√ 8 Keuntungan yang Kamu Dapat dengan Menulis Buku

Menurut sebagian besar orang, menulis buku yakni aktivitas yg membosankan & tak mampu menenteng keuntungan yg relatif besar, benarkah? Inilah 8 keuntungan menulis buku!

Pada era seperti tatkala ini, tak sedikit orang yg menganggap bahwa menulis buku yakni sesuatu yg sia-sia & membosankan. Tidak sedikit pula yg beropini bahwa tak ada keuntungan menulis buku sama sekali. Kondisi tersebut tak dapat dilepaskan dr proses panjang yg mesti dilalui oleh seorang penulis sebelum buku yg ditulisnya berhasil diterbitkan. Pada kenyataannya, perkiraan orang-orang yg tak menyukai acara menulis memang benar adanya. Kita tak bisa mengelak bahwa menulis buku memerlukan waktu yg relatif lama & kadang kala menjemukan, apalagi bagi mereka yg intinya tak terlalu menyukai dunia kepenulisan. Bahkan menulis buku tak cuma memerlukan pengetahuan atau asumsi yg kita miliki, namun pula membutuhkan data-data faktual yg bisa dijadikan sarana untuk memperkuat argumen kita. Oleh karena itu, terkadang kita memerlukan waktu yg tak sedikit untuk mengumpulkan data-data tersebut, baik lewat sistem desk study ataupun melakukan wawancara pribadi dgn narasumber. Kedua hal tersebut pada dasarnya tak dapat dilepaskan dr proses pembuatan buku referensi.

Dibalik aneka macam tanggapan miring dr orang-orang yg tak menyukai kegiatan menulis tersebut justru sesungguhnya ada beberapa laba menulis buku yg bisa kita dapatkan. Keuntungan menulis buku yg akan kita dapatkan tentu sebanding dgn pengorbanan & perjuangan yg kita kerjakan selama proses pengerjaan buku yg kita tulis tersebut. Berikut yaitu beberapa laba menulis buku yg bisa kita peroleh tatkala kita mau melaksanakan acara menulis.

  1. Sarana Untuk Self Expression

Aktivitas menulis pada dasarnya memungkinkan kita untuk bisa mengekspresikan perasaan, pikiran, & keinginan. Dengan kata lain, kita bisa mengeluarkan uneg-uneg yg kita miliki dengan-cara bebas lewat tulisan. Ekspresi yg kita tuangkan dlm bentuk goresan pena tersebut biasanya berawal dr suatu perasaan & pemikiran. Sebagai makhluk hidup, pasti kita dianugerahi hati & logika untuk bisa merasakan apa yg kita lihat, dengar, & rasakan atas berbagai fenomena yg terjadi di sekeliling kita. Menjadi sia-sia tatkala semua perasaan & pikiran kita hanya terpendam di dlm diri kita sendiri tanpa diekspresikan lewat goresan pena. Pengekspresian melalui tulisan tersebut pasti memungkinkan orang lain untuk turut mencicipi apa yg pula kita rasakan.

 

  1. Ajang Untuk Personal Branding

Dengan menulis buku, kita bisa membangun citra diri sebagai orang yg berwawasan, mempunyai intelektualitas tinggi, & berkualitas. Artinya goresan pena yg kita buat sesungguhnya menjadi iklan perihal diri kita sendiri yg nantinya akan dilihat oleh orang lain. Bahkan lewat suatu tulisan, kita bisa mempunyai banyak hubungan yg kadang kala tak kita duga. Relasi tersebut bisa berasal dr penduduk biasa yg dengan-cara sengaja ataupun tak sengaja membaca tulisan kita. Dengan kondisi mirip itu, maka dengan-cara tak eksklusif kita pula akan menjadi terkenal & dikenal banyak orang. Apabila kita berada di dlm sebuah golongan masyarakat ataupun organisasi, maka kita akan dicap sebagai orang yg pintar menulis sehingga berbagai urusan yg menyangkut ihwal kepenulisan akan diserahkan pada kita. Hal tersebut dengan-cara tak langsung berkat personal branding yang kita buat melalui goresan pena.

 

  1. Membangun Self Confident

Apabila kita kian baik dlm menciptakan tulisan, maka dgn sendirinya kita sudah membangun gambaran diri selaku seorang penulis yg berkualitas. Hal tersebut sejatinya pula memiliki pengaruh pada pembangunan keyakinan diri kita sendiri. Orang yg suka menulis tentu akan menjadi perhatian & lebih menonjol dibandingkan dgn yg lain. Tatkala banyak orang yg bahagia & menikmati tulisan kita, maka kepercayaan diri kita dengan-cara tak pribadi pula akan meningkat. Pujian yg datang dr orang lain pasti menjadi tanda positif bahwa tulisan kita memang berkualitas & layak diapresiasi. Banyaknya apresiasi tersebut pasti akan mendorong kita untuk menciptakan tulisan yg lebih banyak lagi.

