Bersabarlah, Jangan Berputus Asa Dalam Berdakwah (Bagian 2)

Lanjutan dr Bersabarlah, Jangan Berputus Asa Dalam Berdakwah

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ

“Sungguh, kamu-sekalian (Muhammad) tak mampu memberi isyarat pada orang yg kamu-sekalian kasihi, namun Allah memberi isyarat pada orang yg dia inginkan.” (QS. Al-Qashash: 56).

Wahai saudaraku!

Majulah terus dlm berdakwah & jangan sekali-kali mempertimbangkan hasil dr dakwahmu itu. Sebab, bahu-membahu dakwah yaitu perjuangan, ketabahan, fokus mencari ridha Allah Ta’ala, dan memanfaatkan potensi dlm setiap saat-saat yg dilakukan dengan-cara terus-menerus.

Bersabarlah dlm meniti jalan dakwah & menghadapi obyek dakwah. Korbankanlah waktumu, hartamu, & usahamu hanya untuk dakwah.

Janganlah takut, alasannya adalah jalan dakwah sudah banyak ditapaki oleh para nabi, rasul, & orang-orang shalih. Di jalan itu kau-sekalian hanya meneruskan derap langkah mereka.

Ketika kebosanan & rasa putus menghinggapimu, maka hadirkan bayangan pahala yg akan ananda peroleh. Lalu andaikan obyek dakwahmu itu melakukan shalat, maka kau-sekalian menerima limpahan pahala mirip pahala shalat mereka.

Jika mereka berpuasa, maka kau-sekalian akan menerima ganjaran yg sepadan dgn pahala puasa mereka. Begitu juga, jikalau mereka melaksanakan shalat malam, maka kamu-sekalian akan mendapatkan pahala mirip mereka.

Makara, berdakwah itu tak berharap pada akibatnya. Namun, proses & cara berdakwah itu yg harus kita amati. Apakah sudah sesuai dgn tuntunan Al-Qur`an & hadits atau belum?

Jika sudah sesuai & bersungguh-sangat dlm berdakwah, maka tentu Allah akan menawarkan akomodasi bagi kita.

Ingatlah, bahwa Allah Ta’ala berfirman,

وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ

“Dan orang-orang yg berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan pada mereka jalan-jalan Kami. Dan sangat, Allah beserta orang-orang yg berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut: 69).

  Keutamaan Bulan Rajab dan Amalan Para Ulama

Semoga Allah meluruskan niat kita, menjadikan anak, cucu & keturunan kita orang-orang yg shalih, & memberi keikhlasan pada kita dlm bertindak & berbicara.

Semoga shalawat & salam tetap terlimpah pada Nabi Muhammad, serta keluarga & para shahabatnya. Semoga berguna.

Dikutip dr kitab Arba’una Darsan Liman Adraka Ramadhan karya Dr. Abdul Malik Al-Qasim.

[Abu Syafiq/Wargamasyarakat]