Archandra Tahar, Ahli Perminyakan Pemilik 3 Hak Paten yang Cinta Mengaji

Salah satu nama yg mencuat hari ini ialah Archandra Tahar. Pasalnya, nama yg sebelumnya tak banyak diketahui masyarakat Indonesia ini kini menjadi Menteri Menteri Energi & Sumber Daya Mineral Republik Indonesia menggantikan Sudirman Said.

Namun jangan salah, Archandra Tahar yaitu mahir perminyakan yg telah mempunyai tiga hak paten. Sebelumnya ia tak begitu dikenal alasannya adalah tinggal & berkiprah di Amerika Serikat.

Archandra Tahar menempuh S1 Teknik Mesin di ITB. Setelah lulus pada 1994, ia bekerja di Andersen Consulting. Dua tahun berikutnya ia mampu melanjutkan kuliahnya ke jenjang S2 di Texas A&M University Ocean Engineering, Amerika Serikat. Kemudian mengambil S3 di universitas yg sama.

Di tahun-tahun selanjutnya, Archandra melanglang buana di Negeri Paman Sam & menjadi konsultan di aneka macam perusahaan internasional. Terakhir, ia menjadi Presiden Petroneering, suatu perusahaan konsultan migas yg didirikannya.

Kendati tinggal di Amerika Serikat, Archandra mempunyai kepedulian tinggi atas tanah airnya. Ia kerap menyumbangkan tenaga & fikiran dlm lembaga-lembaga yg membutuhkan keberadaannya.

Archandra pula merupakan sosok di balik kesuksesan Presiden Jokowi menarik kembali Blok Masela supaya dikuasai Indonesia, dgn menetapkan eksplorasi mesti dijalankan onshore bukan offshore.

Archandra mempunyai pengalaman belasan tahun di bidang hidrodinamika & rekayasa lepas pantai. Ia berbagi keterampilan khusus melalui kuliah-kuliahnya & pengalaman praktis selama berada di dunia industri. Saat ini, Archandra telah memegang tiga hak paten pada bidang pengembangan migas lepas pantai. Di antaranya yakni teknologi McT (Multi Column TLP) Floating Platform yg pula digunakan oleh Pertamina di L-Parigi, di Cilamaya, Karawang.

  Saat Disiksa Suaminya, Allah Perlihatkan Rumah Surga bagi Wanita Ini

Archandra Tahar Guru Mengaji

Selain keahliannya yg handal di bidang perminyakan, yg membuat Archandra berlawanan yaitu keaktifannya dlm bidang pendidikan keagamaan. Archandra merupakan seorang yg suka mengaji.

Di Amerika Serikat, Archandra aktif di Islamic Family (IFA) Academy & menjadi guru mengaji. IFA Academy merupakan organisasi yg digagas oleh komunitas muslim di Amerika Serikat sejak tahun 2006. Lembaga nirlaba ini bergerak di bidang pelayanan tutorial ibadah & keislaman, terutama pada belum dewasa. [Ibnu K/wargamasyarakat]