Cara Menjadikan Anak Percaya Diri Sejak Dini

Berikut ini cara menyebabkan anak percaya diri. Kita simak dongeng Seorang ibu yg mengajukan pertanyaan pada saya…;

”ayah bagaimana caranya semoga anak sy PD & pantang menyerah”.

Jawab saya gampang saja;

1. Puji setiap usaha kecil yg dilakukannya walaupun terlihat remeh temeh,  misalnya pada ketika anak berhasil mewarnai gambar, walaupun warnanya terlihat tak beraturan.  Atau dikala anak berupaya belajar makan sendiri walaupun sendoknya mampir ke pipi & hidung & kuliner berceceran.

membuat anak percaya diri tips jadi agar cara & berani balita trik menjadikan lebih

2. Senyumlah bila dia gagal melaksanakan sesuatu & katakan “ayo coba lagi…kau pasti mampu mama percaya kok..”.pola lain jika nilai raportnnya Cuma naik 1 poin  “Wah mahir anak mamah nilai matematikanya sekarang telah 6…. lho… bila ananda terus berusaha ternyata ananda mampu ya sayang…”

3.  Jika ada yg mencela anak kita, bisikan padanya… “Jangan percaya orang itu sayang…., percaya sama mama, ananda itu anak ahli !!.”

4.  Jika beliau sedang bercerita atau mejelaskan sesuatu segera tanggapi, dgn bergairah  “0h..begitu ya… kok mampu begitu ya…. wah… mahir sekali…”

5.  Lebih banyak mengajukan pertanyaan & mendengarkan dr pada mengjari…  Misalanya pada saat belajar menghitung angka urut…….”eh.. tadi angka habis lima berapa ya…. enam atau depan ya..mama kok lupa ya….? (padahal maksudnya agar anak memperbaiki) “ yuk kita coba ulangi lagi….”

6.  Apakah ibu sendiri pula telah merasa PD dgn diri sendiri di depan umum…? sebab sy pula  sering mendapatkan anak itu menjadi tak PD alasannya ibunya sendiri pula TIDAK PD, itu yg disebut TIDAK PD yg menular.

Lalu Sang ibu tadi berkata;  “namun perasaan saya sudah melakukan semua yg di sarankan oleh ayah….dengan sungguh PD, . tapi anak saya kok ya tetap tak PD.”

  Prinsip Prinsip Dasar Dalam Mendidik Anak Usia Dini

Jawab saya:  “Coba minta orang lain atau anak kita menilai apakah benar ibu sudah melakukannya dengan-cara baik & konsisten.?  Ingat ‘PERASAAN’ bukanlah “FAKTA”.   Itulah kenapa senantiasa ada ucapan ‘Perasaan tadi dompetnya saya taruh di sini dech, namun kok kini tak ada ya…”

Sebagai epilog saya katakan pada sang ibu tadi;

” Begini bu….Jika nanti berdasarkan fakta memang ibu telah melakukannya dgn baik niscaya balasannya tak akan pernah salah , akan tumbuh ”SEORANG ANAK YG TAMPIL DENGAN PENUH PERCAYA DIRI.”   Karena sesungguhnya anak kita itu persis mirip cermin pemantul… dia akan memantulkan apa saja yg dijalankan oleh kita para orang tuanya.

Dan hingga saat ini sy belum pernah memperoleh ada cermin yg  pada saat saya berkaca wajah saya  tapi yg  timbul di cermin wajah orang lain. –Cara Menjadikan Anak Percaya Diri