√ Teknik Menulis: 5 Rumus Ajaib Mudah Menulis Buku

Teknik menulis mudah atau tidaknya tergantung pada penguasaan penulisan, tahapan yg dilalui, & aspek dr penulis itu sendiri.

Mudahkah menulis suatu buku? Mungkin pertanyaan tersebut kerap kita dengar. Jawaban yg diberikan untuk pertanyaan tersebut pun bermacam-macam. Ada yg akan menjawab bahwa menulis yakni hal yg gampang. Ada pula yg memperlihatkan jawaban bahwa melaksanakan teknik menulis ialah hal yg sulit. Hal ini tergantung pada kondisi si penulis, pengusaan penulisan, & tahapan yg dilalui oleh penulis.

Terkadang penulis mengalami kesusahan tatkala ia sedang dlm proses melaksanakan teknik menulis. Si penulis akan merasa kesusahan tatkala ia masih kurang menguasai teknik penulisan. Ia pula akan merasa kesulitan tatkala mesti menghadapi aneka macam tantangan, baik dr dlm dirinya sendiri maupun dr luar. Hal inilah yg kemudian menyebabkan seorang penulis merasa bahwa dirinya berada dlm kesulitan tatkala melakukan teknik menulis.

Sebaliknya, menulis bisa menjadi hal yg tak sulit tatkala seorang penulis tahu & sudah jago dlm hal teknik penulisan. Ia pula akan merasa gampang tatkala semua pandangan baru-ide yg ingin dituliskannya sudah terkumpul, bahkan terkonsep dgn baik menjadi sebuah kerangka tulisan. Dengan begitu proses melaksanakan teknik menulis menjadi suatu alur yg sudah jelas. Ia akan mengalir tatkala menuangkan ilham-ilham yg telah dikumpulkannya ke dlm sebuah tulisan.

Nah untuk membuat lebih mudah Anda yg masih merasa kesusahan dlm melakukan teknik menulis atau sedang dlm tahapan belajar, terdapat beberapa rumus gila yg bisa Anda gunakan. Anda mampu mendengarkanbaik-baik kelima rumus gila tersebut & mencanangkannya ke dlm diri Anda. Apa saja rumus gila itu? Ini ia ulasannya.

  1. Pengetahuan adalah kekuatan (Knowledge is power)

Sebagai dasar melaksanakan teknik menulis, perlu kiranya Anda mencanangkan bahwa pengetahuan yakni kekuatan. Dalam menulis, Anda pun memerlukan pengetahuan selaku kekuatan untuk mengawali proses. Untuk mendapatkan kekuatan itu, Anda perlu mencarinya. Karena di sini kekuatan yaitu mirip dr pengetahuan, maka yg perlu Anda cari yakni pengetahuan itu sendiri.

Pengetahuan pula bisa diumpamakan sebagai tambang emas yg Anda miliki. Jika Anda bisa mengeksplorasinya, Anda akan menjadi orang yg sangat kaya. Anda kemudian menjadi orang yg memiliki kekayaan luar biasa. Tentunya untuk menerima kekayaan itu, Anda perlu menempuh sebuah proses, yakni berguru. Tidak cuma dijalankan dlm konteks tekstual, berguru bisa dilakukan dgn cara apapun. Belajar menjadi salah satu kunci untuk menerima pengetahuan.

Tanpa diterangkan dengan-cara panjang & lebar, Anda pastinya sudah paham tentang cara-cara memperoleh pengetahuan. Anda bisa membaca berbagai macam buku atau tulisan-goresan pena di media cetak selaku cara terbaik mengembangkan pengetahuan. Tidak hanya itu, Anda pula perlu menggunakan seluruh indera untuk menangkap berbagai macam gosip & pengetahuan gres. Anda bisa lebih seksama memakai mata, telinga, & indera yg lain untuk mengenali berbagai hal baru yg ada di sekeliling Anda.

Hal ini sungguh berkhasiat bagi Anda yg ingin berproses untuk melakukan teknik menulis. Penggunaan indera & upaya optimal memperoleh pengetahuan akan sungguh membantu Anda menumbuhkan wangsit & ide di pikiran. Setelah gagasan atau wangsit itu muncul, Anda bisa mulai menuangkannya ke dlm bentuk goresan pena. Ide-pandangan baru itulah yg kemudian menjadi wujud selesai dr kekuatan yg perlu Anda kerahkan untuk melakukan teknik menulis.

Pengetahuan mengenai cara menulis yg baik & benar pula Anda perlukan. Hal ini akan membuat Anda tanpa hambatan & meminimalisasi kendala dikala mulai menulis. Ketika Anda sudah mulai ahli dlm menulis, tentunya beranjak ke langkah berikutnya, yakni mempublikasikan buku bukan lagi hal yg tak mungkin.

