√ Sejarah HAM di Indonesia

Kisah sejarah HAM di Indonesia bukan berasal atau diadopsi dr dongeng-kisah bangsa lain melainkan berasal dr pengalaman bangsa Indonesia sendiri. Pengalaman yg ditulis dgn tinta darah perjuangan terjadi pada saat masa penjajahan Belanda maupun Jepang. Pada dikala itu, hak-hak yg melekat pada penduduk Indonesia banyak yg diabaikan sehingga yg ada hanyalah tindakan-langkah-langkah tak bermanusiawi.

Bukan hanya itu, kalau dilihat dr sejarah peradaban insan, ternyata dapat dikenali bahwa tak semua manusia itu beradap & bisa menghargai manusia yg lain. Sebagian manusia tega melaksanakan kekerasan, mengganggu, menghancurkan & membunuh insan yg lainnya yg pastinya ini merupakan pelanggaran terkait hak asasi insan. Jika ini dijalankan dlm skala kalangan ataupun negara, maka ini akan menjadi suatu bentuk penjajahan. Dimulai darisinilah sejatinya sejarah hak asasi manusia itu.

Perjuangan HAM di Indonesia pertama kali dilakukan ialah pada masa pra-kemerdekaan yg dijalankan oleh Raden Ajeng Kartini, 40 tahun sebelum Indonesia merdeka. Info ini diperoleh menurut goresan pena-tulisan RA. Kartini dlm bentuk surat yg berisi pemikirannya tentang pentingnya penegakan HAM di Indonesia (Baca juga: Macam-Macam HAM).

Lalu, bagaimana sejarah HAM di Indonesia pasca kemerdekaan?

Sejarah HAM di Indonesia pasca kemerdekaan mampu kita bagi menjadi tiga masa atau periode ialah masa orde usang, masa orde baru & masa reformasi.

A. Sejarah HAM di Indonesia pada masa Orde Lama

Perjuangan HAM pada masa ini dilakukan ketika sidang BPUPKI dimana dua tokoh pada dikala itu yaitu Mohammad Hatta & Mohammad Sukiman membela HAM agar masuk dlm pembentukan Undang-Undang Dasar 1945. Namun pada hasilnya cuma sebagian saja pembagian terstruktur mengenai terkait HAM di Undang-Undang Dasar 1945. Penjabaran lengkapnya gres akan ada di Konstitusi RIS & UUDS 1950.

B. Sejarah HAM di Indonesia pada masa Orde Baru

Pada masa ini, HAM dianggap selaku ajaran ala barat yg penerapannya perlu dibatasi. Akibatnya, walaupun pada 1993 ada lembaga Komnas HAM, kinerjanya dlm menegakan HAM di Indonesia tak bisa melakukan pekerjaan dgn baik akhir adanya imbas politik.

C. Sejarah HAM di Indonesia pada masa Reformasi

Pada masa reformasi, penegakan HAM di Indonesia mulai digalakkan. Ini bisa dilihat dr dokumen-dokumen gres yg berisi perihal HAM selaku bentuk penyempurnaan kepada dokumen yg lebih usang. Misalnya adanya amandemen UUD 1945, Berbagai pasal di bawahnya pula di amandemen.

Selain itu pula ada aneka macam ketetapan pemerintah yg menerangkan ihwal HAM. Anda bisa membacanya lebih lengkap di artikel berjudul Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Daftar Pustaka:

Cahyati AW & Warsito Adnan, Dwi.2010. Kewarganegaraan 1. Pusat Kurikulum & Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
Yuliastuti, Rima dkk. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum & Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional dr PT. Penerbit Percada.