Cara Menyembunyikan File dan Folder pada Windows 10

Beberapa orang mempunyai file & folder yg tak mau dibuka oleh orang lain sebab hal itu bersifat pribadi. Jika tak disembunyikan, kemungkinan akan mampu dicari dgn bantuan mesin penelusuran di File Explorer asalkan tau nama file yg ingin dilihat.

Nah, kali ini penulis akan membicarakan ihwal cara-cara menyembunyikan file & folder di Windows 10. Baiklah, mari kita mulai pembahasan lengkapnya.

Menyembunyikan file

Cara Menyembunyikan File & Folder dgn Cepat

Cara pertama ini cukup gampang. Tidak ada perbedaan yg besar antara cara hidden folders & file yg terlihat di sini sehingga saya jadikan satu.

Menyembunyikan folder
Buka properties file atau folder

Pertama-tama klik kanan pada folder atau file yg hendak di sembunyikan (kau mampu pilih lebih dr satu), lalu klik Properties.

Cara mudah file & folder disembunyikan
Properties file atau folder

Setelah itu akan muncul jendela mirip gambar di atas, centang checkbox Hidden kemudian klik OK.

Cara hidden file
Konfirmasi hidden file

Jika yg akan disembunyikan yaitu folder, jendela di atas akan muncul. Pilih “Apply changes to this folder only” kalau ananda cuma ingin menyembunyikan folder itu saja & file maupun subfolder yg ada di dalamnya tak disembunyikan (mampu didapatkan bila dicari memakai File Explorer).

Pilih “Apply changes to this folder, subfolders and files” jika ingin menyembunyikan semua yg ada di folder itu. Nah, apabila langkah di atas terlalu panjang, ananda bisa melakukannya dgn lebih cepat satu langkah.

Cara cepat folder & file trik
Shortcut hide file

Pilih folder atau file yg hendak ananda sembunyikan (mampu lebih dr satu file ataupun folder), sehabis itu klik “Hide selected items” & akan eksklusif timbul jendela konfirmasi jikalau yg ananda sembunyikan adalah folder. Sama seperti di atas.

  Tanda WhatsApp Dibajak dan Cara Menghentikannya

Untuk menampilkan & menyembunyikan file yg sudah disembunyikan, caranya cukup gampang. Tinggal klik arah yg ada di pojok kanan (di sebelah tanda tanya), klik view, lalu klik di checkbox Hidden items.

Cara file & folder disembunyikan
Menampilkan file tersembunyi

Lanjutkan membaca ke bagian ke dua panduan ini. Saya akan beri teladan 1 file & 1 folder yg hendak saya sembunyikan dgn cara berlainan.

File & folder berhasil diubah
Hasil folder yg disembunyikan

Cara Menyembunyikan File dgn Mudah

Nah. Langkah ini sedikit nyeleneh namun banyak orang yg sudah melakukannya & berhasil menyembunyikan file yg berharga, yakni dgn cara merubah ekstensi filenya.

Cara menampilkan ekstensi file
Cara memperlihatkan ekstensi file

Pertama-tama pastikan bahwa file name extensions tampil. Lakukan cara memperlihatkan ekstensi file jika belum ada. Dalam teladan saya menggunakan file YouTube dgn ekstensi txt. Pada gambar di atas, nama filenya terlihat YouTube.txt.

Cara mengkonversi file dgn aman
Cara mengkonversi file

Setelah itu langsung klik kanan pada file, klik Rename. Gantilah ekstensi file yg terletak sesudah titik, pada masalah ini saya merubah txt dgn mp4. Langkah terakhir tekan tombol Enter pada keyboard.

Persetujuan mengganti ekstensi file
Konfirmasi ganti ekstensi

Ketika selesai menekan tombol Enter, jendela ini akan timbul jadi klik Yes. Mari kita lihat akhirnya.

Hasil konversi file
Hasil konversi

Hasilnya, suatu file dgn nama YouTube.mp4 & tatkala dibuka file tersebut tak mampu berjalan dgn wajar alasannya pada dasarnya itu bukan file mp4 melainkan txt.

Cara Menyembunyikan Folder dgn Praktis

Lantas, apakah mengganti ekstensi pula mampu diterapkan untuk menyembunyikan folder? Mari kita lihat.

Folder tak disembunyikan
Folder tak disembunyikan

Ternyata cara di atas tak lagi berhasil. Kita perlu menambah satu langkah untuk melaksanakan hal yg sama pada suatu folder yaitu dgn memanfaatkan software pengompres folder. Jika di laptopmu belum terinstall software itu, download WinRar terlebih dahulu.

Kompres folder untuk trik ini
Kompres folder

Klik kanan pada folder & langsung klik Add to “YouTube.rar”.

Hasil folder trik
Hasil trik sembunyikan folder

Setelah pengompresan selesai, akan tampil YouTube.rar, ananda boleh meniadakan YouTube supaya tak ada jejak tertinggal. Untuk langkah berikutnya sama dgn cara mengganti ekstensi file yg sudah diterangkan di atas.

  Pengertian dan Sejarah Cloud Computing

Selesai

Masing-masing cara menyembunyikan file ini memiliki celahnya sendiri-sendiri jadi ananda perlu mempertimbangkannya apalagi dahulu biar semakin kondusif. Penggantian ekstensi sangat riskan tak mampu dibuka apabila ananda lupa ekstensi asli dr file tersebut.