√ Pengaruh Adanya Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial

Apa pengaruh adanya diferensiasi sosial & stratifikasi sosial di kehidupan masyarakat?

Dalam kehidupan penduduk sering kali kita jumpai adanya diferensiasi sosial (perbedaan atau kelompok sosial) & stratifikasi sosial (pelapisan atau kelas sosial). Diferensiasi sosial ialah perbedaan anggota penduduk dengan-cara mendatar, artinya tak memandang tinggi rendahnya status sosial atau tingkatan sosial.

Sedangkan stratifikasi sosial ialah perbedaan anggota penduduk dengan-cara vertikal, artinya menatap tinggi rendahnya status sosial atau tingkatan sosial.

Adanya kelompok sosial & kelas sosial menawarkan efek yg berlawanan di dlm kehidupan penduduk . Untuk itu, kita pasti akan memperoleh adanya banyak perbedaan bila mengamatinya.

Contoh mudahnya bila kita mengamati gaya hidup seseorang. Pada lazimnya , pola hidup seseorang bisa merefleksikan status sosial & kelas sosial seseorang. Misalnya, orang kaya biasanya akan memakai atau memakai barang-barang bermerk & mewah.

Akan tetapi pola hidup pula bisa mencerminkan sebaliknya. Misalnya, ada orang miskin tetapi bahagia hidup dgn memakai barang bermerk (tetapi palsu) supaya dinilai oleh penduduk sebagai orang kaya.

Nah, kondisi mirip ini bukan berarti orang miskin tersebut lantas menjadi kaya tetapi hanya terlihat mirip orang kaya. Sedangkan kelas sosialnya tetaplah sebagai orang miskin.

Adanya kebanggaan & sikap langsung anggota kelas sosial tertentu rupanya akan mensugesti pula kepada pencitraan sebuah kegiatan yg bekerjsama tak ada hubungannya sama sekali dgn status sosial.

Misalnya permainan golf. Pada permainan ini sebetulnya semua kelas sosial boleh memainkannya namun karena pada umumnya yg bermain golf merupakan orang kaya, maka muncul percintraan bahwa permainan golf indentik dgn permainannya orang kaya.

Contoh yang lain lagi wacana musik jazz yg dicitrakan selaku musiknya orang jenius atau musik dangdut yg dicitrakan merupakan musik untuk kelas menengah ke bawah. Adapula baju bewarna pink yg dicitrakan hanya untuk digunakan oleh wanita.

Pada alhasil akan muncul semacam simbol-simbol yg mencitrakan kelas-kelas sosial. Simbol-simbol ini seperti menjelaskan pada kita bahwa orang tersebut berada dlm tingkatan sosial tertentu.

Gambar Ilustrasi. Gaya berlibur seseorang biasanya mampu mencitrakan status sosial orang tersebut (Foto: Siswapedia.com)

Bagaimana imbas diferensiasi sosial & stratifikasi sosial kepada pola hidup sesesorang?

Dalam bukunya yg berjudul Sosiologi karya Suhardi dijelaskan setidaknya ada enam dampak yakni:

1. Pengaruhnya dlm hal berbusana

2. Pengaruh dlm hal peralatan & perabotan rumah tangga

3. Pengaruhnya terhadap gaya hiburan & aspresiasi seni

4. Pengaruh kepada masakan & minuman

5. Pengaruh terhadap bacaan

6. Pengaruh terhadap acara piknik atau wisata

Nah, penjelasan terkait enam pengaruh di atas ini akan kita diskusikan pada halaman lainnya yg berjudul imbas diferensiasi sosial & stratifikasi sosial terhadap gaya hidup seseorang.