  1. Bekerja yaitu hal yg mengasyikkan (Work is a pleasure)

Masih berkaitan dgn ibarat tambang emas, Anda perlu bekerja dgn sepenuh hati untuk mengeksplorasi tambang itu agar dapat menciptakan diri Anda kaya. Dengan meniti jalan sepenuh hati, pastinya Anda tak akan merasa terbebani dlm meraih tujuan. Anda perlu menanamkan dlm diri Anda bahwa bekerja dgn sepenuh hati akan lebih ringan dijalani & memiliki peluang besar menjinjing Anda dlm keberhasilan.

Pun sama halnya dgn melaksanakan teknik menulis. Anda mesti menulis dgn senang & gembira. Anda mesti membiarkan khayalan & inspirasi-ilham mengalir seakan tak ada beban & tekanan. Di samping itu, Anda tak boleh berhenti, alasannya akan sulit untuk memulai kembali sesuatu yg pernah tak boleh.

Anda pula perlu memiliki iktikad jika menulis merupakan hal yg berat, mempunyai arti menulis masih belum dianggap sebagai hal yg berharga mirip emas. Menganggap bahwa menulis itu berat akan kian membuat Anda terhambat dlm menuntaskan buku. Padahal akan ada banyak rintangan & kendala di tengah jalan yg perlu dilewati.

Kemudian untuk keluar dr berbagai kesusahan yg akan menghadang, Anda perlu menyadari bahwa semua itu yaitu hal yg wajar. Dalam setiap proses akan dijumpai kesulitan & kemudahan. Semuanya akan terlewati apabila Anda senantiasa berupaya & berjuang, apalagi dgn bahagia hati.

  1. Tidak ada hasil jikalau tak ada kesakitan (No Pain No Gain)

Selalu yakini bahwa hal-hal yg berguna diperoleh dr proses yg tak gampang. Ada berbagai macam kesulitan yg menghadang & harus dihadapi. Aturan bermain mirip itu sudah mutlak hukumnya hingga kapanpun. Untuk menerima tujuan yg hebat, perlu upaya yg lebih dr sekedar biasa juga. Intinya Anda mesti bersusah payah & siap menghadapi kesusahan.

  1. Jangan pernah mengalah (Never Give Up)

Dalam usaha tentunya ungkapan tersebut menjadi hal yg tak boleh ketinggalan. Anda harus terus & terus berjuang. Sampai di sini, Anda telah mempunyai 4 rumus gila yg nyaris mengirimkan Anda pada kesuksesan dlm melakukan teknik menulis. Selama Anda selalu berada di track yg benar, tak lama lagi Anda akan berada pada titik puncak. Hanya satu langkah lagi & Anda akan sampai pada tujuan.

  1. Tidak ada yg tak mungkin (Nothing Is Impossible)

Selama Anda yakin bahwa segalanya mungkin terjadi, tak akan ada sesuatu yg akan membatasi upaya Anda menjangkau keberhasilan dlm melaksanakan teknik menulis. Anda perlu bertaruh segenap jiwa & raga seraya berdoa biar usaha Anda dlm menulis, atau kemudian menerbitkan buku juga, dapat berhasil. Anda mesti berpikir bahwa tak ada yg mustahil bagi diri Anda. Jika orang lain banyak yg mampu melakukannya, maka Anda pun bisa seperti mereka.

Sebagai tambahan pedoman rumus abnormal tersebut, Anda pula perlu memerhatikan aneka macam hal dlm menulis. Anda bisa membaca aneka macam tips menulis yg banyak tertera di media sosial atau mengunjungi laman penerbitwargamasyarakat.com untuk tahu lebih banyak perihal menulis buku. Tidak hanya menghidangkan bimbingan melakukan teknik menulis, melalui laman tersebut Anda pula mampu berkomunikasi langsung dgn penerbit buku terpercaya ihwal cara-cara mempublikasikan buku. Kaprikornus, tak ada lagi yg perlu Anda khawatirkan untuk memulai melaksanakan teknik menulis. Anda bisa menulis serta mempublikasikan buku Anda sendiri dgn lebih gampang setelah berproses dgn baik & benar.

 

Referensi:

  1. http://caramenulisbuku.com/mencar ilmu-menulis-buku-2/5-rumus-aneh-mencar ilmu-menulis-buku.html

 

[Wiwik Fitri Wulandari]

 

 

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda pula bisa KONSULTASI dgn Customer Care yg siap menolong Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR.

Silakan ISI FORM di laman ini. 🙂

  √ Mengenal Lebih Jauh tentang Buku Referensi