sebutkan 5 contoh konsep diferensiasi area​!

Pertanyaan

sebutkan 5 acuan desain diferensiasi area​!

Jawaban

Di bawah ini merupakan pola desain diferensiasi area.

  1. Masyarakat yg tinggal di pesisir bekerja sebagai nelayan sedangkan warga pegunungan biasanya melakukan pekerjaan di kebun atau di ladang.

  2. Pada umumnya, penduduk di dataran rendah bermata pencaharian sebagai nelayan & petani. Sedangkan penduduk di dataran tinggi melakukan pekerjaan selaku petani & perkebunan.

  3. Perbedaan ragam bahasa di pulau Jawa dapat dilihat dr kosakata maupun nada bicara.

  4. Kabupaten Kuningan mempunyai kenampakan berbentukpegunungan, dgn jalan yg berkelok-kelok, & adanya perkebunan di kanan kiri. Sedangkan kabupaten Indramayu relatif datar & ialah kawasan pesawahan.

  5. Gunung api aktif di Indonesia terbentang dr Sumatera, Jawa & Sulawesi. Sedangkan Kalimantan merupakan pulau yg tak mempunyai gunung api aktif karena tak terletak pada konferensi tektonik maupun vulkanik. 

Pembahasan

Setiap wilayah mempunyai karakteristik tersendiri. Oleh karena itu, ada ciri-ciri khusus pada wilayah tersebut yg tak ada pada wilayah lain.

Contohnya wilayah yg hanya ditumbuhi oleh rurumputan pohon palem, & curah hujan yg sangat sedikit maka wilayah tersebut bisa merupakan sabana. 

Sedangkan wilayah yg banyak ditumbuhi oleh aneka macam flora pepohonan, & curah hujan yg sangat tinggi maka wilayah tersebut mampu digolongkan selaku hutan hujan tropis.

Dengan adanya diferensiasi area, maka akan kian gampang untuk mengkaji area tersebut.


  Litosfer