Tari Tradisional

Tarian Daerah – Materi kali ini akan membahas tentang Nama Tarian Tradisioanl Di indonesia Berdasarkan Gambar & Asal Daerahnya. Untuk Lebih Lengkapnya Simak Penjelasannya Dibawah ini

Pengertian Tarian

Secara biasa , pemahaman tari yakni lisan jiwa manusia yg dituangkan lewat gerak kemudian dibentuk dgn proses distirilisasi sehingga menjadi suatu gerak yg ritmis & mempunyai harmonisasi.

Tarian Tradisional Jawa Timur

Tari Tradisional Jawa TimurTari Tradisional Jawa Timur

Tari Reog

Reog Ponorogo yakni tari tradisional dr kawasan Jawa Timur yg menggambarkan ketangguhan, kegagahan & kejantanan. Tarian ini sungguh terkenal hingga kancah internasional.

  √ Pengertian Biosfer Dan Misalnya Postingan Terlengkap

Tarian Tradisional Nangroe Aceh Darrusalam

Tarian Tradisional Nangroe Aceh DarrusalamTarian Tradisional Nangroe Aceh Darrusalam

Tarian Saman

Tari Saman adalah tarian yg dipentaskan pada publik ketika hari-hari besar seperti program maulid Nabi Muhammad Saw. Tarian adat aceh berbeda dgn tarian kebanyakan, Aceh yg terkenal dgn julukan serambi mekah & niscaya selalu berpegang teguh terhadap agama.

Tarian Tradisional Sumatera Utara

Tarian Tradisional Sumatera UtaraTarian Tradisional Sumatera Utara

Tari Baluse

Lambang gambar loncat batu itulah pada zaman dahulu provinsi Sumatera Utara. Sampai dgn kini tarian itu masih terkenal bagi pecinta adat.

Tarian Tradisional Sumatera Selatan

Tarian Tradisional Sumatera SelatanTarian Tradisional Sumatera Selatan

Tari Tanggai

Tari Tanggai adalah tari yg sering dipentaskan ketika hari-hari besar mirip tahun gres maupun menyambut tamu & pula mampu digunakan pada program pengantin, arti dr tari ini yaitu keramah tamahan masyarakat sumatera Selatan dlm menyambut tamu-tamu yg mereka hormati, Namun lebih utamanya masyarakat Palembang, alasannya hingga kini Palembang masih memegang bersahabat tarian daerah ini.

Tarian Tradisional Sumatera Barat

Tarian Tradisional Sumatera BaratTarian Tradisional Sumatera Barat

Tari Piring

Siapa sih yg tak kenal dgn Tari Piring?

Asal muasal Tari piring berasal dr Kota Minangkabau, fungsi tari kawasan tersebut tak mirip saat ini yg mana digunakan selaku program pertunjukan . Melainkan dipakai dikala masa panen tiba, tarian tersebut merupakan bentuk rasa puji syukur pada Dewi padi yg mereka percayai telah menunjukkan hasil panen yg melimpah ruah pada penduduk Minang.

Tarian Tradisional Riau

 

Nama: Tari Makan Sirih

Dari namanya mungkin terdengar asing bukan? Yups! Tarian tersebut bukan menari sambil menyantap sirih ya,, Pada zaman dulu saat masih terkenalnya sebuah kerajaan-kerajaan di Indonesia tarian Makan Sirih ini selalu dipentaskan ketika para menteri kerajaan atau kerajaan akan menghadiri kawasan Provinsi.

Tarian Tradisional Kepulauan Riau

Tarian Tradisional Kepulauan RiauTarian Tradisional Kepulauan Riau

Tari Zapin

Tari zapin yakni sebuah tari pertunjukan yg sengaja di pertunjukan kepublik supaya bisa menghibur semua orang. Tetapi pula tak hanya itu, alasannya adalah dlm Tarian zapin inilah tertanam anutan Islam & pada zaman dulu dipakai sebagai fasilitas dakwah Islam.

