ekor kambing jika tak keberatan, atau 20 dirham. Barangsiapa yg sudah wajib mengeluarkan seekor anak unta betina yg umurnya masuk tahun keempat, padahal ia tak memilikinya & ia memiliki unta betina yg umurnya masuk tahun kelima, maka ia boleh mengeluarkannya ditambah 20 dirham atau dua ekor kambing. Riwayat Bukhari.
َوَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( فَرَضَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ اَلْفِطْرِ; طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اَللَّغْوِ, وَالرَّفَثِ, وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ, فَمَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ اَلصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ, وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ اَلصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ اَلصَّدَقَاتِ. ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَابْنُ مَاجَهْ, وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِم ُ
Artinya : Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam mengharuskan zakat fitrah selaku pembersih bagi orang yg berpuasa dr perkataan yg tak berkhasiat & kotor, & selaku masakan bagi orang-orang miskin. Maka barangsiapa yg mengeluarkannya sebelum sholat, ia menjadi zakat yg diterima & barangsiapa mengeluarkannya sehabis sholat, ia menjadi sedekah biasa. Riwayat Abu Dawud & Ibnu Majah
َوَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: “وَفِي اَلرِّكَازِ: اَلْخُمُسُ” ) مُتَّفَقٌ عَلَيْه ِ
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Zakat rikaz (harta peninggalan purbakala) ialah seperlima.” Muttafaq Alaihi.
َوَعَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ جَدِّهِ; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ -فِي كَنْزٍ وَجَدَهُ رَجُلٌ فِي خَرِبَةٍ-: إِنْ وَجَدْتَهُ فِي قَرْيَةٍ مَسْكُونَةٍ, فَعَرِّفْهُ, وَإِنْ وَجَدْتَهُ فِي قَرْيَةٍ غَيْرِ مَسْكُونَةٍ, فَفِيهِ وَفِي اَلرِّكَازِ: اَلْخُمُسُ ) أَخْرَجَهُ اِبْنُ مَاجَهْ بِإِسْنَادٍ حَسَن ٍ
Dari Amar Ibnu Syu’malu dr ayahnya, dr kakeknya Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Tentang harta simpanan yg ditemukan seseorang di suatu tempat yg tak berpenghuni. Jika kau-sekalian menemukannya pada kampung yg dihuni orang, maka umumkan. Jika kau-sekalian menemukannya pada kampung yg tak dihuni orang, maka zakatnya sebagai rikaz itu seperlima.” Dikeluarkan oleh Ibnu Majah dgn sanad hasan
Itulah kumpulan hadits tentang zakat tulisan bahasa arab & artinya. Semoga berfaedah & sedikit mampu mengerti mengenai zakat. Tetaplah berguru eksklusif & mengajukan pertanyaan pada para ulama mengenai fiqih bab zakat ini semoga benar benar mengerti. Wallahu a’ lam.