Mengapa Pada Saat Mengesahkan UUD 1945 Tidak Ada Menyebutkan Mengesahkan Pancasila Pada Hal Pancasila Adalah Dasar Negara.

Mengapa pada saat mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 tak ada menyebutkan mengesahkan Pancasila pada hal Pancasila yakni dasar negara.

Jawaban:

Undang-undang dasar 1945 yakni pemikiran hukum yg hingga saat ini masih dipakai oleh Bangsa Indonesia. Perumusan Undang-Undang Dasar ini ternyata harus melalui banyak perjalanan yg panjang loh. Simak bagaimana kisahnya. Dalam sidang kedua BPUPKI di tanggal 14 Juli 1945, Ir Sukarno sebagai ketua Panitia Perancang Undang-Undang Dasar mengatakan bahwa ada tiga hasil, yaitu:

Pernyataan Indonesia Merdeka

Pembukaan UUD

Batang Tubuh Undang-undang dasar

Setelah itu, di tanggal 15 Juli 1945 BPUPKI kembali melaksanakan sidang untuk membicarakan rangcangan UUD. Keesokan harinya, BPUPKI sudah menerima hasil desain Undang-Undang Dasar dengan-cara utuh. Dengan begitu, selesailah tugas BPUPKI untuk memeriksa proses kemerdekaan Indonesia. Karena tugasnya sudah selesai, BPUPKI pun karenanya dibubarkan. Namun, para anggota mengusulkan tentang pembentukan PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia di tanggal 7 Agustus 1945. Meskipun dibuat tanggal 7, PPKI gres bisa mulai bekerja di tanggal 18 Agustus 1945.

Sidang pertama PPKI dikerjakan di Pejambon. Sebelum rapat dimulai, Ir. Sukarno & Drs. Mohammad Hatta meminta pada Ki Bagus Hadikusumo, KH Wahid Hasyim, Mr Kasman Singodimedjo & Mr. Teuku Mohammad Hasan untuk membahas lagi perihal desain Undang-Undang Dasar. Hal itu dikarenakan adanya kalangan yg nggak mau menerima kalimat pertama sila pertama naskah Piagam Jakarta. Untuk mampu menjaga persatuan bangsa Indonesia, maka dilakukanlah pergeseran terhadap isi sila itu.

  5. Berilah Contoh Peran Warga Negara Indonesia Dalam Proses Pembangunan!

Akhirnya, sila pertama Pancasila diubah menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Nah, kini ananda sudah tahu wacana pembubaran BPUPKI & penggantian kalimat dr sila pertama Pancasila. Sampai dikala ini, Pancasila masih memperoleh tempat yg khusus selaku dasar negara Indonesia & selaku aliran hidup berbangsa bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia

Mengapa pada saat mengesahkan UUD 1945 tak ada menyebutkan mengesahkan Pancasila pada hal Pancasila yakni dasar negara?

Jawaban:

hi wes

Penjelasan:

hi wes ……………………

kapankah & siapa yg mengesahkan pancasila sebagai dasar negara

1 Juni 1945 Oleh Ir. Soekarno

Moga menolong

siapa yg mengesahkan pancasila selaku dasar negara??

Ir.Soekarno mungkin,

Yang mengesahkan pancasila selaku dasar negara yaitu

Prof .Dr Nugroho notosusanto
.. kynya itu ..