 

  1. Sebagai Agent of Change

Melalui goresan pena, seseorang bisa menghipnotis puluhan hingga jutaan pemikiran orang lain. Hal tersebut tak mampu dilepaskan dr kekuatan goresan pena itu sendiri. Kita dengan-cara bebas justru bisa menuangkan pemikiran atau inspirasi kita melalui tulisan yg kemudian bisa disantap oleh penduduk luas. Apabila goresan pena kita menawan, tak aneh apabila banyak orang yg kemudian terpengaruh & menyetujui inspirasi-wangsit yg kita tuangkan ke dlm bentuk tulisan. Artinya suatu tulisan yg kita buat bisa memengaruhi pemikiran pembaca, membentuk opini publik, & menggerakkan minat pembaca sesuai dgn ilham kita. Oleh alasannya adalah itu, goresan pena bisa membantu kita mengaplikasikan idealisme kita untuk mengganti suatu kondisi penduduk yg jelek ke keadaan yg lebih baik.

 

  1. Sharing

Dengan menulis, kita bisa mengembangkan ide & pengalaman. Hal tersebut mengandung maksud bahwa kita sudah sukses menjadi pola guru teladan yg bisa jadi pantas dicontoh oleh orang lain. Pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yg terbaik di dlm hidup ini. Oleh alasannya adalah itu, aneka macam pengalaman yg kita miliki, baik yg bekerjasama dgn observasi atau tidak, pasti akan menjinjing efek positif bagi orang lain. Menuangkan pengalaman ke dlm suatu tulisan pasti akan bisa menjadi ajang untuk berbagi pada orang lain. Bahkan orang lain bisa ikut merasakan apa yg pula kita rasakan. Kondisi tersebut dengan-cara tak eksklusif pula menjelaskan bahwa kita memberikan banyak pelajaran pada orang lain lewat goresan pena.

 

  1. Profit Making

Asumsi orang yg menilai bahwa menulis tak akan menciptakan laba yg besar pada dasarnya tak selalu benar. Dengan menulis justru kita bisa mendapatkan banyak keuntungan menulis buku dengan-cara finansial. Sebagai misalnya, tatkala kita sering menulis artikel di sebuah media massa & diangkut, maka pasti kita akan mendapatkan gaji yg tak sedikit. Apabila kita bisa menulis buku yg bermutu & diterima oleh publik, maka kita pula akan mendapatkan laba finansial atau royalti atas hasil pemasaran buku tersebut. Meskipun demikian, laba finansial tersebut tentu tak mampu dilepaskan dr mutu tulisan yg kita buat. Membuat tulisan yg bermutu pula intinya membutuhkan waktu yg tak sebentar.

 

  1. Hidup Menjadi Lebih Sehat

Salah satu keuntungan menulis buku yg jarang dikenali oleh sebagian besar yaitu terkait dgn efek kesehatan yg ditimbulkan. Dengan menuangkan aneka macam wangsit & pemikiran , dengan-cara tak pribadi akan menetralisir satu garis keriput di kantong mata kita. Selain itu, kegiatan menulis pula bisa mengencangkan kulit & menyehatkan pikiran. Hal tersebut tak mampu dilepaskan dr aktivitas menulis sendiri yg menuntut kita untuk mengekspresikan berbagai hal yg kita pertimbangkan & rasakan. Secara psikologis, kita bisa mencurahkan segala bentuk kesedihan atau perasaan yg mengusik kita ke selembar kertas sehingga kesedihan yg kita rasakan bisa dibuang.

 

  1. Sarana Untuk Berdakwah

Menulis intinya pula bisa digunakan seseorang untuk memberikan dakwah. Dengan kata lain, goresan pena memungkinkan semua orang untuk bisa menjadi penceramah tanpa mimbar. Satu ayat yg kita kutip pun dapat menjadi sebuah goresan pena yg bermanfaat bagi orang lain. Hal ini pada dasarnya berlaku bagi semua agama, khususnya agama Islam yg cukup menghargai umatnya untuk terus menyebarkan ilmu pengetahuan pada orang lain, baik ilmu agama ataupun non-agama. Oleh alasannya itu, seseorang tak perlu menjadi spesialis agama untuk menunjukkan dakwah dr satu daerah ke daerah yg lain. Mereka justru bisa mempergunakan goresan pena selaku fasilitas berdakwah yg dinilai lebih efektif sebab sifatnya yg lebih mudah & efisien. Bahkan lewat goresan pena yg kita buat, kita justru bisa diundang sebagai pembicara dlm aneka macam forum sebab penduduk telah mengenali kualitas pengetahuan yg kita miliki.

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Warga Masyarakat, buku Anda kami terbitkan dengan-cara GRATIS. Anda cukup merubah ongkos cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa eksklusif Kirim Naskah dgn mengikuti mekanisme berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengenali lebih banyak perihal menulis buku anda dapat menyaksikan Artikel-postingan berikut:

  1.  Kebutuhan Menulis Buku Bagi Para Pustakawan
  2. Pedoman & Model Acuan Teknik Menulis Buku Teks yg Berkualitas
  3. Teknik Menulis Buku Ajar dgn Gaya Ilmiah Populer
  4. Teknik Menulis Buku Panduan yg Baik

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan kemudahan KONSULTASI MENULIS dgn TIM PROFESSIONAL kami dengan-cara GRATIS disini!

Referensi

Setiati, Eni, 2008, 7 Jurus Jitu Menulis Buku Best Seller, Yogyakarta: Penyebar Ilmu Andi..

[Bastian Widyatama]

  √ Cara Membuat Buku: 4 Kriteria Judul Buku Yang Menarik!