Tarian Tradisional Bangka Belitung

Tarian Tradisional Bangka Belitung
Tarian Tradisional Bangka Belitung

Tari Campak

Tari Campak biasanya dipakai sebagai pengisi hiburan atau persembahan yg dipentaskan pada program-acara tertentu. Banyak orang mengenalnya dgn istilah tarian pertunjukan , tetapi didalamnya terselip maksud untuk menghibur para bujang agar tak murung atas kesendiriannya. Selain itu, tarian ini pula dijadikan selaku acara syukur panen padi mirip tari piring yg ada di provinsi Sumatera Barat.

Tarian Tradisional Bengkulu

Tarian Tradisional BengkuluTarian Tradisional Bengkulu

Tari Adun

Pandangan penduduk , maksud tarian yakni sarana menghibur bagi siapa saja namun, tarian Adun tak hanya dipakai untuk hal tersebut. Namun, pula digunakan sebagai prosesi menanam padi, pada saat itulah siapa saja meminta & berdo’a biar panen yg akan tiba menjadi panen melimpah.

Tarian Tradisional Lampung

Tarian Tradisional LampungTarian Tradisional Lampung

Tari Melinting

Tari Melinting itu diambil dr nama seorang ratu di Lampung, asal mulanya tercipta tarian tersebut. Pada Provinsi Lampung itu terdapat kerajaan yg berada dibawah kekuasaan ratu Melinting. Selang berapa tahun, terjadilah sebuah tarian yg selalu dipentaskan oleh keluarga kerajaan seperti putra & putri ratu kerajaan, maka dr itu tarian ini dinamakan tarian Melinting.

Tarian Tradisional DKI Jakarta

Tarian Tradisional DKI JakartaTarian Tradisional DKI Jakarta

Tari Topeng

Dahulu kala, Tari topeng yakni tarian diperuntukan sebagai menolak balak. Tarian Topeng sudah jarang digunakan sebagai penolak bala. Tahun demi tahun, mungkin dikarenakan zaman yg telah modern belum dewasa muda DKI sudah mulai beralih ke pergaulan mudanya.

Tarian Tradisional Banten

Tarian Tradisional BantenTarian Tradisional Banten

 

Tari Rampak Beduk

Dari namanya sudah menggambarkan bahwa penduduk Banten harus memakai waktu mereka sebijak mungkin, dgn adanya tarian ini merupakan menggambarkan & mengandung makna supaya kita tetap tepat melaksanakan Ibadah pada waktunya tiba.

Tarian Tari Yogyakarta

Tarian Tari YogyakartaTarian Tari Yogyakarta

Tari Serimpi

Yogyakarta dikenal dgn kota yg terdapat banyak meninggalkan kebudayaan kerajaan, dr itulah aspek tarian Jogja pula termakan oleh keratonan. Maka dr itu, tari Serimpi digunakan oleh masyarakat zaman dahulunya untuk pertunjukan kerajaan di dlm keraton-keraton.

Tarian Tradisional Jawa Barat

Tarian Tradisional Jawa BaratTarian Tradisional Jawa Barat

Tari Jaipong

Tarian jaipong ini dijadikan hiburan bagi masyarakat Jawa Barat kebanyakan. Namun untuk sebagian orang, mereka mengutarakan bahwa tarian tersebut ialah tarian yg digunakan untuk menyambut tamu besar, baik tamu setempat maupun bule/pale.

Tarian Tradisional Jawa Tengah

Tarian Tradisional Jawa TengahTarian Tradisional Jawa Tengah

Tari Bedhaya

Jawa Tengah terlahir dgn membawa nama kerajaan Surakarta, begitupun dgn tarian Bedhaya yg digunakan untuk menghibur raja Keraton Surakarta. Namun, sekarang tarian ini bisa ditonton oleh publik. Dan pada umumnya tarian ini dipentaskan pada perayaan kelahiran putra pejabat.

