√ Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-macam jaringan komputer – Jaringan komputer merupakan kumpulan komputer, printer maupun peralatan yang lain yg saling terhubung. Fungsi jaringan komputer yakni untuk memudahkan dlm melakukan transfer data & pembagian sumber daya atau resource.

Penggunaan jaringan komuter ini dapat kita temui misalnya di suatu warnet yg mempunyai beberapa komputer, agar bisa mendukung pencetakan, maka dibuatlah jaringan yg menghubungkan semua komputer di warnet tersebut dgn suatu printer.

Adanya jaringan ini memungkinkan untuk dapat mencetak tulisan & gambar dr komputer-komputer user yg ada di bilik. Selain itu adanya jaringan ini pula menciptakan komputer antar user mampu melaksanakan transfer data maupun menggunakan software yg sama yg terdapat pada jaringan.

Lalu, apa yg dipakai untuk menghubungkan antar komputer tersebut?

Jaringan komputer mampu dihubungkan menggunakan kabel yg terbuat dr serat optik, kabel tembaga, saluran telepon, WIFI, sinyal radio atau sinar infra merah.

Nah, berdasarkan jarak & area kerjanya sebuah jaringan komputer mampu kita bedakan menjadi 3 macam yakni LAN, MAN & WAN.

A. LAN (Local Area Network)

Jaringan yg menggunakan LAN atau Local Area Network kebanyakan hanya berjarak sekitar 5 meter. Jaringan ini biasa digunakan untuk area universitas, sekolahan atau perkantoran memakai media penghubung kabel. Jaringan LAN mampu memiliki kecepatan transfer data sebesar 2 hingga 10 Mb per-sekon (Mbps).

Jaringan LAN memiliki dua macam jaringan yakni peer to peer & jaringan client atau server. Pada jaringan peer to peer atau yg diketahui sebagai workgroup semua komputer akan memiliki fungsi melayani (selaku server) & dilayani (selaku client) sehingga tak ada komputer yg memiliki fungsi-fungsi khusus. Model jaringan ini lebih murah ketimbang jaringan client atau server karena lebih sederhana namun model ini cuma dapat berlangsung dgn baik apabila komputernya berjumlah tak lebih dr 25 buah.

  √ Perhitungan Biaya Akses Internet

Jaringan peer to peer atau workgroup memiliki lima karakteristik antara lain:

a. Ada komputer yg berfungsi selaku pusat data (minimal 1).

b. Ada komputer yg berfungsi selaku workstation.

c. Menggunakan tata cara operasi pendukung jaringan seperti Linux, Netware & sebagainya.

d. Menggunakan alat penunjang yang lain mirip HUB, Network Interface Card (NIC) & sebaginya.

e. Menggunakan media penghubung mirip kabel, terminator & sebagainya.

Kita bisa menyaksikan rangkaian jaringan peer to peer seperti pada gambar di bawah ini.

Jaringan peer to peer. Pada jaringan  ini tak ada komputer server
Gambar. Jaringan peer to peer. Pada jaringan ini tak ada komputer server

Berbeda pada jaringan peer to peer, pada jaringan jaringan client atau server sebuah komputer akan difungsikan biar mampu melayani komputer-komputer yang lain (selaku server) sedangkan komputer lainnya akan difungsikan agar mampu menerima layanan tersebut.

Baca juga: Macam-macam kabel jaringan

Komputer yg dapat menerima layanan ini dinamakan sebagai client. Kita bisa menyaksikan jaringannya mirip pada gambar di bawah ini.

LAN menggunakan jaringan server-client
Gambar. LAN memakai jaringan server-client.

Berdasarkan fungsi atau kesanggupan dengan-cara khusus, sebuah server mampu kita bagi menjadi beberapa jenis, yakni:

a) File Server

Komputer yg berfungsi selaku file server bisa menyimpan data dlm jumlah banyak dimana data tersebut nantinya bisa digunakan oleh komputer client.

b) Print Server

Komputer yg berfungsi sebagai print server bisa menawarkan layanan print sehingga semua komputer client yg terhubung pada server ini dapat nge-print.

c) Mail Server

Komputer yg berfungsi selaku mail server mampu berfungsi sebagai pusat email (mail server) dr komputer-komputer dlm jaringan (client).

d) Web Server

Komputer yg berfungsi selaku web server bisa selaku gerbang yg menghubungkan koneksi internet client.

B. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN nyaris memiliki fungsi yg sama dgn LAN. Adapun yg membedakannya yaitu jangkauannya yg lebih luas yakni 10 hingga 50 km. Jaringan MAN disusun dr beberapa jaringan LAN. Jaringan ini cocok digunakan untuk kantor-kantor pemerintahan yg letaknya masih dlm satu kota. Adapun rangkaiannya dapat kita lihat pada gambar di bawah ini.

  √ Perhitungan Biaya Akses Internet

Jaringan MAN yg terdiri dr beberapa jaringan LAN dlm satu kota.
Gambar. Jaringan MAN yg terdiri dr beberapa jaringan LAN dlm satu kota.

C. WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN mampu dipakai untuk menciptakan suatu jaringan antar pulau bahkan antar benua. Dalam cakupan yg sangat luas ini menimbulkan WAN memerlukan perangkat keras & perangkat lunak khusus yg lebih banyak & kompleks sehingga harganya menjai sangat tidak murah. Untuk itu, pada jaringan WAN memerlukan pihak ketiga yg menyediakan segala kebutuhan peralatan ini. Contoh jaringan WAN yaitu jaringan internet.

Nah, kita bisa melihat gambaran WAN seperti pada gambar berikut ini.

Jaringan WAN yg tersusun atas beberapa jaringan LAN antar pulau, negara atau benua.
Gambar. Jaringan WAN yg tersusun atas beberapa jaringan LAN antar pulau, negara atau benua.

Pengetahuan terkait macam-macam jaringan komputer ini mesti kita pahami jikalau ingin mempelajari tentang jalan masuk internet lebih jauh.

Daftar Pustaka:

Novia, Agung & Dudung Abdulah.2010.Praktis Belajar Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta: PT Visindo Media Persada.

Supriyadi, Eko & Muslim Heri Kiswanto.2010. Teknologi Informasi & Komunikasi 2 Untuk Sekolah Menengan Atas/MA Kelas XI. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia.[/color-box]