Apabila tubuh mengalami dehidrasi, bagian otak manakah yang akan merespon untuk mengatasinya

Apabila tubuh mengalami dehidrasi, serpihan otak manakah yg akan merespon untuk mengatasinya? Jelaskan mekanismenya!

Jawab:

Saat tubuh mengalami dehidrasi, Hipotalamus akan merespons dgn memperlihatkan perintah pada hipofisis posterior untuk menyekresikan ADH yg akan memengaruhi kerja ginjal untuk aktif mereabsorpsi air sehingga kehilangan air melalui urine dapat dihambat.

Pembahasan

Hipotalamus merupakan cuilan otak yg mengeluarkan hormon untuk mengontrol fungsi organ & sel tubuh. Sehingga dgn adanya hipotalamus, maka seluruh tata cara tubuh akan berjalan dengan-cara stabil.

Hipotalamus memproduksi aneka macam macam hormon penting bagi badan.

Oleh karena itu apabila hipotalamus mengalami gangguan, maka akan menghipnotis banyak sekali fungsi kerja organ tubuh yang lain.

Contoh dr fungsi hipotalamus ialah untuk mengendalikan suhu tubuh, rasa lapar, house, denyut jantung, libido, & siklus fisiologis harian.

Sedangkan hormon-hormon yg dibuat oleh hipotalamus yaitu antidiuretik, oksitosin, somatostatin, melepaskan gonadotropin, melepaskan kortikotropin, & tirotropin.

Dehidrasi berafiliasi dgn adanya gangguan jumlah cairan badan. Hormon yg dihasilkan hipotalamus untuk menangani ini ialah hormon antidiuretik lantaran hormon ini menertibkan keseimbangan kadar air di dlm tubuh.

Terimakasih sudah berkunjung ke . Semoga membantu.

  Pengertian Metabolisme, Proses dan Jenisnya (Lengkap)