Tarian Tradisional Jawa Timur

Tarian Tradisional Jawa TimurTarian Tradisional Jawa Timur

Tari Remo

Tarian ini banyak dipakai selaku program menyambut pejabat negara, tamu negara, maupun orang yg berperan penting bagi Negara. Dan pula menjadi pementasan di banyak sekali festival-pekan raya yg ada disetiap tahunnya.

Tarian Tradisional Jawa Tengah

Tarian Tradisional Jawa TengahTarian Tradisional Jawa Tengah

Tari Blambangan Cakil

Tarian Adat Bali

Tarian Adat BaliTarian Adat Bali

Tari Pendet

Peninggalan fatwa agama hindu tak hanya kuat pada karakteristik yg ada pada situasi Bali. Tetapi pula sungguh besar lengan berkuasa pada tarian kawasan Bali. Dikarenakan penduduk Bali sungguh sering memakai tarian tersebut pada ketika upacara keagamaan Hindu

Tarian Tradisional NTB

Tarian Tradisional NTBTarian Tradisional NTB

Tari Sere

Pada zaman dahulu Tari Sere  di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  dipakai hanya pada ketika upacara adat di Sumbawa. Namun sehabis berkembangnya zaman kini mampu kerap kita jumpai di program-acara publik seperti pekan raya, maupun sebagai sambutan untuk tamu penting ataupun tamu negara

Tarian Tradisional NTT

Tarian Tradisional NTTTarian Tradisional NTT

Tari Gareng Lemeng

Dari namanya saja sudah sedikit terjelaskan bentuk ciri-ciri tari ini!

Tari Gareng Lemeng yakni tari yg di lakukan sekurang-kurangnyaoleh 2 orang laki-laki dgn memegang tongkat sebagai senjata (pedang/cambuk) lalu ditangan yg lain, mereka memegang temeng.

Tarian Tradisional Kalimantan Barat

Tarian Tradisional Kalimantan BaratTarian Tradisional Kalimantan Barat

Tari Monong/Manang

Tarian Monong/Manang dulu cuma dipakai sebagai ritual kawasan. Konon tarian ini mampu menghalangi atau menyembuhkan penyakit yg ada didalam tubuh si penderita.

Tarian Daerah Kalimantan Selatan

Tarian Daerah Kalimantan SelatanTarian Daerah Kalimantan Selatan

Tari Baksa Kembang

Tari yg berasal dr Kalsel ini yaitu tarian adat khusus, biasanya dipertunjukan selaku menyambut tamu kehormatan atau saudara-saudara kerjaan yg baru tiba.

Tarian Tradisional Kalimantan Timur

Tarian Tradisional Kalimantan TimurTarian Tradisional Kalimantan Timur

Tari Gong

Tarian ciri khas yg paling populer dr kalimantan timur ialah Tari Gong, tarian ini dilakukan dgn diiringi musik Gong. Biasanya tari yg ditampilkan ini cuma ada pada program-acara tertentu mirip penyambutan acara, atau lomba tari.

Tarian Tradisional Kalimantan Utara

Tarian Tradisional Kalimantan UtaraTarian Tradisional Kalimantan Utara

Tari Radab Rahayu

Tari khas dr Kaltim ini bisa dijuluki dgn tari Radab Rahayu biasanya ditampilkan pada dikala terjadi suatu program resmi seperti upacara akad nikah, & program kematian. Konon, diceritakan katanya tari Radab Rahayu diyakini masyarakat sekitar selaku tari yg dapat menolak bala suatu wilayah.

Tarian Tradisional Sulawesi Utara

Tarian Tradisional Sulawesi UtaraTarian Tradisional Sulawesi Utara

Tari Maengket

Sama mirip halnya tarian yg berada pada Indonesia serpihan barat yakni tari yg mempunyai tujuan untuk berdo’a semoga masa panen tiba, masyarakat Sulawesi Utara mampu mendapatkan hasil panen yg melimpah.

Pada penduduk lazimnya Tari Maengket pula sering disebut dgn tari ritual alasannya dipakai & pula sering dipentaskan saat program keagamaan.

Tarian Tradisional Sulawesi Barat

Tarian Tradisional Sulawesi BaratTarian Tradisional Sulawesi Barat

Tari Pattudu

Pada zaman dulu, tarian Pattudu hanya digunakan sebagai menghibur para kerluarga keistanaan seperti Sang Raja, & para menteri yg yang lain. Adapun tarian Pattudu hanya dipentaskan di ruangan utama istana & ditonton oleh publik (khalayak umum).

Tarian Tradisional Sulawesi Tengah

Tarian Tradisional Sulawesi TengahTarian Tradisional Sulawesi Tengah

Tari Demo

Dalam fungsi tari Demo pula sama dgn tari adat  Kalimantan Utara yakni tari menyambut masa panen tiba. Adapun ritual adat ini pada umumnya bisa kita temui ketika program di Poso.

Tarian Tradisional Sulawesi Tenggara

Tarian Tradisional Sulawesi TenggaraTarian Tradisional Sulawesi Tenggara

Tari Lulo Alu

Termasuk tari upacara adat sebab dilihat dr fungsinya yg dilaksanakan oleh suku Buton dlm melaksanakan upacara terima kasih pada yang kuasa atas hasil panen yg mereka terima semasa masa panen tiba.

Tarian Tradisional Sulawesi Selatan

Tarian Tradisional Sulawesi Selatan
Tarian Tradisional Sulawesi Selatan

Tari Pakarena

Adapun yg paling sering dipentaskan saat upacara adat masyarakat Sulawesi Selatan ialah tari Pakarena. Tari tersebut biasanya dipakai sebagai tari Ritual adat, mulai dr program resmi & pula dipentaskan sebagai program ucapan terima kasih pada pemimpin mereka/kepala desa alasannya sudah pernah memimpin mereka selama periodenya.

Tarian Tradisional Gorontalo

Tarian Tradisional Gorontalo
Tarian Tradisional Gorontalo

Tari Dana Dana

Ketika pada zaman kerajaan Sultan Amay dgn Putri Owotango dlm acara pernikahannya, pada saat itulah pertama kali tari Dana Dana menjadi pertunjukan yg dipentaskan untuk mengisi acara pernikahannya.

Adapun fungsi tarian ini biasanya digunakan untuk seni pertunjukan program-program hiburan publik mirip akad nikah, hajatan, maupun pameran yg diadakan setiap tahunnya.

Tarian Tradisional Maluku

Tarian Tradisional MalukuTarian Tradisional Maluku

Tari Lenso

Tari berikut ini yakni tari yg dipentaskan untuk acara-program besar mirip tari yg di adakan saat pesta hiburan ijab kabul, penyambutan tamu, & ketika melaksanakan ritual syukuran atas panen yg diberikan dewa pada penduduk Maluku.

Tarian Tradisional Maluku Utara

Tarian Tradisional Maluku UtaraTarian Tradisional Maluku Utara

Tari Perang

Adapun pada tarian perang ini ingin menjelaskan mirip apa para pejuang nenek moyang dulu mereka dlm mempertahankan tanah airnya.

Tarian Tradisional Papua Barat

Tarian Tradisional Papua BaratTarian Tradisional Papua Barat

Tari Perang Papua

Tarian Perang Papua ini sering dipentaskan dgn maksud ingin mengobarkan semangat para pejuang perang. Akan namun, dgn seiringnya tahun berganti, mereka menggunakan tarian ini cuma untuk upacara adat Papua.

Tarian Adat Papua

Tarian Adat Papua
Tarian Adat Papua

Tari Selamat Datang

Papua pula termasuk pulau yg ramai disenangi oleh para turis baik penduduk nasional maupun oleh masyarakat internasional.

Selain itu, penduduk Papua punya tari Selamat Datang, tidak aneh banyak yg betah & ingin menetap disana.

 

Demikianlah Materi Pembahasan kali ini Semoga Artikel dapat menambah pengetahuan serta pengetahuan kita & dapat bermanfaat Untuk kita semua

Artikel Lainnya;